Mewujudkan Menapak Tempat Impian Bareng Traveloka

By | Desember 24, 2022

“Milikilah satu sepatu cantik dalam hidupmu karena ia akan membawamu ke tempat istimewa”

Saya selalu mengingat kata dari salah satu scan film meteor garden saat Sancai mendapat pemberian sepatu. Kalau itu saya sebagai penggemar berat meteor garden pun mengingatnya dan ingin membuktikan jika kata itu benar. Meskipun saya bukan tipe pecinta fashion dalam artian membeli sesuai kebutuhan tetapi khusus untuk sepatu saya sengaja membeli satu sepatu atau sandal sesuai keinginan. Meskipun dari harga bisa dibilang cukup mahal untuk standar saya.

Kemudian saya membuktikannya salah satunya ke tempat impian saya yaitu gunung Bromo. Jauh sebelum saya menikah dan memiliki anak saya sudah berkeinginan untuk bisa ke gunung Bromo. Saya juga sudah merencanakan dengan seorang teman untuk ke sana bersama namun akhirnya saya bertemu dengan suami dan setelah menikah pun diajak untuk pulang ke kampung halamannya sehingga rencana itu sekedar rencana.

Keinginan untuk menapakkan kaki di burung Bromo pun tak lepas begitu saja hingga pada akhirnya saya bisa mewujudkan ke sana justru ketika saya sudah memiliki anak. Ternyata keputusanku untuk membeli sepatu gunung kembar 3 yaitu untuk suami, saya dan anak tidak sia-sia bahkan menjadi sebuah doa yang mengantarkan kami bertiga ke Bromo.

Tips ke Bromo bersama keluarga

Pergi sendiri tentu berbeda dengan bersama keluarga apalagi membawa balita. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar nyaman dan aman sesampainya di sana.

Bagi saya sendiri ketika mendapat kesempatan untuk ke Bromo yang saya pikiran pertama kali adalah  kenyamanan uang anak kami yang saat itu berusia 5 tahun. Banyak printilan yang harus kami siapkan dari mulai pakaian hingga kondisi badannya. Bagaimanapun berada di tempat dengan udara sangat dingin jauh berbeda dengan di Tuban butuh penyesuaikan. Terutama ketahanan fisik karena anak kami pertama kalinya pergi ke gunung.

Agar nyaman dan tenang saat wisata keluarga ke Bromo hal berikut bisa kami lakukan antara lain:

Persiapan pakaian

Bagi kami yang terbiasa udara panas Pantura saat berada di gunung akan merasakan kedinginan. Apalagi saat dini hari harus menembus perjalanan menuju poin titik poin melihat sunrise perlu pakaian yang tebal sebagai penghangat. Saya juga menyiapkan kaos kaki juga sarung tangan yang digunakan untuk pergi ke Bromo.

Makanan ringan

Dalam hal makanan, kami bertiga termasuk yang suka ngemil. Sebagai cara berhemat ketika bepergian apalagi ke Bromo yang notabene dingin tentu nikmat jika sambil mengunyah makanan. Maka persiapan selanjutnya yaitu menyiapkan makanan ringan yang dibawa dalam perjalanan. Selain puas bisa makan selama perjalanan, membawa camilan juga bisa menghemat pengeluaran.

Mencari penginapan

Sebelum memiliki anak kami bisa pergi kemanapun tanpa memperdulikan hal-hal lain. Sebaliknya ketika sudah ada anak tentu banyak pertimbangan ketika memutuskan pergi ke tempat wisata. Kami tidak bisa egois dengan langsung pergi pulang dari Bromo setelah menikmati keindahannya.

Anak kami yang notabene masih kecil akan kelelahan sehingga cara terbaiknya harus mencari penginapan sekitar lokasi wisata. Jadi setelah berwisata sambil istirahat sekaligus menikmati keindahan alam di sekitarnya tanpa terburu-buru pulang karena sudah menyewa penginapan.

Anggaran

Kami berdua termasuk orang yang sama-sama suka bepergian. Tidak heran jika saat libur tiap minggunya kami menyempatkan untuk pergi meskipun di lokasi yang cukup dekat. Rumah kami yang hanya sekitar 1 km dari pantai tentu sangat menyenangkan ketika saat healing.

Saat memutuskan wisata jauh dari rumah membutuhkan banyak biaya. Perlu pertimbangan apalagi saat ke Bromo selain tiket masuk juga perlu biaya naik mobil Jeep, naik kuda juga biaya lainnya.

Untuk itinerary jika ingin pergi wisata ke Bromo bersama keluarga berikut ini rincian harganya pada tahun 2020 : Saat kami ke Bromo bersama rombongan teman kerja suami, sehingga untuk penginapan sudah termasuk uang transport sebesar rp400.000 per kursi atau per orang dari Tuban. Setelah sampai di penginapan ke lokasi gunung Bromo naik jeep per orang membayar sekitar Rp. 550.000,-. Untuk kuda di pasir berbisik membayar Rp. 75.000,-. Sedangkan jika hanya sekedar berfoto naik kuda cukup membayar Rp10.000,- saja.

Saat wisata di Bromo

Manfaat pergi wisata bersama keluarga

Wisata bersama keluarga bukan sekedar jalan-jalan saja yang membuat tubuh lelah dan menghabiskan uang. Bagi kami liburan bersama keluarga merupakan #LifeYourWay memiliki banyak manfaat antara lain:

Meningkatkan bonding

Kedekatan keluarga akan terasa ketika berada di tempat wisata. Kesibukan serta rutinitas sehari-hari tidak dipungkiri membuat hubungan antar anggota menjadi renggang. Wisata bersama keluarga bisa menjadi solusi terutama bonding orang tua kepada anaknya.

Memperbaiki komunikasi

Aktivitas sehari-hari serta kesibukan kerja membuat pasangan sulit untuk berkomunikasi. Padahal komunikasi yang baik adalah kunci sukses suatu hubungan. Untuk membangun komunikasi yang sempat renggang bisa dengan liburan bersama keluarga bisa menjadi solusinya

Menjadi motivasi

Keluarga ibarat seperti bahtera yang sedang berlayar di lautan. Adakalanya rumah tangga tenang tanpa ujian. Tapi sebaliknya kadang kala badai besar menghantam. Tentu jika tidak mempunyai komitmen yang kuat serta motivasi yang besar bisa saja bahtera rumah tangga karam di tengah lautan atau perjalanan. Kepergian bersama-sama keluarga bisa menjadi motivasi untuk saling memahami satu sama lain serta mempertahankan biduk rumah tangga yang telah terjalin

Rasanya saya ingin mengulang kembali pergi bersama-sama keluarga berwisata, apalagi saat ini personil kami bertambah lagi. Untuk kali ini saya ingin pergi ke tempat berbeda dan sekaligus memberikan pengalaman pada anak khususnya dunia satwa. Dan setelah mencari informasi, lokasi yang tepat untuk kami kunjungi yaitu Taman Safari Prigen Pasuruan

Taman Safari Prigen, One Stop Solution Untuk mengenalkan binatang kepada Anak

Bagi anak- anak mengenal binatang menjadi sesuatu yang menyenangkan. Apalagi jika bisa melihatnya secara langsung menjadi kenangan yang tidak terlupakan. Saat ini anak kedua saya mulai menyukai binatang bahkan akan berteriak kegirangan jika melihat gambar atau videonya.

Sebagai orang tuanya saya ingin memberikan pengalaman langsung kepadanya dengan datang ke Kebun Binatang. Namun berhubung si kakak dulu sudah pernah ke kebun binatang, tentu kurang mengasyikkan jika kesana lagi. Maka saya pun menginginkan untuk untuk bisa ke Taman Safari Prigen.

Selain menjadi tempat terlengkap untuk mengenalkan binatang pada anak, ada alasan lain mengapa saya ingin ke Taman Safari Prigen antara lain :

Lokasi Cukup Dekat

Bagi kami yang tinggal di Tuban, ke Taman Safari Prigen Pasuruan cukup dekat dibandingkan tempat satwa lainnya. Jarak menjadi pertimbangan karena tidak ingin waktu habis diperjalanan dan terlalu lelah sehingga bisa menikmati berbagai wisata yang tersedia disana. Apalagi membawa balita jika terlalu jauh bisa membuatnya rewel dalam perjalanan

Lokasi Strategis

Untuk lokasi sendiri, Taman Safari Prigen ini cukup strategis. Jadi bagi siapapun yang mau kesana bisa dengan mudah mengetahui lokasinya. Letaknya yang persis di pinggir jalan raya membuat akses kendaraan apa saja bisa dengan mudah masuk ke sana. Bagi kami yang ingin membawa kendaraan pribadi menjadi tidak mengalami kesulitan saat mencari tempatnya.

Mengenalkan binatang langsung seperti di habitat aslinya

Yang menarik dari Taman Safari ini memiliki koleksi binatang dari berbagai belahan dunia. Fauna tersebut berada di tepat yang mirip dengan habitat aslinya. Satwa ditempatkan sesuai asalnya misalnya satwa Amerika, satwa Afrika dan juga Asia dan dibiarkan hidup liar dialam terbuka. Jadi kita yang lihat harus mengendarai mobil atau kendaraan khusus yang disediakan pihak Taman Safari Prigen untuk keamanan.

Di bagian hewan

Animal Show

Selain berkeliling melihat binatang di tempat yang mirip dengan habitat aslinya, pengunjung juga bisa melihat animal show. Tidak hanya berupa atraksi saja, pengunjung sekaligus mendapatkan edukasi tentang satwa tersebut.

Menginap di Baobab Safari Resort

Saat melihat foto teman lewat timeline menginap di Baoba Resort saya sangat berkeinginan untuk bisa kesana. Lokasinya yang dekat dengan Taman Safari Prigen serta konsepnya yang unik membuat resort ini banyak dikunjungi orang. Terlebih di resort tersebut menghadirkan resort yang menyatu dengan satwa di Taman Safari seperti jerapah, zebra dan lainnya.

Pengunjung resort bisa berinteraksi langsung dengan satwa tersebut seperti memberi makan hingga berfoto bersama. Tentu menyenangkan dan memberi pengalaman yang tidak terlupakan bagi anak- anak khususnya.

Pasar Wisata Masjid Chengho

Kurang lengkap rasanya jika bepergian tanpa membawa buah tangan saat pulang. Apalagi bagi kami yang rumahnya tinggal berdekatan. Bagi yang berwisata ke Taman Safari Prigen bisa langsung ke pasar wisata Cheng Ho yang terletak di samping Masjid Cheng Ho Pasuruan. Biasanya selain istirahat dan melaksanakan kewajiban sholatt, pengunjung sekaligus memanfaatkan untuk mencari oleh- oleh khas Pasuruan.

Untuk masalah harga oleh-oleh di pasar wisata ini harganya cukup terjangkau. Serta banyak pilihan buah tangan yang bisa dibeli disana dari mulai pakaian, sayuran segar hingga makanan khas Pasuruan.

Rencanakan Akomodasi Liburan dengan Traveloka

Untuk mewujudkan impian wisata keluarga ke Taman Safari, Baobab Resort serta pasar wisata Masjid Cheng Ho saya bisa dengan mudah melakukan. Dengan bantuan aplikasi Traveloka akomodasi perjalanan semakin nyaman. Melalui aplikasi ini bisa sekaligus pesan tiket masuk Taman Safari Prigen, pesan tempat penginapan hingga sewa kendaraan. Semua bisa dilakukan hanya melalui sentuhan tangan di satu aplikasi bernama Traveloka

Di Traveloka, selain mudah melakukan berbagai pemesanan baik tiket, penginapan hingga sewa kendaraan juga banyak promo yang tentu saja sangat menguntungkan. Terus nih setelah melakukan pembayaran, pemesanan segera diproses tanpa menunggu lama. Asyikkan?

Kesimpulan

Setiap keluarga punya cara tersendiri untuk mengisi kegiatan liburan. Bagi kami yang memiliki anak kecil, liburan bisa jadi cara untuk bersenang- senang sekaligus sarana edukasi buat mereka. Untuk itu penting mencari tempat wisata ramah anak, nyaman dan sesuai dengan anggaran yang kami miliki.

Selain itu menggunakan aplikasi seperti Traveloka sangat membantu buat kami untuk mewujudkan liburan yang kami impikan. Apalagi semua bisa dilakukan hanya dengan setuhan tahan dan dimanapun saja tanpa harus meninggalkan pekerjaan untuk mengurus liburan.

Rasanya sudah tidak sabar menunggu liburan ke Taman Safari Prigen melihat aneka satwa. Pasti menjadi moment yang tidak terlupakan bagi kami sekeluarga.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *