Contoh Usaha Modal Kecil dengan Sedikit Pesaing

By | Desember 17, 2022
modal kecil dengan minim pesaing

Apabila Anda adalah salah satu pekerja yang merasa pendapatan saat ini tidak memuaskan, maka membuka usaha baru adalah hal yang bisa Anda lakukan. Kini, sudah ada begitu banyak contoh usaha modal kecil konsultan patendo yang bisa Anda terapkan sendiri. Meskipun tidak membutuhkan modal yang terlalu, namun jenis usaha yang ada di bawah ini dijamin mampu membawa Anda meraih keuntungan.

Contoh Usaha Modal Kecil

Terdapat berbagai macam ide usaha dengan modal kecil yang bisa Anda terapkan dan praktikan di mana saja. Pada uraian berikut, terdapat beberapa informasi tentang ide usaha dengan gambaran peluang usaha besar yang pastinya sangat menarik.

Bisnis Pulsa

Contoh usaha yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan membuka bisnis pulsa. Meskipun sekarang ini masyarakat sudah bisa membeli pulsa sendiri dengan menggunakan internet banking, akan tetapi masih ada banyak sekali masyarakat yang tidak memiliki m-banking sehingga hal ini menjadi peluang bagi Anda untuk membuka bisnis pulsa.

Dalam membuka bisnis pulsa ini pun tidak membutuhkan modal usaha besar, bahkan Anda hanya perlu mempersiapkan ponsel saja sudah bisa membuka bisnis ini. Tidak hanya ponsel, namun siapkan pula sejumlah pulsa agar nantinya bisa ditransfer kepada pembeli. Anda dapat mempromosikan usaha pulsa kepada teman atau orang terdekat terlebih dahulu sebelum mempromosikannya pada orang yang lebih luas.

Penulis atau Penerjemah

Saat ini, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan sosok penulis atau penerjemah untuk membantu mempersiapkan dokumen pekerjaan. Meskipun sekarang sudah ada mesin penerjemah yang mampu menerjemahkan dengan cepat dan praktis, akan tetapi hasil terjemahan versi mesin dan versi manusia tentu sangat berbeda kualitasnya.

Oleh karena itu, apabila Anda memahami dasar-dasar penulisan atau bisa memahami bahasa asing, tidak ada salahnya untuk membuka jasa menulis dan menerjemahkan dokumen. Usaha ini pun tidak akan membuat Anda harus mengeluarkan modal yang terlalu tinggi.

Anda hanya harus memiliki laptop sendiri dan kemampuan yang mumpuni sehingga klien bisa mempercayai Anda.

Menjual Hadiah Wisuda

Bagi Anda yang masih menjadi mahasiswa atau tinggal di area yang berdekatan dengan daerah yang penuh mahasiswa, maka bisa membuka bisnis hadiah wisuda. Menjelang akhir semester, pasti akan semakin banyak mahasiswa yang lulus sidang skripsi atau justru menyelesaikan seminar. Peluang bisnis hadiah wisuda ini sangat tinggi sebab pasti banyak mahasiswa yang berusaha untuk membelikan temannya hadiah wisuda.

Dalam membuka usaha UMKM ini, ada beberapa pilihan yang bisa Anda ambil dalam menyediakan hadiahnya. Hadiah tersebut bisa berupa bunga imitasi atau justru buket yang dikemas dengan hal-hal menarik seperti jajan kecil-kecilan, uang, dan lain sebagainya.

Fotografer

Ide yang terakhir adalah menjadi seorang fotografer, yang mana Anda hanya perlu memiliki kamera canggih agar bisa memotret objek foto dengan bagus. Bahkan, meskipun Anda tidak memiliki kamera canggih dan hanya mengandalkan kamera ponsel  baik untuk memotret maupun memasarkan di internet tetap bisa membuka jasa fotografi asalkan Anda memiliki kemampuan mengedit foto dan memilih angle yang tepat. Jika banyak orang merasa puas dengan hasil fotografi Anda, nanti kemungkinan besar Anda diundang pada acara-acara seperti pernikahan, wisuda, dan lain-lain.

Kesimpulan

Begitulah beberapa contoh usaha modal kecil yang dapat Anda rintis sendiri. Kini, Anda tidak perlu merasa pusing dengan modal yang minim sebab Anda tetap bisa membuka usaha yang menjanjikan hanya bermodal hal-hal kecil saja.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *