Cara Memilih Jasa Pendaftaran Merek yang Perlu Diperhatikan

By | Desember 31, 2022
cara memilih jasa pendaftaran merek

Memiliki suatu bisnis adalah salah satu kegiatan yang memerlukan begitu banyak pertimbangan dan kita harus berusaha keras agar bisnis berjalan lancar. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftarkan merek kepada pihak hukum agar bisnis kita aman. Kini, sudah ada jasa pendaftaran merek dagang yang mampu membantu Anda melakukan pendaftaran mereka
dengan baik. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa yang satu ini?

Jasa Pendaftaran Merek

Pada dasarnya, jasa ini akan membantu Anda dalam mendaftarkan merek yang dimiliki agar
nantinya merek tersebut mendapatkan perlindungan hukum dan mendapatka manfaat hak merek dagang. Sudah ada begitu jasa sejenis yang bisa Anda temukan, namun alangkah lebih baik jika Anda memilih jasa tersebut dengan hati-hati. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan ketika Anda ingin memilih jasa untuk mendaftarkan merek dan jasa perpanjangan merek.

1. Baca Ulasan dengan Saksama

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membaca ulasan dari setiap pelanggan
yang sebelumnya menggunakan jasa untuk mendaftarkan merek tadi. Umumnya, ulasan
tersebut akan ditulis di situs Google atau pun situs asli milik pihak penyedia jasa itu.

Tidak hanya memperhatikan ulasan yang positif saja, namun tidak ada salahnya jika Anda turut
serta mengintip ulasan negatif sehingga Anda bisa menghindari kerugian yang tidak diinginkan.

Selain itu, perhatikan pula jam terbang dari pihak penyedia jasa untuk pendaftaran merek tersebut. Usahakan untuk memilih pihak yang memang sebelumnya sudah berkecimpung lama di bidang pendaftaran merek ini, sebab risiko yang nantinya akan Anda hadapi kemungkinan.

Akan tetapi, hal ini bukan berarti Anda tidak boleh memakai jasa yang masih baru dibuka beberapa tahun belakangan, hanya saja mereka yang sudah lama di bidang ini pasti sudah lebih memahami segala hal yang berkaitan dengan pendaftaran merek.

2. Tim Terdiri Atas Orang yang Profesional

Selanjutnya, pastikan bahwa tim yang disediakan oleh pihak penyedia jasa adalah sekumpulan orang-orang yang profesional dan ahli dalam bidang hukum. Hal ini sangat penting karena apabila tim tersebut justru adalah orang yang memiliki pengalaman di bidang lainnya, kredibilitas yang dimiliki oleh pihak jasa itu justru tidak terlalu meyakinkan. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba melihat kualifikasi dari tim yang dimiliki oleh pihak jasa tersebut terlebih dahulu.

3. Responsif

Pihak penyedia jasa untuk mendaftarkan merek harus mampu menyediakan pelayanan yang
terbaik untuk setiap kliennya. Salah satu indikator dari hal ini adalah mereka termasuk sangat
responsif dalam menjawab pesan yang diajukan oleh klien mereka. Dengan begitu, ketika Anda merasa ragu dan ingin mengajukan beberapa pertanyaan, mereka bisa menjawab
dengan mudah dan gesit.

4. Perhatikan Paket yang Disediakan

Terkadang, pihak jasa ini akan menyediakan beberapa paket yang berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan setiap kliennya. Ada paket yang akan membantu pendaftaran merek dalam bentuk kreasi desain khusus, teknologi, karya seni, identitas logo bisnis, dan lain-lain. Anda harus memperhatikan paket tersebut dan pilih paket pendaftaran yang memang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Demikian beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu jasa pendaftaran merek. Tidak semua jasa menyediakan kualitas yang sama, oleh karena itu Anda harus pintar-pintar dalam melakukan penyaringan sehingga nanti bertemu dengan jasa yang terbaik untuk membantu pendaftaran merek Anda.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *