Tips Sukses Bisnis Apotek Bagi Pemula

By | November 26, 2022

Saat ini kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin tinggi. Hal tersebut membuka peluang usaha khususnya apotek. Karena di apotek bukan hanya menyediakan obat- obatan tetapi juga alat kesehatan. Tentu hal tersebut menawarkan keuntungan yang besar.

Bisa dibilang bisnis apotek ini cukup stabil dimana kapanpun tetap dibutuhkan. Namun yang namanya bisnis tentu ada keuntungan dan kerugian. Terutama bagi pemula yang ingin terjun ke bisnis ini harus melakukan banyak persiapan.

Bagi Anda yang ingin memulai atau sedang menjalankan usaha apotek sehingga semakin berkembang, bisa baca ulasan lengkap tulisan berikut ini.

Tips Sukses Usaha Apotek

Berkonsultasi dengan profesional

Seperti yang kita tahu usaha apotek ini berbeda dari usaha dagang lainnya. Apotek terikat dengan berbagai profesi serta perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu dalam pendirian pun tidak boleh sembarangan serta harus sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Untuk itu sebelum memulai usaha apotek penting untuk berkonsultasi setidaknya dengan pihak- pihak berikut :

Pemilik apotek lain

Bisa dibilang pengalaman adalah guru terbaik dan pelaku bisnis apotek tentu sudah mengalami pasang surut, keuntungan kerugian hingga masalah dan pemecahannya. Dari orang yang telah lebih dahulu membuka apotek tentu banyak pelajaran yang bisa diambil. Tentu bisa bertanya pada kenalan atau seseorang yang bersedia membantu untuk menjadi mentor usaha.

Konsultan hukum

Dalam bisnis apotek perlu kelegalan serta ijin usaha. Untuk itu perlu konsultasi kepada ahli hukum sehingga ke depannya usaha tersebut tidak mengalami kendala.

Profesi yang berkaitan dengan apotek
Usaha apotek ini tidak bisa berdiri sediri tetapi terkait dengan beberapa profesi lain antara lain apoteker, agen asuransi hingga akuntan.

Melakukan penelitian

Agar usaha apotek bisa sukses dan minim kerugian maka penting melakukan penelitian terlebih dahulu terutama berkaitan dengan segmen pasar, branding usaha, marketing, rekruitmen staff hingga finansial yang dibutuhkan.

Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi yang tepat cukup penting agar usaha apotek ini bisa sukses. Selain lokasi strategis sehingga memudahkan akses pembeli dan mudah dikenal, pertimbangankan juga hal berikut ini :

  • Kepadatan penduduk di lokasi pendirian apotek
  • Persaingan dengan apotek lainnya

Stok Manajemen

Managemen ketersedian obat pada apotek penting sekali karena berkaitan dengan kelancaran pelayanan pada pembeli. Selain itu dengan adanya managemen yang baik akan mengurangi kesalahan data stok obat yang bisa menyebabkan over stock.

Untuk melakukan manajemen stok secara manual tentu menyulitkan serta rawan terjadi human error. Sehingga agar data stok sesuai kebutuhan bisa memanfaatkan teknologi khususnya aplikasi khusus yang membantu dalam managemen stok khususnya dan salah satu aplikasi tersebut yaitu Aplikasi Farmacare

Sukses Usaha Apotek dengan Aplikasi Farmacare

Aplikasi Farmacare adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk apotek yang dirancang serba otomatis.

Aplikasi ini mampu menjawab beberapa kendala yang sering dialami apotek antara lain :

Stok Akurat

Biasanya pencatatan manual membuat sering tidak akurat bahkan untuk stock opname harus tutup toko. Hal itu tidak akan trjadi saat menggunakan aplikasi Farmacare karena kartu stok bisa didapatkan secara otomatis, stock opname bisa cepat dan tanpa tutup toko bahkan juga tercatat barang yang laris dan tdak laku.

Bisa pantau kondisi apotek

Permasalahan yang sering terjadi di apotek yaitu banyak obat kadaluarsa sehingga harus dibuang karena tidak tahu. Pada aplikasi Farmacare aterdapat pemberitahuan barang yang akan kadaluarsa sehingga bisa meminimalisir kerugian.

Lihat Omzet

Tidak selamanya pemilik bisa memantau kondisi apotek setiap harinya. Apalagi jika apotek tersebut memiliki beberapa cabang di tempat yang berbeda. Dengan aplikasi Farmacare ini tetap bisa memantau kondisi apotek dimana saja dan kapan saja hanya melalui smartphone

Mudah digunakan

Keeunggulan lain dari aplikasi Farmacare ini mudah digunakan oleh siapa saja bahkan hari pertama kerja. Tentu menghemat waktu dan tenaga terutama tidak perlu melakukan training untuk karyawan baru karena dengan aplikasi Farmacare semua jadi terbantu.

Kesimpulan

Membuka bisnis apotek bukan tidak mungkin dilakukan siapa saja bakan yang bukan berlatar belakang di dunia kesehatan. Dengan mempelajari kiat sukses berbisnis apotek bagi pemula khususnya seperti diatas tentu bisa jadi jalan keluar. Apalagi sekarang ini dengan kemajuan teknologi semua serta mudah dan otomatis termasuk dalam managemen apotek dengan bantuan aplikasi Farmacare.

 

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *