Cara Memilih Sepatu Bola Nyaman dan Awet

By | November 14, 2022

Sepak bola hingga kini masih menjadi olahraga favorit kaum pria. Baik laki- laki kecil maupun dewasa tidak bosan untuk sekedar nonton bahkan memainkannya. Terlebih bisa bermain langsung di tengah lapangan dengan rumput hijau pasti mengasyikkan. Namun yang perlu diperhatikan agar kaki terlindung dan aman harus menggunakan sepatu bola pria yang tepat.

Sayangnya sebagian orang memilih sepatu bola hanya sekedarnya tanpa pertimbangan yang matang. Asal sepatu memiliki pul atau stud sudah menganggap sebagai sepatu bola. Padahal tidaklah demikian, karena tanpa kenyamanan dan keamanan dalam menggunakan sepatu bola dapat menyebabkan cedera. Selain itu dengan sepatu yang tepat dapat meningkatkan performa saat pertandingan bola.

Tips Memilih Sepatu Bola yang Benar

Berikut ini informasi cara memilih sepatu bola yang nyaman dan awet antara lain :

1. Sepatu dengan bahan yang bagus

Sepatu yang bagus biasanya terbuat dari kulit binatang asli sehingga dari segi harga cukup mahal. Namun hal tersebut sebanding dengan kenyamanan yang didapatkan sehingga meningkatkan performa di lapangan. Kaki tidak mudah lecet hingga cedera karena sepatu yang tidak tepat. Selain itu, sepatu yang berkualitas juga lebih awet sehingga menghemat pengeluaran. Bahkan untuk sepatu dengan bahan kulit bisa bertahan hingga bertahun- tahun.

2. Perhatikan produk fabrikan merek sepatu

Bagi penggemar bola, membeli sepatu bukan sekedar membeli kenyamanan dan manfaat dari sepatu itu sendiri tetapi karena sama dengan yang dipakai sang idola. Terutama dari segi corak serta desain sepatu.

3. Pilih ukuran sepatu yang pas

Saat memilih sepatu pastikan sesuai dengan ukuran kaki. Jangan sampai kekecilan karena bisa menyebabkan kaki sakit dan lecet. Sebaliknya jika kebesaran tentu tidak nyaman bahkan bisa lepas saat digunakan berlari atau menendang bola.

4. Sesuaikan dengan jenis lapangan bola

Keadaan lapangan juga mempengaruhi performa dalam bermain sepak bola. Apalagi jika di dukung dengan pemilihan sol sepatu yang tepat dapat bertanding secara maksimal serta meminimalisir cedera. Misalnya untuk lapangan dengan permukaan berkerikil dan keras sebaiknya memilih pul sepatu pendek dan tidak runcing. Untuk bahan sepatunya juga disarankan terbuat dari karet dan plastik.

Sedangkan untuk jenis lapangan yang lunak sebaiknya menggunakan pul yang runcing dan panjang sehingga bisa mencengkeram pada tanah sehingga tidak terpeleset saat bermain bola. Untuk lapangan rumput pilih jenis sepatu firm ground.

5. Perhatikan kekuatan sepatu

Memperhatikan kekuatan sepatu juga penting sebelum membelinya. Sepatu yang kuat tentu lebih awet sehingga bisa dipakai dalam jangka panjang. Untuk mengecek kekuatan sepatu caranya juga mudah. Cukup tekan ujung bagian belakang sepatu. Jika terasa kuat dan kokoh saat ditekan maka bisa dipastikan sepatu tersebut cukup kuat.

6. Pertimbangkan anggaran yang dimiliki

Saat memutuskan untuk membeli sepatu bola tentu pertimbangkan juga masalah harga. Tidak perlu memaksakan memilih harga yang mahal atau merek terkenal sehingga menguras keuangan. Jika digunakan untuk sekedar menjalankan hobi bisa membeli sepatu dengan kualitas standar. Apalagi sekarang banyak merek dalam negeri tidak kalah dengan merek luar negeri baik dari segi kualitas maupun desainnya.

Kesimpulan

Memilih sepatu bola baik untuk sekedar olahraga maupun untuk tujuan profesional bisa dibilang susah- susah gampang. Namun dengan membaca informasi diatas tentu memiliki gambaran agar tidak sampai salah saat membeli sepatu bola. Semoga saja artikel diatas bermanfaat ya.

 

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *