6 Tips Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa termasuk bahasa asing seperti bahasa Inggris memang sangat menantang. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sering digunakan di seluruh dunia sehingga tidak heran kalau banyak orang yang mempelajari bahasa Inggris terutama bagi mereka yang ingin bekerja di luar negeri.

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Bila anda ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik, maka dalam kesempatan kali ini akan memberikan tips belajar bahasa Inggris sebagai berikut:

1. Menonton Film Non Subtitle

Cara belajar bahasa Inggris yang pertama adalah dengan menonton film barat tanpa sub title. Jika biasanya anda sering menonton film barat selalu menggunakan subtitle, maka untuk belajar bahasa Inggris dengan cara memahami percakapan tokoh-tokoh dalam film tersebut, anda bisa menonaktifkan subtitle film tersebut. Disitu anda harus belajar mencerna sendiri apa saja yang mereka bicarakan di dalam film tersebut.

2. Membuat Kamus Yang Berisikan Kosakata

Cara belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan membuat kamus yang berisikan kosakata. Dalam hal ini, jika ada kata-kata dalam bahasa Inggris yang tidak anda mengerti, maka buatlah kamus anda sendiri.

Bahkan, kalau perlu anda bisa menulis definisi kata-kata tersebut dalam bahasa Inggris sehingga anda bisa lebih memahaminya. Untuk membuat kamus ini, anda bisa melakukannya di notes handphone atau di notebook anda sehingga lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

3. Sering Mendengarkan Lagu Barat dan Menghafal Liriknya

Cara lainnya untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan sering mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris dan coba menghafal liriknya. Anda bisa mendengarkan lagu-lagu barat kesukaan anda setiap hari dan putar berulang kali. Lalu hafalkan liriknya, kalau mau anda juga bisa menterjemahkan kata-kata yang tidak anda fahami sehingga bisa menambah kosakata anda.

4. Sering Ngobrol Berbahasa Inggris

Anda bisa mengobrol bersama keluarga, rekan kerja, teman dengan menggunakan bahasa Inggris di keseharian. Dalam hal ini, anda tentunya harus mengobrol dengan mereka yang juga memahami bahasa Inggris agar nyambung. Hal ini dilakukan agar anda bisa lebih mudah dan cepat dalam memahami bahasa Inggris.

Dengan terus melakukan hal ini setiap hari, otomatis anda akan terbiasa untuk memaksimalkan bahasa Inggris anda. Bukan hanya belajar berbicara, tetapi juga anda belajar mendengarkan bahasa Inggris.

Selain sering berbicara bahasa Inggris di lingkungan sekitar, anda juga bisa mencoba untuk chatting dengan orang asing menggunakan bahasa Inggris. Disini anda bisa berdiskusi hal apa saja yang anda sukai supaya abrolan lebih mengalir. Anda juga bisa memposting sebuah foto atau caption dalam bahasa Inggris.

5. Belajar Bahasa Korea Lewat Video Di Youtube atau Podcast

Di jaman serba digital yang sangat canggih ini, anda bisa memanfaatkan layanan internet dalam belajar bahasa Inggris. Dimana, anda bisa mengakses berbagai video atau podcast yang dapat membantu anda untuk memperdalam bahasa Inggris.

6. Membaca Buku dan Menulis

Cara belajar bahasa Inggris yang terakhir adalah dengan membaca buku atau menulis. Nah, bagi anda yang hobi membaca buku, anda bisa coba membaca buku berbahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman bahasa Inggris anda.

Selain membaca, anda juga bisa coba menulis dalam tulisan bahasa Inggris. Untuk mengecek soal grammar,struktrur penulisan, pengejaan, dan lain sebagainya, anda bisa tolong ke teman atau siapa saja yang pandai dengan bahasa Inggris.

Penutup

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang tips belajar bahasa Inggris. Semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya. Silahkan praktekkan agar lebih mudah belajar bahasa Inggris

Tinggalkan komentar