Berbagai Kumpulan Dongeng Sebelum Tidur Terbaik 2022

Meski diera yang serba digital seperti sekarang ini, ternyata masih banyak orangtua yang menceritakan dongeng sebelum tidur untuk anak-anaknya. Nah, secara kebetulan pada ulasan kali ini akan memberikan berbagai kumpulan dongen terbaik 2022.

Rekomendasi Dongeng Sebelum Tidur Terbaik

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak langsung ulasan berikut.

1. Awal Mula Permusuhan Kucing Dengan Anjing

Cerita anak tentang awal mula permusuhan kucing dan anjing ini dimulai saat ada seorang penjahit pakaian yang memelihara seekor kucing dan seekor anjing. Awalnya kucing dan anjing tersebut saling menyayangi layaknya saudara kandung.

Suatu Ketika, si penjahit menerima pembayaran sejumlah uang setelah menyelesaikan jahitan yang sesuai pesanan konsumennya. Setelah mendapatkan uang, si penjahit pun segera bergegas ke pasar untuk membeli makanan-makanan yang enak bagi kucing dan anjing peliharaannya.

Sang kucing mendapatkan beberapa ekor ikan favoritnya, sedangkan sang anjing mendapatkan beberapa tulang yang menjadi kesukaannya. Namun, pada suatu hari si penjahit mengidap penyakit yang membuat dirinya hanya bisa terbaring lemah diatas Kasur.

Alhasil, pesanan pakaian yang seharusnya dikerjakan menjadi terlantar. Mau tak mau, si penjahit meminta kedua hewan peliharaannya itu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, seperti mengambilkan minuman, obat-obatan, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, sang kucing malah merasa keberatan dengan tugas yang diberikan oleh majikannya. Berbeda dengan sang anjing, dimana ia selalu menuruti apa yang diperintahkan oleh tuannya.
Kondisi si penjahit semakin memburuk, dan sang anjing masih tetap setia menemani dan melayaninya. Adapun sang kucing yang malah semakin bermalas-malasan dan lebih sering menghabiskan waktu diluar rumah.

Ketika si penjahit meninggal dunia, hubungan antara sang kucing dan anjing tampak tidak harmonis lagi. Pasalnya, kedua hewan tersebut kerap berebut makanan yang ada di dalam rumah, hingga permusuhan ini abadi sampai sekarang.

2. Beruang dan Induknya

Tampak ada seekor beruang kecil di sebuah hutan yang hidupnya berbeda dengan beruang lain. Pasalnya, beruang mungil ini terlahir tanpa memiliki telapak tangan sehingga ia tidak bisa mencakar apapun.

Alhasil, beruang malang tersebut kerap mendapatkan cemoohan dari anak-anak beruang lainnya. Menyadari akan kondisinya, sang induk beruang tidak ingin meninggalkan anaknya itu sendirian.

Disaat sedang berjalan-jalan di tengah hutan, beruang kecil ini menemukan sebuah pisau yang sangat tajam. Setelah menemukan pisau tadi, ia langsung meminta sang ibu untuk mengikatkan pisau ditangan mungilnya dengan menggunakan tali.

Ketika pisau sudah ditalikan ke lengannya, si beruang mungil pun mendatangi beruang sebayanya yang sering mengejek dirinya. Kemudian si beruang mungil ini langsung mencakar-cakar pohon dengan pisau tadi.

Setelah melihat kejadian itu, beruang yang tadinya sering mengejek langsung dibuat terdiam sekaligus takjub oleh aksi si beruang mungil yang tanpa lengan.

3. Kisah Bujang yang Kaya Raya

Awalnya ada seorang bujang bernama Heri dengan kondisi ekonomi yang serba pas-pasan. Guna mencukupi kebutuhan hidupnya, ia melamar pekerjaan dari satu toko ke toko lainnya. Namun sayang, tak ada satu pun toko yang membutuhkan tenaga Heri.

Heri bergegas lagi untuk pulang ke rumah dengan wajah yang penuh kekesalan. Sesampainya dirumah, Heri dibuat kaget sekaligus senang karena tiba-tiba ada seekor kerbau gemuk didepan rumah. Tanpa berpikiri panjang, Heri memanfaatkan kerbau tersebut untuk membajak sawah agar mendapatkan upah.

Setiap upahnya ia kumpulkan untuk membeli lagi kerbau. Lama kelamaan, kerbau dan harta yang dimilikinya semakin melimpah ruah, hingga akhirnya Heri memiliki seorang istri cantik.

Penutup

Demikianlah kumpulan dongeng sebelum tidur terbaik versi blog. Semoga bisa jadi referensi bagi  orang tua membacakan buku untuk anaknya sehingga cerita bisa menjadi sarana pembentukan karakter pada anak

Satu pemikiran pada “Berbagai Kumpulan Dongeng Sebelum Tidur Terbaik 2022”

Tinggalkan komentar