5 Fakta Menarik Tentang Segitiga Bermuda

Saat mendengar Segitiga Bermuda, apa yang akan langsung terlintas dalam benakmu? Kawasan perairan ini memang sudah sejak lama sering dibicarakan banyak orang.

Segitiga Bermuda yang terletak di Amerika ini dianggap sebagai salah satu kawasan yang angker di dunia karena tidak sedikit kapal atau orang yang dinyatakan hilang begitu saja di perairan ini.

Lantas, mitos dan fakta yang membayangi Segitiga Bermuda itu seperti apa sih?

Fakta Tentang Segitiga Bermuda

Berikut 5 fakta menarik tentang Segitiga Bermuda yang perlu diketahui :

1. Kisah Misterius

Pada tahun 1918, dilaporkan kapal Angkatan Laut AS USS Cyclops hilang di Segitiga Bermuda. Kapal dengan panjang 164 meter yang membawa 309 awak dan mengangkut biji mangan seberat 9.000 ton tersebut berlayar dari Brazil menuju AS, kapal pun singgah di Barbados.

Namun setelah meninggalkan Barbados, kapal tersebut menghilang begitu saja beserta seluruh awaknya. Kemudian, Angkatan Laut AS yang menyatakan hilangnya kapal tersebut mulai beramsumsi bahwa peristiwa naas tersebut terjadi akibat kombinasi sejumlah kemalangan antara lain bobot kapal berlebihan, kondisi mesin kapal bermasalah, dan gelombang besar. Kapal tersebut diperkirakan tenggelam di Palung Puerto Riko.

2. Sejarah

Awal mula pemberian nama kawasan ini disebut dengan Segitiga Bermuda karena merujuk kepada wilayah perairan yang terletak diantara Bermuda, Puerto Riko, dan Florida, Amerika Serikat.
Seorang penulis bernama Vincent Gaddis menjadi sosok pertama yang menyebut istilah Segitiga

Bermuda dalam tulisannya di majalah Argosy (1964). Kemudian setelah Gaddis, ada sosok bernama Charles Berlitz yang membuat wilayah tersebut semakin populer karena dijadikan judul buku “The Bermuda Triangle” tahun 1974.

Berlitz berpendapat bahwa dunia bawah laut Atlantis terletak di Segitiga Bermuda. Semenjak itulah, pembicaraan seputar Segitiga Bermuda terus berlangsung melalui berbagai media mulai dari buku, film dokumenter, siaran televisi, hingga situs web.

3. Luas

Meskipun patokan Segitiga Bermuda nyata yaitu Bermuda, Puerto Riko, dan Florida, namun secara de jure maupun de facto tidak ada keterangan pasti mengenai luas perairan ini. Hal itu termasuk apapun yang menjadi batas – batasnya.

Keadaan yang seperti itu membuat semakin melekatnya kesan misterius pada Segitiga Bermuda yang membuat semakin penasaran minat publik untuk terus mengulas dan membicarakannya.

4. Teori – Teori

Sejumlah peneliti memiliki teori yang berbeda – beda untuk menjelaskan mengapa banyak kapal dan pesawat yang dinyatakan hilang saat melintasi kawasan ini. Menariknya lagi, teori yang mereka kemukan tidak hanya berdasarkan pada fakta sains saja namun juga pandangan mistik ala paranormal.

Contohnya, seperti halnya Charles Berlitz mengemukakan pendapat bahwa sejumlah kelompok meyakini jika terjadinya berbagai fenomena di kawasan Segitiga Bermuda disebabkan oleh teknologi Atlantis. Atlanis sendiri merupakan sebuah kota yang dimitoskan hilang dan saat ini berada dibawah laut.

5. Tempat Munculnya Dajal

Cerita misterius hilangnya kapal dan pesawat seolah – olah menjadi cerita yang pasti didengar setiap kali membahas Segitiga Bermuda. Namun, selain itu ada pula cerita yang tidak kalah melegenda yaitu dikabarkan sosok Dajal yang akan muncul pada akhir zaman dipercaya oleh sejumlah orang berada di kawasan perairan Segitiga Bermuda.

Penutup

Memang untuk yang terakhir ini masih dugaan. Betul atau tidaknya tentu waktu akan menjawabnya. Yang terpenting demi keselamatan sebaiknya tidak melintasi diatas wilayah segita bermuda.

 

 

Tinggalkan komentar