Ini 5 Gunung Tertinggi Di Indonesia, 3 Diantaranya Di Papua

Selain kaya akan laut dan pulau – pulaunya, ternyata Indonesia juga termasuk negara yang memiliki jumlah gunung terbanyak.

Kurang lebih ada sekitar 400 gunung yang terbentang di sepanjang wilayah Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke. Dari sekian banyak gunung tersebut, 100 diantaranya merupakan gunung berapi yang masih aktif. Sehingga tidak heran jika kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia ini menjadi daya tarik pariwisata bagi para pelancong dari berbagai penjuru dunia.

Bahkan dari ratusan gunung tersebut, ada yang memiliki tinggi menjulang hingga 4000-an meter diatas permukaan laut (mdpl). Lantas, gunung manakah yang memiliki puncak tertinggi di Indonesia?

5 Gunung Tertinggi di Indonesia

Nah agar tak penasaran, berikut ini akan diperkenalkan 5 gunung tertinggi di Indonesia :

1. Gunung Puncak Jaya

Gunung tertinggi di Indonesia yang pertama adalah Gunung Puncak Jaya atau dikenal juga dengan sebutan Jaya Wijaya yang terletak di tanah Papua. Gunung dengan ketinggian 4.884 mdpl ini dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Tanah Air.

Gunung Jaya Wijaya juga saat ini sudah menjadi kawasan Situs Warisan Dunia dari UNESCO dan bahkan menjadi salah satu Seven Summit di dunia. Salah satu hal paling menarik yang menjadi daya tarik Puncak Jaya adalah adanya gletser atau padang salju yang tidak ditemukan di puncak gunung lainnya di Indonesia. Salju di puncak gunung Jaya Wijaya abadi atau selalu ada.

2. Gunung Puncak Mandala

Gunung tertinggi selanjutnya yaitu Gunung Puncak Mandala yang juga terletak di Tanah Papua, lebih tepatnya di Kabupaten Bintang. Berdasarkan informasi Puncak Mandala dengan ketinggian mencapai 4.760 mdpl ini menjadi gunung tertinggi kedua di Tanah Air setelah Puncak Jaya.

Memiliki nama lain Juliana Top atau Puncak Juliana yang terkenal pada saat masa penjajahan Belanda, Gunung Puncak Mandala termasuk dalam jajaran pegunungan Jayawijaya. Layaknya Puncak Salju, Puncak Mandala juga dahulu ditutupi salju namun perlahan – lahan saljunya menghilang seiring pemanasan global.

3. Gunung Puncak Trikora

Kemudian gunung tertinggi di Indonesia yang menduduki peringkat ketiga yaitu Gunung Puncak Trikora yang juga masih berada di Tanah Papua. Lokasi gunung dengan ketinggian mencapai 4.750 mdpl ini berada di Papua Barat.

Gunung Puncak Trikora memiliki beberapa kawasan hutan antara lain Hutan Montane, Hutan Ericaceous, dan Hutan Dipterokarp Atas. Titik awal pendakiannya di kota Dani di Lembah Baliem Wamena.

4. Gunung Ngga Pilimsit

Gunung tertinggi keempat di Indonesia ini dulunya pada zaman penjajahan Belanda memiliki nama Gunung Idenburg. Namun, namanya saat ini adalah Gunung Ngga Pilimsit. Gunung dengan ketinggian mencapai 4.717 mdpl ini terletak di Provinsi Papua di rangkaian pegunungan Maoke.

5. Gunung Kerinci

Selain di Tanah Papua, gunung – gunung tertinggi di Indonesia juga tersebar di daerah – daerah lain. Seperti salah satunya Gunung Kerinci yang terletak di Pulau Sumatera, lebih tepatnya di Provinsi Jambi.

Gunung dengan ketinggian mencapai 3.805 mdpl ini termasuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat. Berbeda dengan keempat gunung yang sudah disebutkan diatas, Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia yang masih aktif.

Bagi kamu yang ingin melakukan pendakian di Gunung Kerinci, rute pendakian yang cukup mudah yaitu melalui Desa Kersik Tuo yang terletak di ketinggian 1.400 mdpl.

Penutup

Selain itu masih ada gunung tertinggi lainnya di Indonesia seperti Gunung Rinjani, Gunung Semeru yang merupakan gunung di Jawa Timur, Gunung Sanggar, Gunung Latimojong, dan Gunung Slamet. Apakah kalian tertarik juga untuk mendaki? Silahkan persiapkan diri baik fisik dan juga mental tentunya

Tinggalkan komentar