6 Cara Mudah Kadar kolesterol Tetap Normal

Penyakit jantung menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia dan dunia. Dahulu banyak yang mengira penderita penyakit ini hanya dialami oleh para lansia. Sayangnya pendapat tersebut tidaklah benar. Fakta menunjukkan jika penyakit jantung siapapun bisa mengalaminya dan tidak peduli dengan usianya.

Tentu harus waspada karena banyak yang meninggal mendadak karena penyakit jantung ini. Penyebab penyakit jantung adalah adalah adanya penyempitan pembuluh darah. Kolesterol tersebut masuk ke pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan atau sumbatan. Saat darah tidak bisa mengalir karena tersebut disitulah terjadinya serangan jantung dan bisa menyebabkan kematian.

Apa itu kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang berasal dari tubuh dan dari makanan yang dikonsumsi. Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki banyak manfaat antara lain membantu proses pencernaan, pembentukan sel baru hingga membentuk vitamin D. Sayangnya jika jumlah lemak tinggi maka bisa membahayakan tubuh.

Lemak yang ada dalam darah akan didistribusikan pada sel dalam tubuh yang membutuhakn. Sayangnya jika jumlahnya berlebihan lemak akan mengendap dalam pembuluh darah sehingga bisa menyebabkan penyumbatan.

Ciri- ciri saat Kolesterol tinggi

Saat kolesterol tinggi biasanya akan menunjukkan tanda- tanda tertentu dalam tubuh. Meskipun begitu tanda tersebut tidak spesifik dimana antara satu orang dengan yang lama tidaklah sama. Diantara tanda- tanda kadar kolesterol meningkat antara lain :

Mudah lelah

Saat kolesterol dalam keadaan tidak normal maka akan muncul gejala mudah lelah. Hal itu karena aliran darah menuju bagian tubuh lainnya tidak lancar sehingga menyebabkan lelah.

Sering mengantuk

Anda sering mengantuk? bisa saja hal tersebut merupakan gejala kolesterol naik. Rasa ngantuk timbul karena aliran darah yang menuju ke otak terhambat sehingga otak kurang asupan nutrisi sehingga menyebabkan ngantuk dan lelah

Nyeri pada bagian tubuh tertentu

Beberapa bagian tubuh akan merasa nyeri saat kolesterol tidak normal antara lain bagian kaki, tengkuk hingga nyeri pada dada.

Tips Terhindar dari Kolesterol Tinggi

Saat mengetahui kolesterol diatas normal itu artinya harus waspada. Caranya bisa dengan pergi ke dokter dan meminta meresepkan obat agar kadar kolesterol normal kembali. Bisa juga dengan melakukan cara sebagai berikut :

Menjaga pola makan

Konsumsi buah dan sayur sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan seratnya bisa menurunkan kolesterol secara efektif. Selain serat dari buah dan sayur, serat larut seperti dari buah alpukat , kacang merah, wortel dan gandum juga baik untuk tubuh. Yang paling penting, ketika kadar kolesterol tinggi hindari konsumsi makanan berlemak seperti gorengan.

Selain itu untuk menurunkan kolesterol bisa juga dengan mengganti konsumsi daging merah dengan ikan- ikanan. Ikan seperti salmon dan sarden mengandung Omega-3 yang baik menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Olahraga teratur

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan olahraga teratur. Selain menyehatkan, olahraga juga dapat menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan. Yang terpenting olahraga dilakukan secara teratur. Bisa dimulai dengan 10 menit perhari dengan jalan kaki ringan misalnya. Karena olahraga sedikitnya 2,5 jam dalam seminggu bisa membuat kolesterol tinggi akan turun.

Hindari rokok dan minuman keras

Merokok sangat merugikan kesehatan. Selain bisa menyebabkan penyakit paru- paru, merokok juga berpengaruh pada kadar kolesterol. Merokok bisa memganggu keseimbangan kolesterol serta membuat pembuluh darah menjadi kaku sehingga memicu terjadi stroke dan penyakit jantung

Menjaga berat badan ideal

Berat badan berlebih lebih berisiko mengalami peningkatan kadar kolesterol. Untuk itu diet, olahraga serta menjaga pola makan agar berat tubuh tetap ideal sehingga kadar kolesterol juga tetap normal

Hindari Stress

Tidak hanya menjaga pola makanan, pikiran pun harus diperhatikan agar terhindar dari stress. Stress yang berkepanjangan bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Untuk itu penting sekali relaksasi dengan cara menjalankan hobi sehingga pikiran fresh kembali.

Sering Tertawa

Tertawa sering diidentikan dengan rasa bahagia. Ternyata rasa bahagia secara tidak langsung bisa menurunkan kadar kolesterol. Caranya agar bisa tertawa bisa dengan menonton tayangan komedi atau membaca cerita yang lucu.

Tinggalkan komentar