Kenali Apa Itu Donasi Digital dan Perannya di Era Pandemi Covid-19

Sejak tahun 2019, dunia dilanda pandemi Covid-19. Mulai pada tahun 2020, Indonesia turut menjadi negara yang terdampak Covid-19. Banyak akses publik dan kegiatan dibatasi, bahkan status ekonomi negara mulai menurun akibat pandemi tersebut.

Banyak orang yang kesulitan mencari pekerjaan dan bahkan di-PHK. Tidak hanya itu saja, semakin banyak masyarakat kurang mampu yang makin sulit untuk sekadar bertahan hidup. Untuk itu, Anda bisa mendonasikan sebagian harta Anda melalui donasi digital.

Apa Itu Donasi Digital?

Donasi digital adalah suatu kegiatan donasi yang dilakukan secara online melalui sebuah platform. Cara ini memudahkan masyarakat untuk saling berbagi dengan saudara-saudara yang sedang ditimpa kesusahan tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Saat ini, tren donasi secara online semakin populer dan disukai masyarakat. Sebab, donasi online memberikan lebih banyak keunggulan dan keuntungan bagi para donatur. Selain itu, donasi online juga memberikan informasi total donasi yang lebih transparan didukung dengan adanya bukti-bukti atau dokumentasi yang dapat meningkatkan kepercayaan antara donatur dengan platform atau yang menggalang dana.

Peran Donasi Digital Melalui Platform Online

Donasi digital mempunyai peran yang sangat besar, terutama di era pandemi Covid-19. Protokol kesehatan diterapkan untuk membatasi interaksi antar masyarakat. Maka, tak heran, donasi secara online melalui platform lebih disukai.

Melalui platform, seseorang bisa melakukan donasi kapan saja dan di mana saja, bisa mulai dari seribu rupiah. Tren donasi secara online ini dibuktikan juga dengan laporan sementara yang telah dikeluarkan oleh beberapa lembaga filantropi Islam seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Lembaga Amil Zakat (LAZ), dan lainnya. Dalam hal ini, terdapat kenaikan jumlah donasi yang terkumpul, bahkan ketika sebelum pandemi melanda Indonesia.

Tidak hanya platform online donasi, segi transportasi online juga mulai mengalami pertumbuhan transaksi hingga 17 kali lipat sejak November 2019 lalu. Kondisi seperti ini didorong oleh transformasi digital pada lembaga tersebut dan juga berbagai inisiatif kerja sama yang telah dijalin dengan berbagai perusahaan.

Penggalangan dana sosial melalui platform juga membuat banyak masyarakat semakin mengetahui lebih spesifik bantuan yang diberikan akan disalurkan kemana, mustahiq-nya siapa, dan juga biodata orang yang membutuhkan akan muncul di halaman platform digital. Sementara itu, melalui konvensional sumber akses untuk mendapat keterangan seperti itu mungkin lebih terbatas.

Donasi digital juga mampu memberikan informasi donasi yang lebih cepat, update, dan juga efisien. Laporan dapat tersaji melalui handphone Anda dengan dikirimkannya notifikasi melalui pesan singkat, Whatsapp, atau email. Sedangkan, metode donasi konvensional, apabila memberi donasi ke suatu lembaga, Anda harus menunggu selama beberapa waktu untuk bisa mendapat laporannya.

Diketahui juga bahwa financial technology syariah dapat mendukung gerakan jaring pengaman sosial. Salah satu bentuknya yaitu AFSI bersama dengan BAZNAS yang sedang mengupayakan untuk dapat membuka saluran donasi dari suatu fasilitas dana atau crowdfunding secara online.

Donasi Digital di Ayobantu.com

Ayobantu.com merupakan sebuah platform penggalangan dana dan donasi berbasis online yang telah berdiri sejak tahun 2020. Platform ini didirikan dengan tujuan sebagai jembatan atau wadah program sosial masyarakat, komunitas, dan juga korporat kepada masyarakat yang memang membutuhkan bantuan.

ayodonasi.com
pict : ayodonasi.com

Ayobantu.com memiliki beragam keunggulan. Berikut merupakan beberapa keunggulannya.

1. Beragam Metode Pembayaran Donasi

Ayobantu memiliki beragam metode pembayaran untuk mempermudah Anda melakukan donasi. Mulai dari transfer bank, virtual account, aset kripto, atau melalui e-wallet.

2. Memiliki Fitur Lelang

Ayobantu.com memiliki fitur lelang di platform-nya, yang mana hal ini dapat memungkinkan pengguna untuk dapat mengikuti lelang barang-barang pilihan yang akan dilakukan secara langsung di platform. Dana yang terkumpul akan disalurkan kepada penerima dari kegiatan lelang tersebut.

3. Menawarkan Kampanye

Terakhir, Ayobantu.com juga menawarkan beragam kampanye. Ayobantu dapat mengemas dan juga memfasilitasi kegiatan penggalangan dana dalam bentuk suatu acara atau kampanye yang menarik.

Cara Melakukan Donasi Digital di Ayobantu.com

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan donasi secara online bersama Ayobantu.com., berikut merupakan langkah-langkah berdonasi di platform Ayobantu.com.

  1. Pertama, kunjungi situs Ayobantu.com melalui browser;
  2. Kemudian, pilihlah Campaign atau penggalangan dana yang ingin Anda dukung;
  3. Lalu, klik tombol “Donasi Sekarang”;
  4. Jika sudah, masukkan nominal donasi yang diinginkan;
  5. Lakukan pembayaran dengan memilih metode pembayaran yang diinginkan, mulai dari transfer bank, virtual account, aset kripto, atau e-wallet;
  6. Terakhir, Anda akan mendapatkan informasi atau laporan transaksi yang dilakukan melalui Whatsapp atau notifikasi di laman Ayobantu secara real time.

Demikian tentang peran dan manfaat donasi digital di era pandemi Covid-19 dan juga bagaimana cara melakukan donasi online melalui Ayobantu platform. Selamat berdonasi.

Tinggalkan komentar