6 Tips Agar Terhindar dari Investasi Reksadana Abal-abal

Di tengah gempuran perkembangan teknologi perbankan dan keuangan, membuat banyak instrumen keuangan yang bisa menjadi celah untuk para penipu melancarkan aksinya. Salah satunya mengenai investasi. Iming-iming return investasi yang sangat tinggi mulai dari investasi saham, properti, bahkan Reksadana seperti jenis Investasi Reksadana Pendapatan Tetap bisa digembor-gemborkan kepada calon korban sebagai investor.

Sayangnya, memang tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang masih belum benar-benar mengerti bagaimana cara investasi yang benar dan bagaimana cara menghindari jenis investasi abal-abal tersebut.

Sekilas Mengenai Reksadana

Sebenarnya tidak ada yang salah mengenai jenis investasinya, tapi terkadang wadah atau platform yang digunakan inilah yang menjadi masalah. Oleh karenanya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Sebelum lebih jauh, mari simak penjelasan Reksadana secara singkat. Jadi secara garis besar, investasi Reksadana didefinisikan sebagai sebuah wadah yang mencakup himpunan dana dari banyak investor. Kemudian dikelola dalam aset investasi oleh Manajer Investasi.

Pada dasarnya jenis investasi satu ini merupakan salah satu investasi yang aman serta mudah. Selain itu juga tidak membutuhkan modal besar. Menariknya, instrumen investasi satu ini tergolong fleksibel dan dapat dicairkan kapan saja.

Beberapa Cara Terhindar dari Investasi Bodong Reksadana Pendapatan Tetap

Setiap calon investor harus kritis sebelum memutuskan untuk memasukkan dana kepada Manajer Investasi melalui aplikasi investasi. Tujuannya tentu saja agar terhindar dari penipuan. Satu langkah yang dianggap paling nyaman dan aman adalah dengan memilih produk resmi serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Berikut selengkapnya:

Memastikan Legalitas Perusahaan

Guna menghindari investasi Reksadana Pendapatan Tetap abal-abal, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan jika perusahaan penyedia platform investasi telah memiliki izin sekaligus otoritas resmi pemerintah seperti Otoritas Jasa Keuangan. Mengapa? Sebab, perusahaan yang sudah memiliki legalitas akan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Tujuannya agar Para investor tidak mengalami penipuan. Cara paling mudah agar terhindar dari investasi Reksadana Pendapatan Tetap abal-abal adalah dengan mengetahui bahwa perusahaan penyedia layanan investasi tersebut legal secara hukum, sehingga dapat meminimalisir kerugian para pemodal.

Hindari Untuk Percaya pada Janji Return Pasti yang Terlalu Tinggi

Sebagai informasi, sebagian besar jenis investasi tidak dapat menjamin return pasti. Begitu juga Reksadana Pendapatan Tetap. Manajer Investasi dan juga platform aplikasi investasi juga tak akan bisa memberikan jaminan keuntungan melimpah jika Anda berinvestasi. Banyak faktor yang bisa menyebabkan nilai produk Reksadana naik turun, salah satunya karena dipengaruhi oleh perubahan kondisi ekonomi.

Apalagi dilansir dari cermati.com untuk Reksadana Pendapatan Tetap yang umumnya akan memberikan imbal hasil atau return sekitar 7 sampai 8% per tahun. Tentu patut dicurigai jika ada yang menawarkan return jauh di antara rata-rata return pada umumnya.

Memilih Manajer Investasi dengan Track Record baik

Dalam memilih Manajer Investasi, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal pokok. Adapun salah satu caranya yakni dengan melihat jumlah dana kelolaan atau disebut dengan AUM. Apabila semakin tinggi nilai AUM maka semakin tinggi pula kepercayaan investor terhadap perusahaan tersebut.

Melihat Profil Risiko

Menjadi rahasia umum jika investasi memiliki macam-macam risiko. Hal ini tergantung dari jenis investasi yang dipilih. Dalam berinvestasi masyarakat memiliki ketahanan risiko sendiri. Secara umum ada tiga profil risiko, yakni konservatif, agresif, dan moderat. Dengan mempertimbangkan profil risiko ini, mampu meminimalisir tingkat kerugian.

Menyesuaikan Jenis Investasi

Jenis investasi merupakan hal penting lainnya yang tidak dapat Anda kesampingkan. Terkait investasi Reksadana Pendapatan Tetap ialah mengenai jenis investasinya. Seperti halnya mempelajari beberapa instrumen mulai pengelolaan dana, potensi imbal balik keuntungan, alur uang nasabah dan lain sebagainya. Penyesuaian jenis investasi ini bertujuan untuk memberikan keuntungan maksimal kepada setiap pemodal.

Teliti Mengenai Pemasaran Produk Investasi

Secara ringkas bentuk investasi yang resmi akan menyertakan mekanisme cara kerja, pembagian keuntungan, dan hal-hal lain yang sudah teratur secara jelas. Bahkan beberapa perusahaan besar sudah memiliki standar prosedur operasi yang baku untuk menjalankan pemasaran produknya.
Sedangkan perusahaan atau lembaga dengan penawaran investasi bodong tidak memiliki standar baku tersebut. Sehingga perlu dipertanyakan mengenai cara pemasaran produk investasinya.

Berinvestasi Reksadana Mudah dan Aman di DBS Treasures

Penjelasan Reksadana di atas, dianggap sudah cukup untuk memberikan informasi terbaik terkait Reksadana Pendapatan Tetap. Selanjutnya, Anda harus jeli dalam memilih tempat untuk berinvestasi yang baik. Salah satunya menggunakan DBS Treasures. Berikut beberapa kelebihan yang didapat nasabah:

Mengurangi Risiko Melalui Diversifikasi

Diversifikasi sendiri merupakan sebuah praktek memvariasikan investasi, jenis aset, dan lain sebagainya guna mengurangi risiko. Dalam prakteknya, hal ini mampu mengurangi risiko kerugian apabila salah satu produk Reksadana yang Anda miliki mengalami penurunan nilai.

Mendapat Wawasan dalam Memandu Nasabah Berinvestasi

Salah satu pertimbangan yang wajib menjadi prioritas untuk para investor ialah mengenai tim ahli finansial. DBS Treasures memiliki para ahli finansial yang handal serta proaktif dalam menyampaikan berbagai analisa pasar. Selain itu juga memberikan informasi mengenai peluang terkini sehingga berpotensi memaksimalkan keuntungan bagi investor.

investasi

Pengelolaan Investasi Oleh Tim Profesional

Selain beberapa faktor di atas, pengelolaan investasi juga harus dilakukan oleh tim profesional. Jika berinvestasi di DBS Treasures semua dikelola dengan baik tidak terkecuali mengenai jenis Reksadana Pendapatan Tetap. Semua pilihan investasi akan dikelola oleh Manajer Investasi berpengalaman untuk mengoptimalkan kinerja produk pilihan investor.

Melalui Aplikasi digibank by DBS, Anda dapat melakukan berbagai transaksi investasi. Menariknya, aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari proses pendaftaran Single Investor Identification (SID), analisa Reksadana hingga kemudahan dalam bertransaksi, jual, beli, switching karena didukung oleh data dari infovesta.

Tidak sedikit perusahaan perbankan yang menawarkan jenis investasi serupa. Namun tidak semuanya memberikan pelayanan terbaik. Oleh karena itu, penting dalam memilih jenis investasi serta perusahaan perbankan terbaik guna menyimpan dana untuk terhindar dari penipuan dan kerugian.

Kesimpulan

Dengan berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap di DBS Treasures. Selain beberapa keuntungan di atas, aplikasinya juga mendukung berbagai macam transaksi. Semoga tips agar terhindar dari reksadana abal- abal dapat bermanfaat ya.

Tinggalkan komentar