Tips dan Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Pribadi

Punya kendaraan seperti sepeda motor adalah berkah yang seharusnya kita syukuri. Karena, meski kadang kepanasan atau kehujanan, tapi motor selalu jadi alat transportasi andalan untuk wara-wiri.

Akan tetapi, harus saya akui kalau naik motor untuk pergi ke tempat-tempat yang jauh memang sangat melelahkan. Di samping itu, setelah sekarang menambah momongan, naik motor terasa semakin melelahkan.

Apalagi kalau kita membawa dua orang anak. Yang sudah jadi ibu-ibu pasti tahu bagaimana repotnya bawa anak pakai motor. Ditambah lagi kalau mereka tidur di jalan, kita benar-benar harus ekstra waspada.

Wara-wiri dengan menggunakan sepeda motor sambil membawa anak, terutama anak kecil dan bayi, kadang-kadang membuat saya merasa kasihan kepada mereka, karena harus ikut kepanasan atau kadang kehujanan.

Tapi, untuk naik kendaraan umum, rasanya saya kurang sreg. Karena, selain trayek angkot yang semakin berkurang. Naik kendaraan umum saat ini juga semakin kurang nyaman.

Karena, kita kadang-kadang harus menunggu lebih lama, sangat merepotkan saat harus naik turun ketika transit, dan seringkali waktu yang dihabiskan di perjalanan jauh lebih banyak dibandingkan dengan naik kendaraan pribadi karena kendaraan umum sering ngetem di sana-sini.

Jadi, meski kepanasan dan kadang kehujanan, saya pribadi sering merasa kalau naik motor masih jauh lebih nyaman dibandingkan dengan naik kendaraan umum.

Tapi, seperti yang saya katakan sebelumnya di atas. Sejak punya bayi, selain sering merasa kasihan saat membawa mereka naik motor kesana-kemari. Terutama, ketika melakukan perjalanan jauh saat harus pergi ke luar kota atau pulang ke rumah orang tua. Saya juga sering merasa khawatir karena harus berboncengan dengan 4 orang di satu motor.

Karena itulah, saya sering berdiskusi dengan suami, bagaimana jika kami membeli kendaraan roda empat yang lebih nyaman?

Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Apakah kami sudah benar-benar membutuhkannya? Apakah keuangan kami sudah mendukung? Dan, bagaimana caranya menghitung biaya beli mobil agar tidak membuat hidup kami terseok-seok selama kredit berjalan?

Begitulah! Ada banyak pertimbangan dan pertanyaan yang muncul di benak saya. Karena itulah, saya selalu berusaha membuat rencana sematang mungkin sebelum memutuskan untuk beli mobil. Terlebih lagi setelah saya membaca tentang hal-hal yang harus diperhatikan saat akan membeli mobil baru di Otodriver.com.

Kebutuhan Vs Gaya Hidup

Hal terbaik yang sering terbayang saat kita memiliki mobil adalah, kita bisa pergi ke mana saja dengan nyaman, tanpa takut kepanasan atau kehujanan, dan tanpa khawatir akan kecapekan selama di perjalanan.

Meski demikian, saya juga tahu bahwa, punya mobil berarti, akan membuat pengeluaran membengkak. Pasalnya, semakin besar dan semakin canggih sebuah kendaraan, pasti akan semakin besar biaya perawatannya dan semakin besar perhatian yang dibutuhkan.

Belum lagi biaya BBM-nya yang sudah pasti jauh lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan roda dua. Meski demikian, biaya-biaya tersebut kadang-kadang terasa sebanding dengan manfaat yang bisa kita dapatkan. Jika, sudah sangat memerlukannya. Khususnya, jika kita sudah berkeluarga seperti yang saat ini saya rasakan.

Dulu, saat masih sendiri, atau ketika belum punya anak, naik motor ke mana aja masih terasa cukup nyaman dan tidak terlalu khawatir.

Tapi sejak punya anak, pengalaman naik motor untuk pergi ke mana-mana terasa sangat berbeda. Apalagi, jika kita pergi di musim hujan atau pergi ke tempat-tempat yang jauh.

Sejauh yang saya rasakan, saat ini keluarga kami berada di titik di mana kami sangat membutuhkan mobil sebagai alat transportasi untuk menunjang aktivitas kami sehari-hari.
Mobil Seperti Apa yang Cocok untuk Kami?

Jenis- jenis Mobil Untuk Keluarga

Mobil Jenis MPV

Di luar sana, ada banyak merek mobil yang tersedia. Begitu juga dengan jenis mobil. Akan tetapi, mobil jenis MPV tampaknya masih mendominasi dan masih menjadi favorit masyarakat.
Meskipun, kadang-kadang saya merasa agak heran dengan orang-orang yang suka membeli mobil MPV. Padahal, yang setiap hari menaiki mobil tersebut hanya satu atau dua orang saja. Bagaimana dengan sisa seat yang ada di mobil tersebut?

Mobil Jenis Hatchback

Bagi saya yang baru punya dua orang anak. Rasanya, mobil-mobil tipe hatchback sudah sangat memadai. Karena untuk pergi beramai-ramai dengan keluarga besar, tidak terlalu sering kami lakukan.

Karena itulah, saya menganggap mobil dengan tipe seperti ini adalah yang paling cocok untuk keluarga kecil seperti yang saya punya. Di samping itu, mobil-mobil kecil seperti ini tidak membutuhkan garasi yang luas dan beberapa diantaranya sangat hemat bahan bakar.

Apakah Kondisi Keuangan Sudah Mendukung?

Inilah pertanyaan utama yang semestinya saya jawab dan semestinya menjadi bahan pertimbangan utama. Karena, tanpa mempertimbangkan kondisi keuangan, kami bisa kerepotan selama cicilan berjalan.

Semua orang tahu bahwa harga mobil sangatlah mahal. Belum lagi harga mobil mewah. Harganya bahkan setara dengan harga sebuah rumah. Bahkan, saya pribadi sering melihat orang-orang yang hidupnya masih pas-pasan tapi tetap memaksakan diri untuk kredit mobil.

Dan, tidak sedikit orang di luar sana yang kadang-kadang memaksakan diri untuk membeli mobil yang harganya di luar kemampuan mereka. Dan, tanpa menjadikan faktor “kebutuhan” sebagai bahan pertimbangan utama, melainkan hanya selera dan gengsi semata.

Bagaimana dengan saya? Apakah kondisi keuangan saya cukup untuk membeli mobil impian? Ataukah saya harus menurunkan ekspektasi dan membeli mobil yang bisa memenuhi kebutuhan keluarga meski bukan mobil favorit?

Sebenarnya, untuk mengetahui apakah kondisi keuangan kita memungkinkan atau tidak untuk membeli sebuah mobil tertentu sangat mudah. Salah satu caranya adalah, bisa dihitung dengan menggunakan kalkulator pembiayaan yang dirancang khusus untuk orang-orang yang ingin mobil.

Saya sendiri menemukan kalkulator untuk menghitung biaya beli mobil dan menyesuaikannya dengan kondisi keuangan kita tersebut, saat sedang iseng-iseng mencari game yang enak dimainkan. Kebetulan, di situs https://www.carpaymentcalculator.net ada puluhan game arcade yang bisa dimainkan secara gratis.

Tapi selain gratis, game-game yang mereka tawarkan juga tanpa iklan. Jadi, kita bisa mainkan beberapa game di sana dengan lebih nyaman tanpa gangguan iklan.

Kalkulator Pembiayaan Kendaraan

Karena sudah terlanjur menyebutkan soal kalkulator pembiayaan beli mobil di atas tadi, nggak ada salahnya apabila saya membahas sedikit lebih mendetail tentang kalkulator pembiayaan khususnya untuk mobil ini, kan?

Karena masyarakat kita masih belum banyak yang menggunakan kalkulator seperti ini untuk menghitung kemampuan keuangan mereka sebelum memutuskan untuk membeli mobil.

kalkulator pembiayaan mobil
Foto oleh olia danilevich: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-meja-kalkulator-pandangan-atas-5466815/

Akibatnya, banyak orang yang terpaksa harus hidup susah selama kredit mobil, atau bahkan melakukan kesalahan dengan membeli mobil yang harganya di luar batas kemampuan keuangan mereka.

By the way, kalkulator pembiayaan seperti yang saya tunjukkan ini sangat berguna untuk menghitung harga mobil berdasarkan kemampuan gaji kita setiap bulan dan kebutuhan kita yang lainnya. Sehingga, kita bisa mengetahui secara tepat, berapa harga mobil yang cocok dibeli berdasarkan penghasilan bulanan rata-rata.

Bahkan, untuk website populer yang menyediakan kalkulator seperti ini, biasanya mereka tidak hanya menyediakan kalkulator untuk menghitung biaya kendaraan yang hasilnya bisa dilihat langsung, tapi juga menyediakan beberapa kalkulator tambahan yang bisa digunakan untuk:

Menghitung biaya bahan bakar. Jadi, di samping menghitung kemampuan keuangan kita untuk menemukan harga mobil yang tepat, kita juga perlu mempertimbangkan biaya BBM yang akan kita keluarkan setiap bulan

Di samping itu, mereka juga menyediakan kalkulator yang bisa membantu kita menghitung kredit macet dan lain sebagainya

Kesimpulan

Sebagai seorang ibu yang selalu berusaha untuk melakukan segala sesuatunya dengan tepat. Saya, selalu berusaha untuk membuat pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Seperti saat kami punya rencana untuk membeli mobil keluarga. Selain mempertimbangkan kondisi keuangan kami, saya juga selalu menekankan untuk mempertimbangkan faktor kebutuhan, garasi di rumah, dan berbagai faktor lainnya.

Karena itulah, agar tidak salah memilih mobil yang tepat untuk dibeli, saya mencoba menghitung biaya beli mobil dan menyesuaikannya dengan penghasilan bulanan kami. Sehingga, kami bisa membeli mobil yang tepat tanpa mengorbankan ekonomi keluarga.

Nah, bagi pembaca blog yang kebetulan juga punya rencana untuk beli mobil tapi masih bimbang. Ada baiknya anda mencoba menghitungnya dengan menggunakan kalkulator pembiayaan mobil yang linknya sudah saya cantumkan di atas agar tidak salah pilih dan agar tidak menyusahkan diri sendiri dikemudian hari.

Tinggalkan komentar