Berikut Ini Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

By | Mei 11, 2022
cara cek nomor bpjs ketenagakerjaan

Memiliki BPJS Ketenagakerjaan merupakan hal yang penting dimiliki oleh seorang pekerja. Pasalnya, dengan memiliki BPJS Ketenagakerjaan orang tersebut bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah. Terus jangan lupa segera cek nomor bpjs ketenagakerjaan untuk mengetahui status keanggotaannya

Dalam kartu BPJS Ketenagakerjaan tertera nomor yang terdiri dari 11 digit. Selain menjadi identitas peserta, nomor BPJS ini juga sangat berguna untuk keperluan saat membayar iuran keanggotaan, mencairkan JHT, dan lain sebagainya.

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Nah, untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Menanyakan Langsung ke HRD Perusahaan

Bagi kamu yang bekerja di suatu perusahaan dan terdaftar pada progam BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan cara langsung mendatangi HRD perusahaan. Disana anda cukup menanyakan langsung ke HRD perusahaan.

2. SMS Gateway

Ini merupakan cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK. Dimana ini merupakan layanan yang disampaikan melalui pesan singkat (SMS) menggunakan sistem informasi. Untuk dapat mengaksesnya kamu bisa menggunakan jaringan seluler nomor 08777-5500-400.

Cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS Gateway ini sangatlah mudah, kamu cukup mengetik NIK spasi Nomor Induk Kependudukan. Sebagai contoh “NIK 6563995064631” lalu kirim ke nomor 08777-5500-400.

3. Aplikasi BPJSTKU

Dengan semakin canggihnya teknologi sehingga bisa mempermudah segala aktivitas manusia, termasuk untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan. Kini kamu dapat mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah menggunakan aplikasi BPJSTKU. Sehingga tidak heran kalau mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU merupakan cara paling populer dan banyak digunakan orang.

Kamu bisa mengetahui berbagai informasi seperti nomor kepesertaan, mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan dan lain sebagainya dengan menggunakan aplikasi yang satu ini.

Aplikasi BPJSTKU bisa kamu operasikan di Android dan iOS. Adapun cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut :

  • Unduh aplikasi BPJSTKU pada ponsel kamu terlebih dahulu.
  • Jika sudah diunduh, kamu buka aplikasi BPJSTKU.
  • Kemudian klik Login.
  • Selanjutnya masukkan alamat email dan kata sandi yang digunakan untuk mendaftar BPJSTKU sebelumnya. Jika belum, kamu harus daftar dahulu.
  • Setelah itu, login dan mucul layar Menu
  • Pada Menu, kamu pilih kartu digital.
  • Lalu akan muncul nomor BPJSTKU pada kartu digital berupa 11 digit angka.

4. Call Center

Cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan lainnya adalah melalu call center. Dalam hal ini, kamu cukup menyampaikan permohonan kepada petugas di nomor 175.

5. WhatsApp

Sosial media pun bisa kamu gunakan untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan, salah satunya adalah melalui WhatsApp. Caranya juga cukup mudah, namun sayang, layanan ini masih terbatas bagi Pekerja Migran Indonesia (TKI) di luar negeri saja. Kamu bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan menggunakan WhatsApp di nomor telepon +62 811-9115910 dan +62 855-1500910.

6. Melalui Situs Resmi

Kamu bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui situs resmi. Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi dan dapat untuk kepesertaan mandiri bpjs.

Sebelum memulainya, pastikan kamu sudah hafal alamat email serta password yang didaftarkan sebelumnya. Adapun caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Langkah yang pertama kamu kunjungi www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau langsung klik sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Lalu masukkan alamat email dan password yang sebelumnya sudah kamu daftarkan.
  • Setelah itu klik “Saya bukan robot” atau recaptcha.
  • Pilih login.
  • Kemudian klik cek kartu digital.
  • Otomatis akan muncul nomor BPJS Ketenagakerjaan

Penutup

Demikian cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan secara mudah. Kamu bisa memilih sesuai dengan keinginanmu. Segera cek ya sesuai informasi diatas untuk menghindari berbagai masalah di kemudian hari.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.