5 Menu Sahur Sederhana dan Sehat

By | April 13, 2022
menu sahur sederhana

Sahur adalah salah satu kegiatan yang disunnahkan dalam bulan suci Ramadhan untuk menjalankan ibadah puasa. Meskipun demikian, masih banyak orang yang bingung dalam menentukan menu makan apa yang cocok untuk dikonsumsi saat sahur. Apakah kamu salah satunya? Jangan khawatir, kamu tidak perlu bingung lagi mengenai menu makan sahur. Berikut ini beberapa menu sahur sederhana dan sehat yang dapat kamu coba di rumah.

Menu Sahur Sederhana

1. Sayur Sup

Menu pertama yang dapat kamu coba adalah sayur sup. Sayur sup merupakan salah satu menu sahur sederhana yang sehat dan banyak disukai oleh banyak orang.

Menu sayur sup ini juga mudah sekali untuk dibuat dan tidak menghabiskan waktu yang lama. Tidak hanya itu, sayur sup ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menghasilkan energi di dalam tubuh.
Dengan mengonsumsi sayur sup di saat sahur, tentu akan membantumu dalam menahan lapar seharian. Selain sayuran, kamu juga bisa menambah bahan lain seperti ayam, daging sapi, dan sebagainya.

2. Kurma

Kurma juga termasuk dalam menu sahur yang sederhana, lho! Bahkan ketika sahur dan berbuka puasa, memakan kurma sangat disunnahkan.

Kurma ini mengandung kalium yang tinggi di mana menjadi elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh untuk Kesehatan jantung. Selain itu, kalium pada kurma juga akan membantu dalam membangun otot dan protein di dalam tubuh.
Kamu bisa menambahkan buah lain seperti alpukan sebagai penambah cita rasanya. Bahkan kedua kombinasi tersebut juga dapat membantu kamu dalam menahan rasa lapar dan dehidrasi ketika puasa.

3. Bubur Kacang Hijau

Tidak hanya bisa dimakan sebagai sarapan di pagi hari, resep bubur kacang hijau juga dapat menjadi menu sahur yang sederhana. Pasalnya, bubur kacang hijau ini merupakan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi.
Selain kaya akan serat, bubur kacang hijau juga mengandung vitamin dan mineral di mana dapat memberikan nurtisi tambahan bagi tubuh. Dengan demikian, kamu bisa bertahan deh puasa seharian penuh!

4. Sup Ikan Kakap

Selain sayur sup, bila kamu ingin memakan sup lain yang enak dan praktis salah satunya adalah sup ikan kakap. Meskipun terlihat sulit, akan tetapi ternyata menu yang satu ini sangat sederhana dalam membuatnya.

Cara pembuatannya cukup dengan mengkombinasikan ikan dengan berbagai rempah sup. Proses pembuatannya juga tidak lama sekitar 15 – 30 menit saja.

Selain sederhana, ikan kakap yang digunakan dalam sup juga mengandung banyak khasiat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan ikan kakap mengandung protein yang tinggi dengan kadar kalori yang rendah. Tidak hanya itu, terdapat pula lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Sayur Bayam

Menu sahur sederhana selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu sayur bayam. Sayur bayam ini dapat menenangkan perut terutama saat puasa.

Selain rasanya yang hangat, sayur bayam juga memiliki vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Cara pembuatannya juga sangat mudah yaitu dengan mengkombinasikan bayam dan berbagai rempah seperti bawang putih, bawang merah, dan banyak lagi

Kamu juga dapat menambahkan jagung mudah sebagai sumber karbohirat dan protein. Sehingga, kamu akan lebih kuat deh tahan puasanya!

Kesimpulan

Itu dia beberapa rekomendasi menu sahur yang sederhana dan sehat untuk dikonsumsi. Kandungan gizi yang ada di kuliner tersebut tentu akan membantu kamu dalam menahan lapar saat puasa.

Selain bisa menahan lapar, kesehatan tubuhmu selama puasa pun akan terjaga. Silakan dicoba, ya!

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.