Hal- hal yang Bisa Membatalkan Puasa

By | April 9, 2022
hal yang membatalkan puasa

Puasa adalah salah satu ibadah yang di lakukan untuk menahan nafsu, minum, dan juga makan dari fajar hingga matahari terbenam. Ibadah puasa ini tidak semudah yang Anda bayangkan , karena cukup banyak hal yang bisa membuat puasa Anda batal. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas beberapa hal yang membatalkan puasa, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Hal yang membatalkan puasa

• Makan dan Minum dengan Sengaja

Hal yang paling utama saat menjalankan puasa ini adalah dengan menahan makan serta minum. Jadi jika Anda makan atau minum secara sengaja sudah pasti puasa Anda ini batal, tapi jika Anda makan atau minum secara tidak sengaja hal tersebut tidak apa- apa, segera keluarkan saja makanan atau minuman sisa yang ada di mulut.

• Muntah

Saat kita berpuasa kita ini tidak diperbolehkan untuk memasukan atau mengeluarkan apapun dari dalam tubuh kita, maka dari itu jika kita muntah berarti puasa kita batal. Baik untuk muntah sengaja atau tidak sengaja.

• Merokok

Walaupun tidak makan atau minum, merokok ini bisa membuat puasa kita menjadi batal hal ini karena saat merokok kita ini memasukan sesuatu ke dalam tubuh, selain itu rokok juga punya rasa yang bisa dirasakan oleh lidah.

• Haid atau Nifas

Menjalankan ibadah puasa harus dilakukan dalam keadaan yang suci, maka dari itu bagi perempuan yang sedang tidak suci maka puasa mereka ini batal.

• Gila atau Hilang Akal

Bagi orang yang memiliki gangguan jiwa mereka ini tidak diwajibkan untuk menjalankan puasa, lalu jika kita sedang puasa dan tiba- tiba kehilangan akal maka puasa kita jadi batal.

• Bekam

Bekam ini merupakan salah satu metode pengobatan yang bisa mengeluarkan darah pada tubuh, darah yang di keluarkan ini adalah darah kotor. Saat puasa kita kan tidak diperbolehkan untuk mengeluarkan apapun maka dari itu bekam ini bisa juga membatalkan puasa.

• Suntikan

Pada saat disuntik maka aka nada cairan yang masuk kedalam tubuh kita, maka dari itu suntikan juga bisa membatalkan puasa karena cairan yang masuk ini bisa juga menghilangkan rasa haus serta lapar pada tubuh.

• Berhubungan Seksual

Melakukan hubungan seksual sudah pasti bisa membatalkan puasa, hal ini karena Anda tidak dapat menahan hawa nafsu Anda, saat Anda melakukan hubungan suami istri pada saat puasa Anda ini harus membayar denda dan mengganti puasa tersebut.

• Mengeluarkan Air Mani

Mengeluarkan air mani secara sengaja bisa membuat puasa Anda jadi batal, karena air mani ini biasanya keluar pada saat tubuh kita terangsang oleh sesuatu yang membuat hawa nafsu. Tapi jika saat puasa Anda mengalami mimpi basah maka puasa Anda tidak batal.

• Menelan Dahak

Jika seseorang telah mengeluarkan dahak ke rongga mulutnya kemudin dahak tersebut ditelan lagi secara sengaja maka hal tersebut bisa membuat puasa menjadi batal.

• Berenang

Pada saat puasa berenang memang tidak dilarang, tapi Anda ini harus bisa menjaga supaya air yang ada di kolam renang tidak tertelan oleh Anda. hal ini memag cukup sulit, maka dari itu sebainya hindari dulu untuk berenang.

• Murtad

Murtad juga bisa membuat puasa batal, murtad ini adalah ketika seorang muslim keluar dari agama islam.

• Mengobati Kemaluan atau Dubur

Jika Anda melakukan sebuah pengobatan untuk dubur atau kemaluan Anda, hal ini bisa membuat puasa Anda menjadi batal. Hal ini karena akan ada obat yang masuk ke dalam tubuh Anda dan hal itulah yang membatalkan puasa.

Kesimpulan

Dari hal yang membatalkan puasa diatas sebisa mungkin kita menghindari sehingga puasa secara sempurna. Apalagi jika menambah dengan amal ibadah lain yang bisa semakin memperberat amalan di bulan Ramadan.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.