Pahami Cara Cek Rekening Bank, Pantau Mutasi dengan Mudah

Di era serba modern seperti sekarang sebagian besar masyarakat sudah menggunakan rekening tabungan untuk melakukan berbagai transaksi. Namun, ada sebagian di antara mereka yang masih belum paham tentang mutasi dan cara cek rekening bank yang digunakan.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini akan menjelaskan apa itu mutasi dan bagaimana cara mendapatkan atau mengeceknya. Mutasi sendiri cukup penting terutama bagi kalangan pengusaha dalam mengontrol arus keluar masuknya uang.

Apa yang Dimaksud dengan Mutasi Rekening?

Sebagian dari pengguna rekening bank pasti ada yang belum paham betul dengan yang namanya mutasi. Tidak hanya itu banyak juga yang belum tahu cara cek rekening bank untuk melihat daftar transaksi rekeningnya. Mutasi sendiri merupakan suatu catatan riwayat transaksi pada sebuah rekening bank.

Di dalam daftar mutasi kamu bisa melihat aliran dana masuk dan dana yang keluar yang terjadi pada rekeningmu. Itulah mengapa banyak pelaku usaha perlu mengecek mutasi rekeningnya. Agar bisa melihat arus keluar masuknya dana pada keuangan usahanya.

Jika sebelumnya kamu belum pernah cek rekening bank, pasti akan sedikit kesulitan. Sebenarnya cara mengetahui daftar mutasi itu mudah dan ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Jadi tidak perlu bingung karena ada beberapa alternatif cara yang bisa kamu lakukan.

Cara Cek Rekening Bank untuk Melihat Daftar Mutasi

Secara umum ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengecek mutasi rekening. Salah satu dari kelima cara tersebut bisa kamu coba untuk melihat arus keluar masuknya uang di rekeningmu. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan daftar mutasi:

Cek di Mesin ATM

Kamu bisa cek rekening bank dan mendapat beberapa transaksi terakhir melalui mesin ATM. Namun, cara ini tidak bisa memberikanmu informasi mutasi yang lengkap. Jadi kurang tepat bagi orang-orang yang ingin melihat mutasinya secara detail.

Cek di Teller Bank

Untuk mendapatkan mutasi yang lengkap kamu bisa mencetak mutasi di buka tabungan melalui teller bank. Untuk melakukannya harus pergi ke bank dan mengantre memang agak merepotkan dan kurang praktis.

Cek di Internet Banking

Cek rekening bank juga bisa dilakukan melalui layanan internet banking, cara ini cukup mudah. Namun, terkadang ada beberapa bank tidak memberikan informasi mutasi secara lengkap karena hanya menampilkan transaksi pada periode waktu tertentu.

APLIKASI permatamobile X
                                                                 Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Cek di SMS Banking

Setiap bank pasti memiliki layanan SMS banking, melalui layanan tersebut kamu bisa melihat beberapa transaksi terakhir. Meskipun mudah dilakukan cara ini kurang tepat bagi kamu yang ingin melihat daftar mutasi secara lengkap.

Cek di Mobile Banking

Melalui layanan mobile banking kamu bisa melihat daftar mutasi dalam periode waktu tertentu dengan mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Jadi tidak perlu lagi mengantre dan pergi ke bank sehingga cek rekening bank pun bisa dilakukan secara praktis.

PermataMobile X Menawarkan Berbagai Fitur dan Kelebihan

Apa kamu belum menggunakan aplikasi mobile banking? PermataMobile X bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang berbagai aktivitas transaksimu. Berikut kelebihan yang dimiliki oleh PermataMobile X:

  • Cek Rekening Bank dengan Praktis

Cara cek semua akun rekening PermataBank menjadi praktis melalui satu aplikasi

  • Cek Mutasi Mudah

Anda bisa cek mutasi transaksi dengan mudah hingga 12 bulan terakhir di semua akun rekening

  • Tersedia Beragam Fitur

PermataMobile X memiliki ratusan fitur yang akan menunjang berbagai transaksimu.

Beragam Fitus Aplikasi Mobile Banking PermataMobile X

Tidak hanya memberikan kemudahan melakukan cek rekening bank aplikasi mobile banking PermataMobile X juga menyajikan berbagai fitur-fitur menarik yang di antaranya adalah:

  • Investasi

Beli dan jual Reksa Dana hingga switching investasi secara online melalui aplikasi.

  • Kartu Kredit

Pengajuan kenaikan limit sementara dan penambahan kartu kredit bisa dilakukan di aplikasi.

  • Pinjaman

Ajukan cicilan (SimplePay) dan dana tunai (Cash on Call) di aplikasi dengan proses yang cepat.

  • Finger Print

Login di aplikasi menjadi lebih praktis hanya dengan menggunakan fitur finger print.

  • Tabungan dan Giro

Cek rekening bank dan lihat mutasi di semua akun hingga 12 bulan, mulai dari akun tabungan, kartu kredit, obligasi, deposito, giro, reksa dana, KPR, dan KTA.

  • QR Pay

Terdapat sistem pembayaran dengan barcode melalui dompet digital yang akan mempercepat proses transaksi.

  • PermataStore

Beli berbagai produk perbankan dengan lebih mudah secara online tanpa perlu ke kantor cabang.
Face ID. Login di aplikasi menjadi lebih cepat dengan menggunakan face ID atau teknologi pengenalan wajah.

  • Transfer

Dengan menggunakan PermataMobile X transfer uang menjadi lebih cepat dalam hitungan detik menggunakan nomor handphone.

  • Digital Token

Kini tidak perlu lagi menerima SMS OTP karena PermataMobile X telah menggunakan digital token.

Cara Daftar Aplikasi PermataMobile X

Supaya kamu bisa cek rekening bank dan mengetahui daftar mutasi dengan mudah, sebaiknya beralihlah menggunakan PermataMobile X, berikut langkah-langkah pendaftarannya:

  1. Langkah pertama yaitu mengunduh aplikasi PermataMobile X di Google Play Store atau Apple App Store
  2. Buka aplikasi kemudian klik ‘Mulai’
  3. Klik “Ya” Jika sudah memiliki akun PermataBank pada pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”
  4. Klik “Tidak” jika belum memiliki akun PermataBank, selanjutnya kamu akan diarahkan membuat akun rekening baru di PermataStore
  5. Selanjutnya pilih “Tidak” saat muncul pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?”
  6. Kemudian pilih menggunakan kartu kredit atau nomor rekening untuk melanjutkan pendaftaran
  7. Langkah terakhir ikuti arahan seperti petunjuk yang tertera dj aplikasi hingga pendaftaran selesai dan user ID bisa digunakan

Bagaimana langkah-langkah di atas mudah dilakukan bukan? Dengan menggunakan PermataMobile X kamu bisa cek rekening bank dan melihat daftar mutasi hingga 12 bulan dengan mudah dan praktis. Jadi tunggu apalagi segera daftarkan diri kamu di aplikasi mobile banking PermataMobile X sekarang juga!

Satu pemikiran pada “Pahami Cara Cek Rekening Bank, Pantau Mutasi dengan Mudah”

  1. Setelah buat ATM memang M-banking ini sangat diperlukan untuk memudahkan dalam melakukan transaksi apalagi fiturnya banyak yang memudahkan. Apalagi mutasi ini walau sering bingung dan minta tolong orang lain, nyatanya juga sering dibutuhkan. Jadi, harus mulai belajar cek mutasi sendiri, nih.

    Balas

Tinggalkan komentar