Cara Mudah Jika Tidak Sanggup Bayar Cicilan Mobil

By | Januari 19, 2022
tidak sanggup bayar cicilan mobil

Memiliki cicilan mobil memang besar resikonya. Termasuk saat tidak sanggup bayar cicilan mobil harus siap berbagai konsekuensi yang akan diterima. Anda perlu segera melakukan 3 hal berikut bila tetap mempertahankan mobil yang diangsur.

Beberapa Pilihan Tepat Jika Tidak Bisa Bayar Cicilan Mobil

Memiliki mobil sistem kredit tentu ada untung ruginya. Dengan kredit memang Lebih ringan dan bisa memiliki mobil meski belum lunas pembayarannya. Namun, kalau kondisi keuangan tiba – tiba berubah sehingga tidak bisa membayar cicilan, bisa saja merelakan mobil beserta uang down payment bahkan termasuk cicilan yang sudah dibayarkan akan hilang begitu saja.

Penting sekali mengatur keuangan saat memutuskan kredit mobil. Salah satunya memprioritaskan membayar angsuran apalagi jika memiliki gaji kecil. Jika merasakan gejala tidak sanggup bayar cicilan mobil, lakukan hal berikut sehingga mobil tetap aman

a. Rekonstruksi Kredit

Salah satu yang bisa dilakukan untuk tetap mempertahankan mobil kredit adalah dengan meminta menurunkan bunga kredit. Selain itu juga bisa meminta angsuran lebih kecil dari sebelumnya sesuai ketentuan yang berlaku. Pilihan lain yaitu memperpanjang tenor yang awalnya jangka waktu 3 tahun bisa minta perpanjangan jadi 4 atau 5 tahun.

Cara lain rekonskruksi kredit adalah meminta penangguhan waktu pembayaran jika kira kira akan mendapatkan uang jumlah besar di waktu dekat. Untuk itu sebaiknya konsultasikan pilihan diatas kepada pihak leasing mana kiranya yang paling mudah bagi kreditor.

b. Refinancing

Setiap leasing memiliki ketentuan yang berbeda – beda mengenai kebijaksanaan refinancing. Pilihan ini bisa jadi solusi ketika tidak sanggup bayar cicilan mobil. Suku bunga yang dibebankan kepada kreditur bisa lebih tinggi dari sebelumnya. Namun sayangnya tidak semua leasing mau melakukan refinancing, terutama angsuran sudah tinggal sedikit.

Kalau ingin melakukan refinancing sebaiknya segera hubungi pihak leasing dan tanyakan langsung mengenai refinancing. Kreditur akan tetap dapat mempertahankan mobil angsuran dengan melakukan perubahan angka pinjaman yang sudah disepakati sebelumnya.
Proses refinancing maupun restrukturisasi penyetujuannya tergantung dengan kondisi finansial dan kemampuan kreditur untuk melunasinya.

2. Oper Kredit

Solusi lain tidak sanggup bayar cicilan mobil akan disesuaikan dengan kemampuan kreditor. Biasanya akan dicari tahu permasalahan keuangannya. Apakah masalaha keuangannya cukup berat sehingga sama sekali tidak bisa mengansur atau hanya tersandung masalah keuangan sesaat dan kemungkinan akan kembali normal.

Yang bisa dilakukan salah satunya dengan oper kredit adalah menjual mobil dan angsuran kreditur yang selanjutnya akan diteruskan oleh orang lain. Pilihan ini dapat terhindar dari catatan pinjaman buruk sehingga tidak tertera kalau pernah mengalami gagal angsuran dan penyitaan mobil.

Kerugian yang diderita pun tidak cukup banyak. Meskipun kehilangan mobil namun masih dapat kompensasi dengan sejumlah uang sesuai kesepakatan bersama. Bisa uang muka atau lainnya ssesuai kesepakatan. Untuk cara oper kredit bisa sepengetahuan leasing atau secara sembunyi- sembunyi.

3. Lelang Mobil

Saat memutuskan kredit mobil harus paham ketentuan pembayaran, denda serta akibat yang harus ditanggung kreditur jika terbukti gagal bayar. Jika pilihan diatas tidak bisa diambil maka melakukan pelelangan jadi jalan terakhir.
Untuk pelelangan sendiri oleh pihak leasing setelah melakukan cara diatas. Meskipun bisa dibilang cara ini tidak menguntungkan pemilik mobil karena ruginya sangat besar.

Cara Lelang Mobil Kredit Yang Gagal Bayar

Untuk melakukan lelang mobil ada beberapa tahap yaitu : pertama, pihak leasing akan melakukan penyitaan kendaraan. Kreditur bisa mengupayakan cara diatas jika ingin menebus kendaraan di leasing.

Jika upaya kreditur diatas gagal, maka pihak leasing melakukan lelang untuk mendapatkan untung dari pengeluaran yaitu memberikan kredit kendaraan. Lelang biasanya untuk semua kekurangan angsuran dan hitungan lainnya yang belum terbayarkan

Jika sudah tidak menemukan jalan lain untuk mempertahankan kendaraan kreditnya, lelang mobil jadi solusi terakhir meskipun tidak menguntungkan pemilik mobil. Kalau bisa, pilihan ini jangan sampai mengalaminya.

Penutup

Ulasan diatas bisa jadi jalan keluar menyiasati situasi sulit membayar cicilan mobil yang menjadi tanggungan. Yang terpenting harus bersikap tenang dan berpikiran jernih. Percayalah, akan ada solusi dari segala masalah. Kreditur bisa mempertahankan mobil yang dimilikinya beberapa cara yang sudah dibahas di atas.

Ada cara yang bisa membantu situasi saat tidak sanggup bayar cicilan mobil dengan menghubungi perusahaan finance. Pastikan perusahaan finance tersebut resmi dan sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jaminan keuangan) sehingga terpantau oleh pemerintah. Kreditur bisa berkonsultasi dengan pihak Finance dalam mencari solusi terbaik , tepat dan minim resiko. Segera hubungi perusahaan Finance untuk memberikan kemudahan berbagai kesulitan keuangan

 

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.