Cara Mengelola Keuangan Freelancer Sebagai Blogger

Tidak dipungkiri, tantangan di dunia kerja semakin berat. Persaingan antar rekan hingga tekanan dari atasan membuat banyak yang memilih keluar. Apalagi saat ini bekerja sebagai freelancer sedang digandrungi. Waktu yang fleksibel serta menjadi bos bagi diri sendiri membuat orang memilihnya. Namun disisi lain pendapatan freelancer yang tidak rutin jadi kendala tersendiri. Lebih- lebih tidak adanya jaminan kesehatan hingga tunjangan pensiun membuat cara mengelola keuangan freelancer sebagai blogger terutama menjadi hal vital .

Sayangnya masih ada yang beranggapan mengatur keuangan itu merepotkan dan sulit. Padahal jika sedini mungkin melakukannya akan lebih mudah dan membuat nyaman.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Sebagai freelancer berbeda dengan pegawai atau karyawan yang menerima gaji rutin setiap bulannya. Untuk itu freelancer harus pintar mengatur keuangan dengan cara sebagai berikut :

Siapkan dana darurat

Tidak adanya pendapatan yang tetap serta jaminan penghasilan di bulan depannya membuat perlu mengantisipasinya. Apalagi masa pandemi yang serba tak pasti seperti sekarang ini. Bisa saja klien telat membayar dari jadwal yang ditentukan. Pada saat seperti itu tidak akan bingung masalah keuangan karena memiliki dana darurat. Caranya tentu saja dengan menabung dari penghasilan yang diperoleh. Besarannya sendiri disarankan 4 hingga 6 kali penghasilan rata- rata tiap bulannya.

Pisahkan keuangan

Penyebab gagalnya freelancer mengatur keuangan salah satunya melanggar dari perencanaan yang dibuatnya. Penting sekali mentaati yang telah direncanakan termasuk pemisahan keuangan. Dimana terdapat keuangan pribadi yang digunakan untuk tujuan konsumtif serta keuangan bisnis yang berguna untuk pengembangan usaha dan upgrade skill juga untuk tabungan dan investasi.

Evaluasi dan Perbaiki

Secara berkala lakukan evaluasi terhadap keuangan. Maka akan banyak menemui penggunaan keuangan yang tidak sesuai pada post-nya serta kurang bermanfaat. Dari evaluasi tersebut bisa menyimpulkan manakan rencana keuangan yang tetap dijalankan dan mana yang harus diperbaiki.

Gunakan teknologi

Saat ini berkembang berbagai teknologi baik aplikasi hingga layanan keuangan yang mempermudah mengatur keuangan. Freelancer bisa memilih menggunakannya yang sesuai dengan dirinya. Tentunya akan lebih mudah dan praktis.

Aplikasi Catatan Keuangan Yang Tepat Untuk Freelancer

Yang namanya hape kini bukan sekedar alat komunikasi. Namun lebih dari itu bisa digunakan sebagai teman mengatur keuangan. Apalagi terdapat berbagai aplikasi dompet digital yang membantu manajemen keuangan salah satunya GoPay Jago.

Apa itu GoPay Jago

Bagi yang ingin mengatur keuangan, sekarang lebih mudah lho karena ada GoPay Jago. Jadi nih GoPay Jago adalah tabungan digital hasil kolaborasi antara Bank Jago dan Gojek. Di aplikasi ini kita bisa langsung menyambungkan Bank Jago dengan aplikasi Gojek sehingga dapat melakukan berbagai transaksi tanpa perlu top- up dan keluar aplikasi GoPay Jago.

gopay jago

Mengapa harus pakai GoPay Jago?

Tidak dipungkiri, hampir setiap hari kita melakukan berbagai transaksi secara digital. Adanya berbagai aplikasi seperti GoPay Jago sangat membantu. Selain untuk transaksi, GoPay Jago juga memiliki keunggulan antara lain :

Mengatur keuangan lebih mudah

Suka merasa kesulitan mengatur keuangan? Sekarang tidak perlu khawatir lagi. Di GoPay Jago terdapat pocket atau kantong yang bisa memisahkan uang berdasarkan kategori kebutuhan

Tanpa perlu top-up saldo GoPay

Bagi yang sudah menghubungkan GoPay dengan Bank Jago, tidak perlu top-up lagi secara manual. Karena Gojek sudah otomatis menjadi metode pembayaran.

Banyak promo menarik

Ada reward sebesar total Rp. 100.000 dan promosi bunga 7%p.a dengan melakukan satu kali transaksi

promo gopay jago

Tanpa Biaya Administrasi

Bagi yang suka mengeluhkan biaya administrasi, dengan GoPay Jago tidak akan menemui lagi. Karena  untuk biaya transfer atau top-up dari Jago tidak dikenakan biaya sama sekali. Terus nih juga tidak ada minimum saldo juga. Jadi di Gopay Jago ini tabungan bebas biaya admin

Penutup

Cara mengatur keuangan bagi freelancer bukanlah hal sulit lagi. Dengan bantuan aplikasi keuangan yaitu GoPay Jago berbagai kemudahan akan didapatkan. Proses pembuatan yang mudah membuat siapa saja bisa menggunakannya. Silahkan mencoba.

 

Tinggalkan komentar