Inilah Tanda Yang Harus Diketahui Orang Tua Saat Bayi Tumbuh Gigi

By | Desember 23, 2021
bayi tumbuh gigi

Membersamai buah hati tumbuh kembang jadi moment istimewa. Seolah tidak ingin ketinggalan setiap fase yang dialami sang anak, orang tua selalu ada di sampingnya. Termasuk saat bayi tumbuh gigi yang menjadikan saat menyenangkan sekaligus mendebarkan bagi orang tua.

Sebagai ibu, saya sangat bersyukur mendapatkan amanah untuk melahirkan buah hati untuk yang kedua kalinya. Meskipun bukan yang pertama, namun tetap deg- degan saat melahirkan, memberi nama bayi serta harus banyak belajar khususnya tentang asah dan asuh. Apalagi saat ini si bayi sudah 5 bulan. Itu artinya, dia sebentar lagi MPASI. Bukan itu saja, beberapa hari ini agak rewel. Dari tanda yang terlihat sepertinya ia akan tumbuh gigi.

Bicara fase tumbuh gigi pada bayi satu dengan lainnya tidak sama. Dari literatur yang saya baca, gigi muncul bayi pertama kali umumnya berada di rentang usia 6 hingga 9 bulan. Sedangkan gigi pada anak akan lengkap saat sudah berusia 3 tahun.

Yang dimaksud dengan pertumbuhan gigi pada bayi adalah saat gigi muncul dipermukaan gusi. Gusi akan menjadi keras dan mengalami peradangan. Dari peradangan tersebut bisa menyebabkan munculnya tanda gigi anak akan tumbuh. Gigi akan muncul berwana putih seperti susu. Itulah mengapa, gigi tersebut kemudian dinamakan sebagai gigi susu.

Tanda Bayi Tumbuh Gigi

Anak yang awalnya diam, namun tiba- tiba rewel tentu jadi tanda tanya besar bagi orang tua. Orang tua akan mencari penyebabnya dan mencari solusi sehingga bayi tenang kembali. Seperti saat akan muncul gigi untuk pertama kali biasanya bayi akan memberikan tanda sebagai berikut :

Bayi lebih banyak mengeluarkan air ludah

Tumbuhnya gigi dapat mempengaruhi produksi air liur. Biasanya air ludah akan membasahi baju yang dipakainya. Agar anak tetap nyaman, orang tua dapat sering mengelap dagu anak dengan tisu atau kain yang lembut. Atau jika perlu sering mengganti baju bayi yang basah.

Batuk atau mual muntah

Bingung karena anak tetiba batuk- batuk? Jangan panik dahulu bisa jadi bayi sedang tumbuh gigi. Air liur yang berlebih bisa juga menyebaban mual dan batuk pada bayi. Orang tua tidak perlu khawatir. Selama tanda batuk atau muntah tidak disertai dengan pilek dan flu, itu artinya aman- aman saja.

Rewel

Pada saat tumbuh gigi, anak mengalami perubahan pada dirinya. Rasa yang tidak nyaman membuat dia rewel. Terlebih jika disertai peradangan gusi atau demam, anak akan semakin rewel.

Suka memasukkan sesuatu ke mulutnya

Anak usia lima bulan sudah bisa memegang sesuatu. Saat akan tumbuh gigi, apa yang dipegangnya cenderung dimasukkan ke dalam mulut. Jadi, orang tua harus lebih waspada karena bisa saja yang dipegangnya akan tertelan.

Untuk demam sendiri sebenarnya hanya mitos saja saat bayi tumbuh gigi. Demam bukan karena penyebab tumbuh gigi, namun disebabkan adanya sakit lain seperti flu, pilek atau diare. Terlebih saat fase tumbuh gigi, anak cenederung suka memasukkan tangan atau benda lain ke mulutnya. Dari situ, tentu tidak tahu bisa saja membawa kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan anak demam.

Mengatasi bayi rewel saat tumbuh gigi

Tanda yang terlihat saat gigi tumbuh yaitu bayi menjadi rewel. Untuk mengurangi rewel pada bayi bisa melakukan hal sebagai berikut :

Mendinginkan mainan untuk digigit bayi.

Usia sekitar 5 bulan, bayi sudah pandai memegang bahkan cenderung memasukkan apapun ke mulutnya. Saat anak rewel karena tumbuh gigi orang tua dapat membantu meringankan sakitnya dengan mendinginkan mainan, kain atau apapun yang aman untuk digigitnya. Namun perlu diingat, jangan terlalu dingin ya karena bisa membuat gusi bayi iritasi. Dan pastikan juga barang yang digigitnya juga telah steril.

Memijat gusi bayi

Untuk meredakan sakit pada gusi bayi, orang tua dapat membantu dengan memijatnya. Caranya lapisi jari telunjuk dengan kain bersih. Selanjutnya pada gusi secara perlahan hingga anak tenang.

Beri obat pereda nyeri

Ada kalanya anak rewel sekali karena merasa kesakitan. Saat kondisi demikian apalagi sulit ditenangkan orang tua dapat memberikan obar pereda nyeri. Namun pemberiannya tidak boleh sembarangan ya tapi harus sesuai dengan resep dokter.

Penutup

Tumbuh gigi pada bayi menjadi salah satu moment yang dinanti baik bayi maupun orang tua. Agar bayi tumbuh gigi tidak rewel orang tua dapat membantunya dengan melakukan berbagai hal diatas. Semoga tips diatas bisa membantu ya..

 

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.