Inilah Ayat Alquran Tentang Jodoh

By | November 3, 2021
ayat alquran tentang jodoh

Berbicara seputar pasangan hidup atau jodoh merupakan hal yang cukup rumit bagi sebagian orang. Tentu saja, kita harus mencari jodoh yang cocok bagi kita baik dari segi sifat, karakteristik, fisik dan lainnya. Dalam agama Islam sendiri AllahSWT telah memberikan beberapa petunjuk seputar pencarian jodoh yang tepat dan bagaimana jodoh yang baik termasuk melalui ayat Alquran tentang jodoh.

Beberapa ayat yang membahas seputar jodoh

Tentunya beberapa ayat dalam Al-Quran memang membahas seputar jodoh, namun tetap saja kita harus berikhtiar untuk mendapatkannya. Maka dari itu kali ini kami akan memberikan informasi menarik seputar beberapa ayat yang membahas seputar jodoh. Penasaran seperti apa? simak sebagai berikut.

1.Meminta jodoh

Pada dasarnya jodoh telah diatur oleh Allah SWT, tetapi tentu ada usaha yang harus kita lakukan untuk mendapatkannya seperti berusaha dan berdoa. Nah dalam surat Al Furqan ayat 74 telah dijelaskan bagaimana meminta jodoh kepada Allah, simak berikut.

Wallażīna yaqụlụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa żurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqīna imāmā

Artinya : Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (Aal-Furqan: 74)

2.Saling mengenal

Jika berbicara soal perbedaan tentu manusia memiliki perbedaan seperti suku dan kebangsaannya. Tetapi pada dasarnya derajat manusia adalah setara dengan manusia lainnya dan yang membedakannya hanyalah ketakwaan. Allah SWT memerintahkan kita untuk saling mengenal satu sama lain, nah berikut ayat yang menjelaskan tentang hal tersebut.

Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja’alnākum syu’ụbaw wa qabā`ila lita’ārafụ, inna akramakum ‘indallāhi atqākum, innallāha ‘alīmun khabīr

Artinya : “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Al-Hujurat: 13)

3.Jodoh merupakan cerminan diri

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan kalimat yang satu ini yaitu jodoh merupakan cerminan diri. Jika kita baik maka kita akan mendapat jodoh yang baik pula, begitupun sebaliknya. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk menikah pastikan kita sudah membenahi diri agar jodoh kita juga melakukan hal yang sama. Nah berikut ayat yang menjelaskan tentang hal tersebut.

al-khobiisaatu lil-khobiisiina wal-khobiisuuna lil-khobiisaat, wath-thoyyibaatu lith-thoyyibiina wath-thoyyibuuna lith-thoyyibaat, ulaaa-ika mubarro-uuna mimmaa yaquuluun, lahum maghfirotuw wa rizqung kariim

artinya : “Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).” (QS. An-Nur 24: Ayat 26)

4.Jangan takut tidak mendapat jodoh

wa ming kulli syai`in khalaqnā zaujaini la’allakum tadzakkarụn

Artinya: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).” (QS. Az Zariyat: 49).

5.Jodoh sudah diatur

Wa min Aayaatihiii an khalaqa lakum min anfusikum azwaajal litaskunuuu ilaihaa wa ja’ala bainakum mawad datanw wa rahmah; inna fii zaalika la Aayaatil liqawminy yatafakkaruun

Artinya : Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.(Ar-Rum: 21).

Penutup

Nah itulah beberapa ayat yang membahas seputar jodoh, smeoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan agama kalian, terimakasih.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *