Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Beserta serta Keutamaannya

By | Oktober 3, 2021
doa sebelum dan sesudah belajar

Kebiasaan berdoa memang perlu Ibu tanamkan kepada anak sejak usia dini. Berdoa adalah kegiatan keagamaan untuk memohon kemudahan dan keberkahan dalam melakukan setiap aktivitas. Doa sebelum dan sesudah belajar adalah salah satu doa yang perlu diajarkan pada anak.

Hukum belajar atau menuntut ilmu itu wajib. Dimasa si kecil belajar, Ibu bisa membiasakan memulai dan mengakhiri sesuatu dengan membaca doa. Anak mudah meniru apa yang dilakukan oleh orang – orang lingkungan sekitarnya. Sehingga, tanpa disadari doa – doa yang ibu ucapkan akan ditiru dan diingat oleh anak.

Bunyi doa sebelum dan sesudah belajar

Dibawah ini ada rangkuman mengenai bunyi doa sebelum belajar  dan sesudahnya serta adab dan keutamaannya.

1. Doa Sebelum Belajar

Inilah doa sebelum belajar dalam bahasa latin dan artinya :

“Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin.”

Artinya :
“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizki akan kepahaman. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang – orang yang shaleh.”

2. Doa Sesudah Belajar

Inilah doa sesudah belajar dalam bahasa latin dan artinya :

“Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.”

Artinya :“Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkan-nya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.”

3. Adab Membaca Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar

Ketika anak sudah memanjatkan doa sehari- hari, alangkah baiknya turut disertai dengan adab yang perlu diperhatikan selama mencari ilmu. Berikut adab membaca doa sebelum dan sesudah belajar yang perlu diperhatikan :

• Niat Secara Ikhlas

Segala sesuatu yang diawali dengan niat secara ikhlas akan mendatangkan kebaikan dan kemudahan sehingga ilmu yang didapatkan akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

• Berdoa Sebelum Dan Sesudah Belajar

Panjatkan doa sebelum memulai belajar dan sesudahnya. Ibu bisa membimbing anak untuk mulai membiasakan diri membaca doa bukan hanya ketika belajar saja namun juga aktivitas lainnya. Anak juga harus terbiasa adab yang baik dalam kesehariannya.

• Bersungguh – Sungguh Mencari Ilmu

Saat mencari ilmu, sertakan keseriusan yang sungguh – sungguh agar memperoleh keberhasilan. Wujudkan keseriusan belajar dalam bentuk perilaku yang baik. Contohnya, rajin hadir didalam kelas belajar, rajin memperdalam ilmu, rajin membaca buku, dan rajin mengerjakan tugas – tugas tambahan.

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar

Terdapat manfaat yang bisa didapatkan anak ketika membaca doa sebelum dan sesudah belajar, diantaranya yaitu :

• Diberikan Kemudahan

Seringkali ketika mencari ilmu, ditemukan rintangan dan gangguan yang menghalangi keberlangsungan kegiatan belajar. Namun dengan memanjatkan doa sebelum dan sesudah belajar, maka dapat memberikan kemudahan dan kelancaran selama belajar seperti yang sudah dijanjikan Allah SWT kepada umat-Nya.

• Tujuan Yang Jelas

Janganlah ragu – ragu dalam menuntut ilmu. Mantapkan tujuan kita belajar dengan jelas untuk kedepannya. Dalam mencapai tujuan tersebut, tentunya ada doa dan usaha yang perlu dilakukan secara beriringan. Karena itu, Allah akan memberikan kenikmatan yang bisa dirasakan di dunia maupun di akhirat.

• Mendapatkan Amalan Baik

Segala doa baik yang dipanjatkan secara terus menerus akan menghasilkan imbalan, entah itu berupa pahala atas kerja kerasnya ataupun dikabulkan doanya. Amalan doa yang baik akan senantiasa mengiringi setiap langkah seseorang di dunia hingga akhirat kelak. Dan tugas orang tua selain mengarahkan juga tentunya mendoakan kebaikan untuk- anaknya

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *