Yuk Tingkatkan Kemampuan Public Speaking Dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

By | Oktober 11, 2021
aplikasi siap kerja

Public Speaking sekarang ini merupakan softskill yang harus dimiliki banyak orang. Bukan hanya untuk orang yang pekerjaannya berbicara di depan umum seperti MC, trainer atau guru. Kini skill tersebut juga dibutuhkan bagi pekerjaan yang tanpa harus berhadapan langsung dengan banyak orang, content creator misalnya. Itulah kenapa public speaking sekarang menjadi ilmu yang banyak dicari orang termasuk saya. Dan beberapa aplikasi siap kerja juga menyediakan materi tersebut sebagai pilihan dalam pembelajaran

Sekitar seminggu lalu, tiba- tiba teman satu komunitas japri saya. Teman tadi meminta saya menjadi host pada live instagram acara komunitas. Jujur saja, saya seketika bingung menjawabnya. Mau menolak namun tak sampai hati. Namun menerimanya pun ada rasa tidak percaya diri. Salah satu sebabnya karena kemampuan publik speaking yang terbatas membuat saya terbata- bata saat berbicara. Selain itu acara jadi kurang menarik jika kita sendiri tidak pandai membawakannya.

Kejadian seperti diatas bukanlah yang pertama saya alami. Sebagai blogger beberapa kali saya diminta sharing pengalaman baik secara online maupun offline. Sebenarnya sih senang saja bisa berbagi dan sebagai cara meningkatkan personal branding. Namun sebagai orang introvet, memang saya lebih mudah membahasakan lewat tulisan dari pada berbicara secara langsung. Itulah mengapa kejadian tersebut tidak mau terus terulang. Selain menambah kemampuan di bidang blogging saya juga ingin belajar tentang public speaking.

Mengapa Harus Belajar Public Speaking

Bagi yang jarang berbicara di depan umum, melakukannya tentu membuat badan tremor. Belum lagi semua ide yang disampaikan hilang begitu saja. Yang ada hanya bingung mau menyampaikan apa. Memang kemampuan public speaking tidak bisa serta merta dikuasai begitu saja. Selain jam terbang untuk sering melakukannya, tentu saja ada teknik khusus yang harus dipelajari sehingga bisa menguasai teknik saat berbicara.

Tujuan lain selain meningkatkan kemampuan dalam berbicara, belajar public speaking juga membuat mudah meyampaikan ide serta gagasan, memotivasi bahkan mempengaruhi orang lain. Jadi, tahukan betapa pentingnya belajar upskilling dan reskilling public speaking.

Manfaat Public Speaking

Kemampuan berbicara di depan umum memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan sehari- hari. Baik dalam dunia profesional maupun pergaulan. Berikut ini manfaat public speaking, antara lain :

  • Lebih percaya diri dalam berhaul dengan orang lain
  • Modal dalam pekerjaan
  • Dapat memimpin dengan baik
  • Menjadi orang yang supel
  • Dapat menyampaikan ide yang dimiliki dengan lancar
  • Meningkatkan pengetahuan

Tujuan Belajar Public Speaking

Menyadari betapa pentingnya public speaking terutama sebagai cara meningkatkan personal branding membuat banyak orang tertarik untuk belajar, termasuk saya. Banyak pelatihan offline dan kursus online gratis membuka kesempatan belajar public speaking.

Sebagai ibu yang memiliki bayi full ASI, tidak mungkin saya meninggalkannya untuk belajar. Saya harus mencari cara belajar efektif yang sesuai dengan kondisi. Beruntungnya sekarang tidak harus belajar dapat ke tempat kursus maupun seminar. Dengan menggunakan gawai yang dimiliki, bisa belajar berbagai ilmu yang diinginkan, termasuk public speaking

Belajar Public Speaking di Aplikasi Belajar Online QuBisa

Sebenarnya public speaking seperti sesorang berbicara dengan yang lainnya. Namun agar pembicaraan tersebut bisa diterima dan mudah dipahami oleh banyak orang, ada teknik tertentu yang tidak semua orang tahu.

Kebetulan saya sedang ngobrol dengan teman di grup WA membahas hal yang sama. Teman saya mengatakan sedang mengikuti kursus online gratis di sebuah aplikasi. Dari penuturannya menarik dan mudah saat mengikutinya, sehingga akupun tertarik dan diberi tahu kalo aplikasi belajar online tersebut bernama QuBisa.

aplikasi belajar online

Penasaran dong sebenarnya seperti apa sih aplikasi siap kerja QuBisa ini. Ternyata QuBisa adalah platform kursus online gratis maupun berbayar dengan berbagai bidang yang bisa dipakai semua kalangan. Di platform ini terdapat kelas upskilling dan reskilling juga terdapat webinar dengan berbagai tema.

Bagi yang ingin belajar gak ribet bisa kok di QuBisa. Inilah yang membedakan platform ini dengan yang lainnya karena ada sistem poinnya. Setiap mengikuti kelas akan mendapatkan poin dan selanjutnya poin tersebut bisa ditukar dengan kelas online gratis.

Pengalaman Belajar Public Speaking di QuBisa

Sesuai dengan misinya “menyediakan akses pendidikan yang mudah dan berkualitas untuk semua orang” QuBisa menyediakan berbagai kelas salah satunya Public speaking.

Kebetulan saya mengambil kelas dengan materi “Tips Sukses Menjadi Pembicara Handal” dengan mentor Bapak Abdul Latief yang merupakan seorang praktisi asal Jakarta. Dalam video pembelajaran yang menjadi cara belajar efektif beliau secara lugas menyampaikan materinya sehingga mudah dipahami.

belajar gak ribet

Dari Materi public speaking tersebut saya mendapatkan tips bagaimana mengatasi grogi saat berbicara didepan umum, antara lain :

  1. Persiapan dari mulai penguasaan materi hingga kemungkinan pertanyaan yang muncul hingga jawabannya
  2. Latihan juga sangat penting sebelum tampil
  3. Berpikir positif
  4. Penggunaan filler word yang bisa membuat tidak nyaman saat berbicara

Masih banyak materi yang disampaikan Pak Latief yang tentunya dapat meningkatkan kemampuan public speaking. Bagi kalian yang ingin belajar di QuBisa bisa download di Play Store maupun App Store.

Ikutan Yuk Blog Competition QuBisa

Bagi yang menyukai menulis dan memiliki blog, pas banget nih aplikasi siap kerja QuBisa sedang mengadakan lomba blog. Yuk sharing pengalaman belajar gak ribet di QuBisa dan dapatkan hadiahnya. Hadiahnya tidak main- main lho total Rp.10 juta rupiah. Mau banget kan? Udah dapat ilmu yang bermanfaat, eh berkesempatan menang jutaan rupiah.

Silahkan simak pada flyer berikut ya

kursus online gratis

Penutup

Dunia kerja apapaun akan terus berkembang dengan cepat. Begitupun kemampuan pekerjanya harus terus upskilling dan reskilling. Jika enggan berubah dan berubah bukan tidak mungkin dengan mudah akan tertinggal jaman. Dan salah satu belajar bisa melalui aplikasi belajar online QuBisa

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

6 thoughts on “Yuk Tingkatkan Kemampuan Public Speaking Dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

  1. Nursini rais

    Setiap orang lahir dengan jedre masing2. Ada yang terampil menulis, kurang bisa bicara panjang lebar dan sebalilknya. Selamat siang, Mbak.

    Reply
  2. Farida Pane

    Penulis pun butuh belajar public speaking, ya. Selain berpengaruh bagi tulisan, juga kadang akan diminta menjadi pembicara atau host.

    Reply
  3. Okti

    Saya banget nih kalau berada di depan banyak orang udah langsung gemetaran saja. Perlu pemantapan hati juga nih untuk bisa ikut kelas publik speaking di QuBisa. Perlahan mencoba lebih pede untuk bisa tampil lebih baik

    Reply
  4. Hani

    Aku juga ikut nih Public Speaking, walaupun profesiku mengajar. Jadi belajar lagi, hal-hal baru. Siapa tahu ngajarnya atau menjelaskannya kebanyak filler words. Duuuh…malezzz. kan…

    Reply
  5. Aisyah Dian

    Setuju banget kak saat ini Kita dapat meningkatkan Kemampuan Public Speaking Dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa ya kak. Sehingga Kita dapat terus mengupgrade diri kita sendiri

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *