Mengenal Jasa Konsultan Pajak, Peran dan Cara Memilihnya

By | September 24, 2021
mengenal apa itu konsultan pajak

Penggunaan jasa konsultan pajak saat ini memang dianggap sangat penting bagi masyarakat. Benar saja, bagi seseorng atau badan usaha yang tidak memiliki pemahaman perpajakan yang kompleks tentunya akan kesulitan untuk melaksanakan kewajiban pajak.

Mengingat kewajiban pajak sudah seharusnya ditaati sebagai warga negara yang baik. Pelaksanaan kewajiban pajak membutuhkan pemahaman prosedur pembayaran pajak yang cukup.

Mulai dari pelaporan SPT, sampai dengan penghitungan pajak, wajib pajak seharusnya membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang perpajakan.

Karena itu, pada artikel ini akan kami sampaikan penjelasan singkat tentang jasa konsultan pajak, mulai dari peran dan juga cara memilih jasa konsultan pajak yang tepat.

Jasa konsultan pajak secara intinya dapat diartikan sebagai orang atau badan yang telah memiliki ijin oleh peraturan perundang-undangan untuk memberikan jasa konsultasi perpajakan secara profesional kepada wajib pajak.

Artinya, jasa konsultan pajak bertanggungjawab kepada pelaksanaan kewajiban pajak seseorang yang menggunakan jasa konsultan pajak itu sendiri.

Jasa konsultan pajak berdiri sebagai solusi bagi wajib pajak yang merasa kesulitan dalam melakukan pembayaran pajak.

Inilah gambaran umum tentang jasa konsultan pajak yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Dan jika Anda berada di wilayah Suarabaya yang membutuhkan layanan konsultan pajak, Trust Tax Consultant adalah Jasa konsultan pajak Surabaya yang tepat untuk Anda gunakan.

Jasa konsultan pajak yang sudah memiliki pengalaman kerja bertahun-tahun dalam menangani masalah perpajakan di Surabaya.

Peran Jasa Konsultan Pajak

Jasa konsultan pajak memiliki peran yang sangat penting dalam sistem perpajakan di Indonesia. Bahkan, menurut beberapa penelitian, akan sangat sulit ketika melaksanakan kewajiban pajak tanpa menggunakan jasa konsultan pajak.

Inilah beberpa manfaat dan peran penting jasa konsultan pajak yang dapat Anda pahami, antara lain:

1. Dapat Menghemat Waktu

Saat ini memang Dirjen pajak sudah memberikan akses dan pelayanan online yang secara umum dapat mempermudah wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban pajak, namun tidak jarang wajib pajak yang bisa melakukannya sendiri.

Adanya aplikasi dan sistem online pembayaran pajak membutuhkan penguasaan yang baik. Karena itu, adanya jasa konsultan pajak dapat menghemat waktu.

Wajib pajak hanya perlu berkonsultasi tentang perpajakan yang perlu dituntaskan, dengan ini wajib pajak akan lebih mudah dalam melaksanakan pekerjaan yang sedang dijalani tanpa terganggu dengan urusan perpajakan.

2. Menyelesaikan Permasalahan Perpajakan hingga Tuntas

Konsultan pajak memiliki peran penting dan begitu besar saat wajib pajak membutuhkan layanan perpajakan. Dalam kondisi tertentu, wajib pajak akan dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan yang sulit dan diluar batas kemampuan.

Pada kondisi inilah peran jasa konsultan pajak akan membantu wajib pajak. Konsultan pajak yang secara pengalaman lebih berpengalaman dalam menangani masalah perpajakan tentu akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah perpajakan.

Situasi keuangan, perhitungan pajak, pendapatan, ataupun pengeluaran, konsultan pajak akan lebih bisa diandalkan dalam kondisi ini.

3. Mempermudah Administrasi Perpajakan

Semua wajib pajak saat pelaksanaan kewajiban pajak tentunya harus mempersiapkan berbagai formulir atau administrasi perpajakan.

Dalam hal ini, terkadang wajib pajak tidak memiliki waktu yang cukup luang ataupun tidak terlalu memahami jenis formulir apa yang dibutuhkan.

Ditambah lagi dengan ketidaktahuan tentang pemahaman perpajakan akan membuat wajib pajak merasa kebingungan sendiri.

Pada posisi inilah peran jasa konsultan pajak sangat dibutuhkan. Dengan kemampuan yang mumpuni dan memiliki kualitas pelayanan yang terbaik, mereka akan membantu wajib pajak dalam menangani masalah administrasi perpajakan wajib pajak.

4. Mencukupi Kebutuhan Wajib Pajak

Tugas dan peran jasa konsultan pajak memang sangat bervariasi sesuai dengan layanan yang dipilih oleh wajib pajak. Seperti halnya dalam penanganan masalah dibawah ini :

  • Mengumpulkan, mengatur, dan menyiapkan dokumen perpajakan.
  • Mengevaluasi keadaan keuangan klien dan hukum klien untuk menentukan kewajiban pajak.
  • Membantu klien dengan masalah pajak.
  • Mengisi formulir dan jadwal pajak yang rumit yang tidak diketahui oleh kebanyakan wajib pajak.
  • Mengurus hal yang terkait dengan kepatuhan pajak klien.
  • Merencanakan pajak agar keuntungan klien dapat dioptimalkan.
  • Menyelesaikan hal lain sesuai kebutuhan klien

Dalam hal ini jika ada permasalahan yang dirasa menyulitkan wajib pajak, wajib pajak bisa menanyakan pada jasa konsultan pajak yang digunakan.

Cara Memilih Jasa Konsultan Pajak yang Tepat

Bagaimana cara memilih jasa konsultan pajak yang tepat untuk digunakan? Pada proses pemilihan jasa konsultan pajak yang tepat, Anda bisa meminta rekomendasi dari beberpa kolega atau kerabat ataupun orang terdekat Anda yang sebelumnya sudah menggunakan jasa konsultan pajak.

Cari informasi sebanyak mungkin tentang jasa konsultan pajak itu, mulai dari pelayanan yang diberikan sampai dengan biaya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kewajiban pajak.

Anda perlu memastikan jika jasa konsultan pajak yang akan digunakan itu benar-benar memiliki pengalaman yang cukup dan memahami sistem perpajakan yang tepat sehinggat tidak merugikan wajib pajak.

Misalnya saja jika Anda ingin mengurus pajak penghasilan pribadi atau badan usaha, yang perlu Anda lakukan adalah mencari jasa konsultan pajak yang berpengalaman.

Pastikan tidak ada kecacatan pada jasa mereka, tanyakan juga tentang afiliasi profesional, sertifikasi, latar belakang pendidikan, dan juga lisensi tentang jasa konsultan pajak yang didirikan.

Untuk menggunakan jasa konsultan pajak bukan berarti harus memiliki perusahan besar, namun konsultan pajak ini untuk bisa juga untuk perseorangan atau pribadi.

Hal ini tentu bukan untuk menghabiskan anggaran, justru akan menghemat anggaran biaya secara keseluruhan.
Jika Anda berminat untuk menggunakan jasa konsultan pajak yang profesional di Surabaya, Trust Tax Consultant adalah solusi bagi masalah perpajakan Anda.

Trust Tax Consultant akan menyesuaikan dengan kebutuhan wajib pajak, misalnya untuk konsultasi perpajakan, perencanaan, administrasi, kepatuhan pajak, laporan SPT, dan sengketa pajak jika ada.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *