Asyiknya Membacakan Buku Pada Bayi Untuk Bonding Time

By | September 12, 2021
membacakan buku pada bayi

Salah satu harapan terbesarku terhadap anak-anakku yaitu mereka bisa mencintai buku. Untuk itu saat masih bayi aku sudah mengenalkan buku. Salah satu caranya dengan rutin membacakan buku setiap hari. Meskipun secara sekilas pada bayi belum merespon saat dibacakan buku, tapi aku percaya banyak manfaat yang akan didapatkannya. Yuk, baca perjalananku membacakan buku pada bayi termasuk untuk anak-anakku selengkapnya.

Tidak dipungkiri, hadirnya anak kedua dalam keluarga kecilku membawa banyak perubahan. Termasuk dalam jadwal kegiatan harian menjelang tidur. Sudah sejak lama saya membiasakan si kakak untuk membaca buku sebelum tidur. Dan si kakak yang berusia 6 tahun pun sudah mulai bisa membaca buku secara sederhana sudah terbiasa melakukannya.

Saat sang adik hadir, mau tidak mau si kakak harus menyesuaikan kegiatan membacanya. Kini kami bertiga juga kadang bersama sang ayah membaca bersama- sama. Membaca menjadi cara keluarga kami untuk berkumpul dan meningkatkan bonding.

Manfaat Membacakan Buku pada Bayi

Berdasarkan rekomendasi American Academy of Pediatrics tentang pentingnya membaca buku sejak lahir, anak yang dibacakan buku sejak bayi memiliki kosakata lebih banyak serta memiliki ketrampilan matematika lebih maju.

Rekomendasi serta fakta tersebut menjadi motivasiku untuk terus membacakan buku pada bayi kami yang kedua ini. Pada dasarnya meskipun bayi belum bisa mengungkap secara verbal apa yang disukainya saat membaca buku, namun dia akan menunjukkan secara non verbal. Dan orang tua bisa mengamatinya dan semakin memahami apa yang diinginkan oleh sang bayi.
Manfaat lain membacakan buku bagi bayi antara lain :

1. Mengajari bayi berkomunikasi

Saat membaca buku, banyak kosa kata yang disampaikan sang mama kepada bayi. Dari situ bayi akan belajar cara berkomunikasi termasuk mendapatkan banyak kosa kata baru sebagai bekal untuk berkomunikasi

2. Mengenalkan emosi

Saat membaca buku akan ada berbagai cerita yang bervariasi. Kadang senang, sedih dan lainnya. Dari situ bayi akan belajar mengenal berbagai macam emosi.

3. Mengenalkan visual

Buku yang digunakan untuk membacakan buku untuk bayi tentu berbeda dengan buku orang dewasa. Buku bayi lebih berwarna dan banyak gambar di dalamnya. Bahkan ada buku yang berbentuk bantal sehingga nyaman untuk dipakai bayi. Dari buku tersebut bayi akan mengenal banyak bentuk dan gambar sehingga memperkaya visualnya

4. Menstimulasi perkembangan otak

Para ahli mengatakan saat mama membacakan buku untuk bayi, kemampuannya untuk fokus dan imajinasinya akan berkembang. Tentu hal itu baik untuk perkembangan otak bayi.

5. Bonding time dengan orang tua

Saat membacakan buku, koneksi antara mama dengan sang bayi akan terjalin. Ikatan emosi keduanya akan semakin dekat.

Tips Membacakan Buku pada Bayi

Saat bayi sedang dibacakan buku tentu berbeda reaksinya dengan anak- anak. Bayi akan tertarik untuk memegang buku atau bahkan memasukkan ke dalam mulut. Untuk itulah ada beberapa tips untuk mama saat membacakan buku untuk bayi antara lain :

• Memilih posisi paling nyaman

Mama bisa membacakan buku kepada bayi sambil menggendong sang bayi. Pilih posisi ternyaman sehingga bayipun tenang saat membaca buku

• Sesuaikan durasi membaca dengan kondisi bayi

Ada kalanya bayi sedang tidak mood untuk membaca buku. Jika demikian jangan memaksa untuk membaca buku hingga selesai. Sudahi membaca ketika bayi sudah rewel.

• Memilih buku yang sesuai untuk bayi

Untuk bayi, buku yang sesuai lebih banyak gambar dan tidak mudah sobek. Biasanya bayi akan tertarik ikut membalikkan halaman atau bahkan memasukkannya ke dalam mulut. Dan salah satu buku yang masuk kriteria tersebut dan sedang saya bacakan kepada anakku yaitu buku Dunia Bunbun

Asyiknya Membaca Buku Cerita Dunia Bunbun

Buku cerita Dunia Bunbun ini tidak hanya aku bacakan pada si dedek bayi, tapi si kakak juga tertarik untuk membacanya. Tidak heran sih jika buku ini selalu jadi pilihan saat membaca buku bersama. Buku yang memiliki 2 seri ini yaitu bermain dengan aman dan seri kebiasaan baik ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain :

  • Gambar menarik dan tidak membosankan
  • Ceritanya ringan dan penuh nilai
  • Bonus stiker lucu yang bisa digunakan untuk kreativitas anak

Oh ya mam, Buku Cerita Anak Dunia Bunbun ini merupakan karya Watiek Ideo. Buku yang memiliki gambar menarik dan cerita yang ringan untuk dibacakan kepada Si Kecil sebagai pengisi bonding time. Buku ini bisa didapatkan secara gratis dengan menjadi 100 pembeli pertama Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit.

Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit

Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit merupakan produk-produk pilihan yang aman untuk bayi. Mama bisa merawat bayi dengan Irish Bella’s Baby Essential Kit sekaligus menjadi kegiatan bonding time antara Mama dan Bayi.
Irish Bella’s Baby Essential Kit berisi :

  1. 1 pcs Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash
  2. sebuah pcs Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil
  3. 1 pcs Mama’s Choice Baby Rash Cream

Produk perawatan bayi yang lengkap dan mampu melindungi si kecil dari kuman, ruam dan kolik ini juga memiliki keunggulan, antara lain :

  1. Bahan alami sehingga aman untuk kulit bayi
  2. Merupakan produk halal sehingga tenang menggunakannya
  3. Harga yang terjangkau
  4. Tidak mengandung parfum sehingga aman untuk kulit sensitif bayi
  5. Kemasan yang praktis sehingga mudah dibawa kemana saja

Okey Mam, gimana Mam tertarikkan untuk mendapatkan buku cerita anak Dunia Bunbun sekaligus Irish Bella Baby Essenstial Kit? Yuk, segera dapatkan Mama’s Choice Irish Bella Baby Essential Kit lebih hemat di sini! Agar kita dapat sama- sama membacakan buku pada bayi. Jangan sampai kehabisan ya..

 

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *