Family Time dengan Bermain Game Online Edukasi Anak

By | September 12, 2021
game online edukasi anak

Game bisa menjadi sarana family time bersama keluarga yang menyenangkan. Termasuk dengan bermain game online edukasi anak dengan didampingi orang tua. Yang terpenting anak harus mendapat pendampingan dan adanya pembatasan waktu bermainnya setiap hari. Termasuk saya yang sering bermain games bersama anakku. Untuk cerita lengkapnya dibawah ini ya

Sejak kelahiran anak ke dua, kebersamaan saya dengan anak Wan anak pertama saya sedikit berkurang. Saya menyadari harus berbagi waktu dengan mereka berdua. Belum lagi pekerjaan rumah yang tidak ada habisnya dan posisi saya sebagai pekerja freelance yang tanpa asisten rumah tangga tentu membuat banyak waktu tersisa.

Meskipun begitu, saya berkomitmen bonding time dengan anak pertama saya. Salah satunya dengan meluangkan waktu berdua dengan melakukan hal yang menyenangkan. Misalkan saja saat sang adik sedang tidur kami lebih leluasa berdua. Salah satunya dengan bermain game

Banyak orang tua yang beranggapan mengijinkan anak main game bukanlah hal baik. Pernyataan tersebut tidak selamanya benar. Bagaimanapun anak harus hidup di jamannya, salah satunya dengan mengenal teknologi. Yang terpenting dalam pengenalan teknologi dan saat bermain games orang tua dapat mendampinginya sehingga anak tahu batasan.

Manfaat bermain games bagi anak

Kekhawatiran orang tua saat anak bermain games yaitu menjadi kecanduan dan bodoh. Padahal jika sesuai porsinya, bermain game pada anak memiliki sisi positif antara lain :

1. Melatih otak anak

Saat bermain games, anak dihadapkan pada masalah untuk diselesaikan. Untuk bisa menyelesaikanya anak harus berkonsentrasi, menggunakan logikanya, membuat strategi hingga berlatih mengambil resiko. Dari situ anak teratih untuk melakukan problem solving

2. Melatih mental

Dalam permainan, tidak selamanya mengalami kemenangan secara terus- menerus. Ada kalanya harus mengalami kekalahan. Dari situ anak dilatih siap mental serta berlatih untuk berjuang dan mengatur strategi agar bisa bertahan. Anak juga dilatih untuk tidak cemas serta tenang saat menghadapi masalah.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Saat anak mampu menyelesaikan permainan, maka bisa meningkatkan rasa percaya dirinya.

4. Menambah wawasan

Dalam bermain games anak akan menemukan hal baru. Bisa tentang benda luar angkasa, jenis kendaraan atau lainnya tergantung dari jenis gamesnya. Yang pasti pengetahuan tersebut tidak harus didapatkan dari buku.

5. Anak menjadi kreatif

Saat bermain games, otak anak mendi terasah. Anak akan berusaha mencari jalan keluar terhadap masalah dalam games tersebut.

6. Sarana edukasi yang menyenangkan

Games bisa sarana edukasi orang tua untuk mengenalkan teknologi pada anak. Dari teknologi tersebut anak dapat bermain games yang memuat materi pelajaran yang tentunya sesuai tingkat usianya. Anak jadi lebih paham dan tidak bosan belajar.

Saat bermain games dengan anak, orang tua harus cerdas memilihkan games yang sesuai. Setelah tanya teman dan browsing, akhirnya saya memilih untuk bermain di plays.org

Mengapa bermain games di plays.org

Sejak kecil saya suka bermain games. Dari permainan tradisional hingga akhirnya bermain di laptop. Namun meskipun begitu, saya termasuk yang tidak suka download games. Alasannya sederhana, selain bisa menghabiskan memori smartphone juga membuat ketagihan untuk bermain terus menerus. Untuk itulah, saat tahu ada platform game online yang langsung bisa main tanpa mendownload, langsung deh main disana.

Asyiknya lagi di plays.org games yang tersedia banyak sekali. Bahkan setiap minggu akan ada games baru yang bisa dimainkan. Dari sekian banyak games disana aku dan anakku paling suka bermain games berikut ini :

Tetra Block

Games ini bisa dibilang mengingatkanku pada masa kecil saat bermain gamebot. Di plays.org tentu lebih menarik dari karena terdapat warna yang menarik. Untuk caranya sendiri cukup mudah. Atur potongan blok sehingga membuat garis kemudian akan memdapatkan poin.

tetra block

Bagi anak- anak manfaat game online edukasi anak tetra block tetris ini antara lain :

  1. Mengatur strategi. Agar bisa membuat garis dengan blok dari berbagai bentuk, anak harus mengatur strategi. Anak harus memindahkan blok ke sisi kiri atau kanan sehingga garis cepat penuh dan mendapatkan poin.
  2. Mengenal aneka bentuk blok
    Dalam permainan tetris ini ada beberapa bentuk blok yang berbeda. Anak bisa mengenal berbagai bentuk melalui permainan.
  3. Melatih konsentrasi
    Untuk bermain games, tentu butuh konsentrasi untuk menyelesaikannya. Bermain tetris ini anak akan belajar konsentrasi
  4. Menyenangkan
    Games ini sangat mudah dan bisa dimainkan siapa saja. Jadi anak akan senang memainkannya karena mudah.

Depend The Sewer

Bagi yang suka bermain zuma, bisa mencoba game depend the sewer. Untuk cara bermainnya hampir sama, namun untuk permainan ini lebih mudah. Caranya yaitu : Menembakkan balon pada rantai sehingga membentuk warna yang sama 3 secara berurutan sehingga tidak sampai masuk ke lubang.

defend the sewer

Manfaat permainan defend the sewer untuk anak :

  1. Mengenal warna
    Anak dapat belajar warna melalui permainan ini. Dimana dengan balon yang memiliki 3 warna akan mendapatkan poin.
  2. Mengatur strategi
    Agar balon tidak sampai masuk ke lubang, yang menandakan kalah anak harus mengatur strategi. Termasuk dimana harus menembakkan balon di warna yang tepat.
  3. Fokus
    Untuk bisa menembakkan balon di warna yang tepat, anak harus bisa fokus pada permainan. Permainan ini cocok melatih daya konsentrasi anak

Game Online Edukasi Anak Parade Pranks

Bagi yang suka main permainan ular, bisa juga memainkan di plays.org . Asyik itu di sini ada, ularnya bernentuk naga yang harus dikendalikan untuk bisa makan keju. Ada 20 level yang tiap levelnya tentu berbeda tingkat kesulitannya.

Manfaat bagi game online edukasi anak

Game parade prank ini memiliki manfaat bagi anak yang memainkannya antara lain:

  1. Mengatur strategi
    Anak harus mengendalikan ular agar bisa makan keju sebanyak mungkin. Yang perlu diperhatikan jangan sampai ular menabrak dinding pembatas sehingga menyebabkan permainan akan kalah.
  2. Konsentrasi
    Agar bisa memenangkan tiap levelnya perlu konsentrasi untuk menyelesaikannya. Jadi anak akan berlatih lebih fokus

Penutup

Tidak selamanya bermain game menggunakan gatged itu negatif. Game online edukasi anak contohnya yang memiliki banyak manfaatnya. Yang terpenting orang tua mendampinginya saat anak bermain game.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *