Tenang Hadapi GERD dengan Aplikasi SehatQ

By | September 13, 2021
aplikasi sehatq

Tenang Hadapi GERD dengan Aplikasi SehatQ – Apakah Anda pernah merasakan sesak nafas tiba- tiba padahal tidak memiliki riwayat asma? Jika pernah, bisa jadi karena GERD. Anda harus tenang dalam menghadapinya. Segeralah konsultasi ke dokter agar anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Beberapa bulan lalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Mau tidak mau setiap hari saya harus lembur untuk menyelesaikannya. Selain tidur menjadi tidak teratur, makanpun sering lupa. Akibatnya saya merasakan perut sakit. Awalnya saya mengira hanya gejala maag. Namun semakin hari bukannya membaik, bahkan muncul panas pada ulu hati hingga sesak nafas.

Dari gejala tersebut, saya pun mencari tahu sebenarnya sakit apa. Dari gejala yang dialami dan pemeriksaan, dokterpun menyimpulkan kalau saya terkena GERD.

Apa Saja Gejala GERD ?

Sebelum mengetahui gejala dari penyakit ini, maka kita perlu tahu apa sebenarnya penyakit ini. Penyakit asam lambung yang dalam istilah kedokteran disebut GERD ini merupakan kependekan dari Gastrieshophageal reflux disease adalah keadaan saat cairan di lambung naik ke kerongkongan sehingga dapat memicu peradangan dan menyebabkan iritasi lapisan dalam kerongkongan.

GERD adalah keadaan saat cairan di lambung naik ke kerongkongan sehingga dapat memicu peradangan dan menyebabkan iritasi lapisan dalam kerongkongan.

Pada umumnya gejala utama GERD adalah nyeri pada ulu hati secara terus menerus. Sebagian orang mengalami gejala yang berbeda satu dengan lainnya. Ada merasakan rasa sakit di dada, rasa sesak di pagi hari atau kesulitan saat menelan makanan.

Penyakit asam lambung juga menyebabkan batuk kering dan bau nafas yang tidak sedap. Jika Anda mengalami gejala -gejala sebagaimana yang di paparkan di atas, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter terdekat.

Perbedaan antara Maag dan GERD

Banyak yang menyangka bahwa sakit asam lambung sama dengan maag. Padahal keduanya merupakan penyakit yang berbeda sehingga penanganannya pun berbeda. Penjelasan perbedaan di bawah ini akan bisa membantu Anda.

Sakit maag merupakan penyakit yang berada pada pencernaaan dan disebabkan oleh bakteri atau makanan. Maag tidak menyebar ke daerah tubuh lain. Adapun ciri-ciri maag adalah sebagai berikut :

  • sering bersendawa
  • mual hingga muntah
  • kotoran berwarna gelap.
  • biasanya menderita anemia.
  • susah tidur (insomnia )
  • nyeri pada perut /ulu hati.

Sedangkan jika Anda menderita GERD gejalanya sebagai berikut :

  • sering begah dan sendawa
  • mual hingga sampai muntah
  • nyeri di sekitar dada
  • sering sesak nafas
  • kerongkongan terasa
  • ada rasa asam di mulut.

Siapa Saja Penderita GERD

GERD merupakan penyakit yang cukup umum dan bisa dialami oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Ada beberapa orang lebih rentan terkena GERD diantaranya : orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas), mengalami gangguan jaringan ikat, wanita yang sedang hamil, perokok aktif dan sering minum minuman beralkohol.

Pengobatan GERD

Tentu jika anda menginginkan kesembuhan, ada beberapa kiat yang harus dilakukan untuk lepas dari penyakit asam lambung. Salah satunya yaitu mengkonsumsi obat. Jika obat tidak memberikan hasil, dokter biasanya akan menyarankan prosedur tertentu pada lambung agar bisa sedikit meringankan sakitnya.

Cari Tahu Tentang GERD Melalui Aplikasi SehatQ

Saat kondisi tubuh sedang tidak baik- baik saja, yang harus dilakukan pertama kali yaitu tenang. Selanjutnya bisa mencari tahu dari gejala yang ada pada GERD misalnya. Saat ini untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan sangat mudah. Dengan menggunakan hape bisa mengakses berbagai aplikasi layanan kesehatan termasuk SehatQ

Aplikasi sehatQ menyediakan informasi seputar kesehatan, rumah sakit, obat- obatan hingga konsultasi dengan dokter. Kita bisa konsultasi secara online baik dengan dokter umum maupun dokter spesialis. Jadi, ingin cari tahu informasi tentang gerd bisa langsung download aplikasi SehatQ melalui Playstore maupun Applestore secara gratis.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *