Teman Kreasi Bojonegoro Berdayakan UMKM Lokal Go Nasional

By | Agustus 26, 2021
teman kreasi bojonegoro

Teman Kreasi Bojonegoro – Akhir- akhir ini tentu tidak asing lagi dengan istilah UMKM. Dari webinar hingga pelatihan banyak dikhususkan untuk pelaku UMKM. UMKM yang merupakan kepanjangan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ini kini menjadi perhatian pemerintah untuk dikembangkan ditengah ketidakpastian akibat pandemi. Terlebih jumlah UMKM lebih dari 64 juta mampu menyerap banyak tenaga kerja serta memperluas lapangan kerja. Sehingga tidak mengherankan jika pemerintah menyebut UMKM sebagai pilar penting dalam perekonomian nasional.

Peran strategis UMKM itulah membuat pemerintah memberikan prioritas bagi UMKM. Termasuk dalam bentuk stimulus anggaran yang diwujudkan dalam 6 stimulus yaitu subsidi bunga UMKM, bantuan produktif usaha mikro, subsidi imbal jasa penjaminan, penempatan dana pada bank umum, insentif pajak dan restrukturisasi pajak.

Dukungan pemerintah yang besar terhadap UMKM nyatanya tidak berjalan mulus di lapangan. Pelaku UMKM banyak yang belum melek teknologi sehingga masih menjalankan usaha secara konvensional. Apalagi di saat pandemi, pembatasan mobilitas membuat UMKM cukup terdampak baik dari segi produktivitas maupun penghasilan.

Di Bojonegoro misalnya, salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki pertumbuhan UMKM lokal cukup pesat. Di tahun 2018 saja jumlah UMKM di Bojonegoro sudah mencapai puluhan ribu. Angka tersebut diprediksi akan terus merangkak naik. Terlebih sejak pandemi datang di negeri ini banyak perusahaan besar yang terpaksa merumahkan karyawannya.

Potensi besar UMKM khususnya yang ada di Kabupaten Bojonegoro tersebut membuat salah satu inkubasi dari Smartfren Community Bojonegoro yaitu Teman Kreasi Bojonegoro berinisiatif membuat workshop bisnis untuk UMKM.

Teman Kreasi Bojonegoro Kenalkan Produk Lokal Go Nasional

Produk lokal seringkali susah dipasarkan ke luar daerah. Padahal dari segi kualitas dan kreativitas tidak kalah dengan produk lainnya. Melalui Teman Kreasi Bojonegoro produk lokal seperti ledre, pakan jangkrik hingga batik khas Bojonegoro dikenalkan ke pelosok nusantara. Dengan optimalisasi media sosial berupa facebook, instgram dan tiktok produk tersebut mampu menembus pasar nasional. Jaringan Smartfren Community yang tersebar di seluruh Indonesia semakin Buka Peluang produk lokal Bojonegoro tersebut di kenal secara luas.

Selain dari segi pemasaran produk, Teman Kreasi Bojonegoro juga membekali UMKM dengan berbagai coaching business dan workshop. Salah satu Workshop yang telah berjalan yaitu tentang aspek legal UMKM yang disampaikan langsung oleh ahlinya. Event yang diadakan secara hybrid ini yaitu online dan offline dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sejarah Teman Kreasi Indonesia

Saat ini Smartfren Community yang telah berdiri lebih 6 tahun dan tersebar di 102 kota di Indonesia. Banyak kegiatan yang telah dilakukan dari mulai visit ke berbagai universitas dan sekolah, mengadakan pelatihan baik online maupun offline hingga edukasi digital serta pengembangan sosiopreneur.

Dalam pengembangan sosiopreneur dan industri kreatif, Smartfren Community telah memiliki wadah yaitu Teman Kreasi Indonesia yang secara resmi diluncurkan pada bulan Maret tahun 2021. Besar harapan nantinya Teman Kreasi Indonesia mampu mengembangkan semangat kokreasi serta semakin buka peluang.

Khususnya untuk generasi muda di berbagai daerah dalam berkarya.
Saat ini sudah ada 32 Teman Kreasi Indonesia (TKI) yang tersebar di seluruh nusantara. Setiap TKI tersebut memiliki produk unggulan sendiri- sendiri dari mulai kuliner khas daerah, produk lokal, event organiser hingga pelatihan digital marketing.

Dukungan Smartfren juga terus dilakukan untuk Teman Kreasi Indonesia. Salah satunya dengan memberikan koneksi internet 4G LTE Advance gratis untuk menjalankan kegiatan wirausaha berbasis online.

Teman Kreasi Indonesia Raih Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Dampak sosial berkelanjutan dengan adanya gerakan Teman Kreasi Indonesia benar- benar dirasakan oleh masyarakat luas. Teman Kreasi tidak hanya mengejar profit usaha saja, tetapi memberi kemanfaatan lingkungan sekitar. Teman kreasi yang bersifat bottom-up, dimana ide usaha dan kreativitas berasal dari masyarakaat sebagai pelaku lebih berkelanjutan dari pada bersifat top-down.

Tidak mengherankan jika gerakan Teman Kreasi yang memberikan vibes positif ini, Smartfren mendapat ganjaran penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Penghargaan ini kali kedua didapatkan Smartfren, setelah tahun sebelumnya mendapatkan penghargaan atas prestasinya mengembangkan Smartfren Community.

IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia sendiri merupakan ajang penghargaan bergengsi untuk memberikan apresiasi pada berbagai pihak atau perusahaan. Penilaian penghargaan didasarkan atas berbagai aspek antara lain: inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan kepada masyarakat luas.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *