6 Jenis – Jenis Keputihan pada Wanita

By | Agustus 6, 2021
Jenis Keputihan pada wanita

Jenis Keputihan pada Wanita – Keputihan memang identik dengan wanita, terlebih lagi jika wanita itu sedang dalam masa kehamilan. Beberapa kehamilan di awal minggu pertama memang menjadikan daerah kewanitaan mengeluarkan cairan ini. Dan masalah ini di alami hampir oleh semua wanita yang tengah hamil.

Adapun yang perlu di waspadai adalah jenis – jenis dari keputihan yang di alami oleh ibu hamil. Sebab keputihan saat hamil memerlukan penanganan cepat agar ibu bisa segera merasa nyaman dengan kondisi yang tengah di hadapinya saat ini.

Jenis Keputihan pada Wanita Hamil

Berikut ini penjelasan mengenai jenis – jenis keputihan saat hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Bening

Keputihan yang memiliki warna bening termasuk kedalam jenis keputihan yang aman. Dimana cairan bening yang keluar memiliki fungsi sebagai pembersih sehingga kesehatan dari vagina menjadi terjaga.

Biasanya keputihan ini keluar saat awal kehamilan sedangkan untuk wanita yang tidak hamil maka keputihan bewarna bening ini akan keluar menjelang beberapa hari sebelum datang bulan. Adapun selama jumlahnya terkontrol dan tidak menyebabkan gatal maka masih tergolong aman.

Anda hanya perlu memperhatikan kebersihan vagina saja dan tetap menjaga kebersihan lainnya seperti tangan dan celana yang sedang di pakai.

2. Putih kental

Keputihan yang memiliki warna putih dan bentuk cairannya kental kemudian seperti menggumpal maka ini bisa di katakan dalam kategori keputihan yang disebabkan oleh jamur.

Jika keputihan ini disertai dengan aroma yang tidak enak ditambah lagi dengan rasa gatal yang ditimbulkan maka Anda perlu untuk segera ke dokter mengobatinya. Jangan biarkan ini berlarut – larut yang nanti akan semakin memperparah keputihan yang Anda alami karena kesehatan pada masa hamil perlu dijaga.

3. Kehijauan

Selain dari dua jenis keputihan di atas juga terdapat jenis keputihan yang memiliki warna kehijauan. Adapun jenis keputihan ini adalah keputihan yang telah mengalami infeksi trikomoniasis.

Trikomoniasis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis. Termasuk salah satu jenis keputihan yang berbahaya karena dapat menular melalui hubungan seks yang tidak menggunakan pelindung.

Jenis keputihan ini juga termasuk kedalam penyakit menular seks. Agar penyakit ini tidak berlarut – larut ada baiknya segera di obati agar mendapatkan penanganan yang serius.

4. Abu -abu

Jenis keputihan saat hamil berikutnya adalah keputihan yang memiliki warna abu – abu. Keputihan berwarna abu – abu terjadi karena adanya ketidakseimbangan bakteri vagina.

Efek lain yang ditimbulkan dari bakteri ini adalah rasa nyeri saat buang air kecil dan juga gata – gatal pada daerah sekitar vagina. Jika mengalami kondisi keputihan seperti ini ada baiknya segera ke dokter untuk diberikan penanganan yang tepat sehingga keputihan ini bisa segera dapat di atasi.

5. Coklat

Terdapat juga keputihan dengan warna lainnya antara lain keputihan yang memiliki warna coklat. Jeni keputihan saat hamil ini bisa disebabkan karena berbagai faktor.

Diantaranya faktor sebagai berikut yaitu tanda ovulasi, tanda keguguran atau perimenopause. Jika mengalami tanda ini segera juga obati ke dokter yang tepat untuk mengatasinya.

6. Merah mudah

Jenis keputihan merah muda bisa jadi keputihan di awal datang bulan, sehingga keputihan bercampur dengan sedikit darah pada vagina. Ini tergolong aman karena memandakan Anda tengah mendekati masa datang bulan.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai jenis jenis keputihan saat hamil maupun sedang tidak hamil namun pada umumnya pernah di alami oleh sebagian wanita.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *