Tips Tetap Produktif #DiRumahAja Selama PPKM

By | Juli 31, 2021
tips produktif dirumahaja

Tips Produktif Dirumahaja – Hamil di masa pandemi memiliki tantangan tersendiri. Tidak hanya menjaga tubuh sang ibu serta janin yang ada di kandungannya tetap sehat. Namun bagaimana bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang banyak berubah. Apalagi sejak diberlakukan PPKM Darurat yang mengharuskan ada pembatasan kegiatan di segala bidang. Namun bukan berarti, pembatasan mobilitas tersebut membuat bumil khususnya rebahan saja di rumah. Banyak hal produktif yang bisa dilakukan termasuk pengalaman saya selama kurang lebih sebulan ini.

Seiring dengan meningkatnya kasus covid 19, awal Juli pemerintah menerapkan PPKM Darurat. Berbeda dengan PPKM sebelumnya, kali ini pembatasan yang dilakukan tidak main- main. Bahkan ada sanksi bagi yang melanggarnya.

Sebagai warga negara yang taat pada hukum tentu harus mematuhi peraturan tersebut. Bagaimanapun aturan tersebut dibuat demi kebaikan bersama. Termasuk juga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan melakukan vaksin untuk membantu agar segera tercipta herd immunity.

Untuk itu selama pandemi dan juga PPKM ini saya lebih memilih untuk #DiRumahAja. Terus apa tidak jenuh dan bosan di rumah saja? Pastinya ada sih, apalagi saya termasuk orang yang suka jalan- jalan dan kulineran di luar.

Untuk mengusir kebosanan tentu harus punya cara jitu untuk mengatasinya. Memanfaatkan jaringan internet misalnya baik sebagai hiburan, informasi dan komunikasi dengan teman dan keluarga. Terlebih menggunakan Smartfren yang saat ini memiliki paket Gokil Max yang bisa akses internet dengan maksimal.

produktif bersama smartfren

Terus wajib hukumnya untuk download aplikasi MySmartfren untuk mendapatkan banyak benefit. Termasuk dengan mengikuti program #RejekiWow Periode 2 yang hadiahnya tidak kalah dengan sebelumnya.

Kegiatan Produktif #DiRumahAja Selama PPKM

Memiliki internet lancar bisa membuat hidup semakin produktif di rumah. Inilah beberapa hal produktif yang saya lakukan selama PPKM ini :

• Menulis blog

Bagi yang mengaku sebagai blogger seperti saya, wajib hukumnya untuk rutin update tulisan di blog. Selama di rumah aja saya memanfaatkannya untuk menabung draft tulisan. Sehingga bisa rutin posting tulisan dan bisaNamun dengan cara tersebut, meski di rumah saja bisa memperbaiki performa blog saya.

• Membuat konten di media sosial

Memiliki media sosial tapi membiarkannya menjadi sarang laba- laba? Saya salah satunya. Selama di rumah saja pada PPKM darurat ini akhirnya mengurusi juga media sosial sehingga menghasilkan beberapa konten. Bahkan beberapa konten merupakan kerja sama dengan sebuah brand dan menjadi salah satu ladang penghasil cuan.

• Ikut webinar/ kelas online

Bekerja di dunia digital dituntut untuk selalu upgrade diri. Termasuk belajar berbagai ilmu baru serta mengetahui perkembangan terkini dari dunia digital. Selain membaca buku, menambah pengetahuan bisa dengan ikut webinar serta kelas online. Salah satu kelas online yang menarik dengan tema berbeda yaitu kelas online Smartfren Community. Untuk ikutan pun cukup mudah, tinggal pantengin live di Instagram Smartfren Community setiap hari.

• Jadi Pemateri Webinar

Saat dihubungi teman untuk menjadi pemateri dalam webinar tentang literasi digital, awalnya saya ragu untuk menerimanya. Siapalah saya yang masih miskin ilmu, pengalaman serta jam terbang. Namun atas dorongannya untuk meyakinkan bahwa saya bisa, maka saya pun menerimanya. Dan Alhamdulillah saya bisa berbagi tentang pengalaman berbagai peluang pekerjaan di dunia digital.

Tips Tetap Produktif #DiRumahAja

Terus bagaimana tips agar tetap produktif selama di rumah saja? Tidak dipungkiri sebagai ibu hamil, ibu rumah tangga dan pekerja digital untuk produktif sering terdistruct dengan pekerjaan domestik. Untuk itu, agar tetap konsisten produktif, ada beberaoa tips antara lain :

1. Tentukan waktu khusus

Untuk tetap produktif, harus konsisten terhadap jadwal yang dibuat. Misalkan untuk tetap bisa menulis blog setiap hari, harus ada waktu khusus. Bagi ibu rumah tangga yang paling aman dan biasanya dilakukan yaitu ketika anak- anak tidur.

2. Komunikasikan dengan keluarga

Untuk bisa tetap produktif, penting mengkomunikasikan jauh hari dengan suami tentang kegiatan saya. Sehingga saat dibutuhkan untuk berbagi peran dalam rumah tangga, suami siap membantunya. Bahkan selama ini suami menjadi support system kegiatan saya di dunia digital

3. Pilih prioritas

Bisa dibilang pekerjaan di rumah itu tiada habisnya. Dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi, jika dituruti masih ada saja pekerjaan rumah tangga. Di lain sisi tentu tidak bisa mengerjakan semua. Apalagi ibu rumah tangga sekaligus pekerja part time seperti saya. Di saat tertentu, saya harus menentukan skala prioritas pekerjaan. Pilih pekerjaan yang memang harus dikerjakan sendiri, dan delegasikan yang memang bisa di bagi ke orang lain.

Jadi, #DiRumahAja bukan jadi alasan untuk menghabiskan waktu dengan rebahan saja. Banyak hal bermanfaat dan produktif yang bisa dilakukan. Bahkan bisa menambah penghasilan melalui dunia digital. Apalagi dengan dukungan internet lancar dan full speed dari Smartfren

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *