Kominfo Bersama Smartfren Sukses Uji Coba 5G Tahap 2

By | Juni 30, 2021
5G Smartfren

Kominfo Bersama Smartfren Sukses Uji Coba 5G Tahap 2 – Kesuksesan Kominfo Bersama Smartfren melaksanakan uji coba jaringan 5G menjadi harapan besar untuk bisa menikmati layanan internet lebih cepat. Tidak hanya itu saja, teknologi 5G memiliki kapasitas lebih banyak membuat terwujudnya kota pintar bukan sekedar impian saja.

Perkembangan teknologi telekomunikasi khususnya bisa dibilang begitu cepat. Saya ingat, sekitar sepuluh tahun yang lalu internet termasuk barang yang mahal. Waktu kuliah dulu untuk internet harus ke warnet dengan membayar per-jam. Itupun kadang harus antri dengan pengunjung lainnya.

Dengan berjalannya waktu, membeli modem jadi solusi untuk berinternet di tempat kos. Namun bukan berarti internet kemudian lancar. Karena dalam waktu- waktu tertentu harus berhadapan dengan internet lelet. Biasanya untuk mengatasinya saya lebih memilih bangun malam sekedar lancar berinternetan untuk mengerjakan tugas kuliah.

Berbeda sekali dengan sekarang internet dengan mudah didapatkan di mana-mana. Bahkan banyak yang menyediakan free wifi untuk di akses siapa saja. Apalagi perangkat yang kita miliki juga sudah mendukung kelancaran berinternet.

Sekarang ini sebagai pengguna 4G LTE, saya merasakan mudah mengakses berbagai kebutuhan dalam berinternet. Dari mulai streamingan, download hingga upload file berukuran besar sekalipun. Ternyata ketakjuban saya sebagai generasi old internet ditambah lagi dengan hadirnya 5G yang telah diuji coba oleh Smartfren yang bekerja sama dengan Kominfo.

Tentu semakin penasarankan apa sih keunggulan dari 5G ini dibanding 4G yang menurut saya sudah cukup cepat itu?

Keunggulan Jaringan 5G

Berbeda dengan jaringan 4G, jaringan 5G memiliki keunggulan lainnya antara lain :

1. Jeda waktu pengiriman lebih rendah

Setiap jaringan internet berupaya mempersingkat jeda waktu penghantaran data dari pengirim ke penerima atau yang disebut dengan latensi. Semakin rendah latensi maka semakin cepat data sampai kepada penerima. Jaringan 5G ini memiliki latensi yang lebih rendah dari jaringan 4G sehingga pesan lebih cepat sampai pada penerima. Jaringan 5G dengan latensi yang rendah sangat bermanfaat bagi para gamer untuk akses aplikasi virtual reality dan augmented reality

2. Koneksi internet lebih cepat

Teknologi 5G ini memiliki kecepatan 100x dibandingkan dengan sinyal 4G. Tentu saja teknologi ini membuat akses internet lebih cepat bahkan hingga 10Gbps

3. Transmisi lebih baik dari 4G

Jaringan 5G memiliki transmisi yang meningkat cukup baik dibandingkan generasi sebelumnya yaitu 4G. Sehingga untuk mengakses file, data bahkan video bisa secara langsung tanpa perlu loading

4. Bisa menghubungkan perangkat lebih banyak

Teknologi 5G ini dapat menghubungkan perangkat dalam jumlah besar. Perangkat tersebut memiliki akses instan ke internet sehingga bisa real time bertukar informasi.

5. Kapasitas internet lebih banyak

Jaringan 5G memiliki kapasitas 1000x lebih banyak dari 4G. Dengan kapasitas yang lebih banyak akan memperlancar dalam berkomunikasi baik untuk sekolah, pabrik bahkan untuk mewujudkan kota pintar sekalipun.

Smartfren sukses uji coba tahap 2 5G bersama Kominfo

Tanggal 17 Juni 2021, Kominfo bersama Smartfren sukses melakukan uji coba jaringan 5G tahap 2 ini. Berbeda pada tahap 1 yang diperuntukkan untuk industri, pada tahap 2 menyasar penerapan 5G lebih luas lagi. Terutama pada beberapa perangkat, antara lain Modem WiFi (MiFi), pemutaran video 360, VR Game dan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

uji coba 5G Smartfren

Bertempat di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta Pusat pelaksanaan uji coba tahap 2 ini sukses dilaksanakan. Dalam uji coba tersebut berhasil memperlihatkan kecepatan jaringan 5G ini hingga lebih dari 1,8 Gbps di berbagai perangkat. Tentunya keberhasilan tersebut nantinya dapat diterapkan dan memberikan kemanfaatan yang lebih besar bagi masyarakat.

Pada uji coba tahap 2 ini turut hadir serta memberikan dukungan yaitu Warren Huang selaku Chief Marketing Officer, ZTE Indonesia dan juga Shannedy Ong selaku Managing Director Qualcomm Indonesia.

Dalam uji coba jaringan 5G ini Smartfren telah menyiapkan skenario sesuai dengan keamanan, kecepatan serta kebutuhan pelanggan yaitu infrastruktur end-to-end. Smartfren meletakkan pondasi 5G di seluruh negeri sebagai bukti telah siap dengan skenario 5G termasuk koneksi data berkecepatan tinggi, , perjalanan virtual, pendidikan cerdik melalui VR, pemantauan jarak jauh dan lainnya.

Sebagai pekerja digital, tentunya besar harapan dari saya pribadi jaringan 5G ini segera resmi diluncurkan. Tentunya jaringan 5G akan mempermudah serta mempercepat dalam bekerja, berkomunikasi. Juga semakin Open Possibilities bagi pengguna setia Smartfren khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *