QRIS : Sistem Pembayaran Digital dari Bank Indonesia yang Mudah

By | Mei 6, 2021
QRIS Bank Indonesia

Ada yang bilang, lebih baik dompet tertinggal daripada handphone tidak terbawa saat bepergian. Saya sih sepakat. Bagaimanapun, fungsi handphone sekarang ini bukan lagi sekadar alat komunikasi, tetapi lebih dari itu. Handphone dengan berbagai aplikasi dompet digitalnya sudah mengantikan dompet sekaligus uang untuk berbagai transaksi pembayaran.

Sebagai pekerja digital, saya tidak bisa lepas menggunakan dompet digital. Dari mulai fee yang tidak hanya ditransfer lewat rekening bank, tetapi juga melalui dompet digital. Dompet digital juga dapat digunakan membeli berbagai kebutuhan dengan cara pemakaian yang relatif mudah.

Saya sendiri memiliki beberapa aplikasi dompet digital yang aktif saya isi. Ada beberapa keuntungan memiliki dompet digital yang berbeda. Saya tinggal menyesuaikan dompet digital sesuai kebutuhan karena setiap dompet digital tentu memiliki ketentuan penggunaan yang berbeda.

Namun, sebagai wanita yang suka promo dan belanja, kemudahan yang diberikan dompet digital terkadang membuat gelap mata. Saat ngintip di marketplace dengan aneka promo langsung check out tanpa berpikir panjang. Akibatnya tahu dong, saldo yang ada di dompet digital selalu saja minus. Bahkan saat benar-benar membutuhkan untuk transaksi yang penting malah saldo kosong.

Kalau sudah demikian yang ada hanya penyesalan karena tidak menahan diri dari berbagai promo.
Selain itu, minimnya memori yang ada di handphone sering jadi kendala saat saya mengakses dompet digital. Aplikasi dompet digital yang rata-rata memiliki memori cukup besar itu harus menyita ruangan aplikasi lain.

Padahal, saya memiliki beberapa aplikasi dompet digital yang tentu saja lebih banyak memakan memori handphone. Akhirnya, bagai buah simalakama. Mau menghapus aplikasi dompet digital juga bagaimana karena saya membutuhkannya. Di sisi lain jika dibiarkan juga mengganggu kinerja handphone saya.

Mengenal QRIS

Dengan berbagai keluhan serta pengalaman selama menggunakan dompet digital seperti di atas, saya mencari solusi terbaik bagaimana segala transaksi mudah dilakukan, tetapi tidak membuat handphone menjadi lemot.

Apa itu QRIS?

Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) adalah sebuah standardisasi pembayaran menggunakan metode QR Code yang dikembangkan Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sehingga transaksi lebih mudah, aman, dan cepat.

Metode transaksi keuangan yang sudah diresmikan sejak 20 Januari 2020 ini cukup memudahkan siapa saja penggunanya. Bagaimana tidak, cukup satu QR Code sudah bisa diterima di berbagai merchant. Jadi, tidak perlu banyak dompet digital yang bisa memenuhi aplikasi handphone.

QRIS ini memiliki prinsip UNGGUL yang merupakan penjabaran dari:

  • Universal: Penggunaan QRIS tidak terbatas hanya di dalam negeri, tetapi bisa juga di luar. Begitupun semua lapisan masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas QIRS ini sehingga memudahkan siapa saja.
  • Gampang: Repot nggak sih jika setiap transaksi harus menggunakan beda aplikasi? Pastinya iya. Dengan menggunakan QIRS ini cukup satu aplikasi dalam satu genggaman untuk semua kebutuhan. Jadi, gampang kan.
  • Untung: Menggunakan QRIS tidak perlu banyak QR code. Bagi saya yang pelupa memiliki beberapa dompet digital dengan password berbeda cukup merepotkan. Tapi dengan adanya QRIS yang hanya 1 kode saja untuk semua aplikasi sangat memudahkan
  • Langsung: Bagi yang ingin segalanya cepat, tepat sekali menggunakan QRIS. Setiap transaksi akan langsung diproses seketika.

QRIS Jadi Favorit Pembayaran Digital Kaum Milenial

Tidak mengherankan jika QRIS ini menjadi favorit kaum milenial, termasuk saya. Kemudahan dalam bertransaksi, cepat dan bukan aplikasi membuat QRIS langsung mendapatkan tempat di hati kaum milenial.

Beberapa alasan QRIS jadi favorit antara lain :

Tanpa kontak fisik

Kehadiran QRIS bertepatan dengan anjuran pemerintah untuk social distancing dan menjaga protokol kesehatan. QRIS dapat digunakan tanpa perlu kontak fisik saat bertransaksi. Selain aman dari kemungkinan uang yang bisa membawa virus juga tanpa adanya kontak fisik membuat QRIS itu tepat digunakan saat pandemi seperti sekarang ini.

Lebih mudah mengatur pengeluaran

Adanya satu kode QR yang yang dimiliki membuat lebih mudah mengontrol keuangan. Jadi, ke depannya bisa jadi bahan evaluasi jika ada pengeluaran yang berlebih.

Terintegrasi dengan M-banking dan dompet digital

Zaman sekarang, M-Banking maupun dompet digital sudah tidak asing di setiap handphone. Saya tidak perlu menginstal aplikasi baru untuk menggunakan QRIS, tetapi fitur QRIS sudah tersedia otomatis. Jadi bagi yang miskin memori handphone-nya seperti punya saja tidak akan memberatkannya.

Cara menggunakannya mudah

Untuk menggunakannya cukup mudah dan siapa pun pasti bisa. Cukup buka aplikasi pembayaran yang akan digunakan, scan QRIS dan cek nama merchant-nya selanjutnya isi nominal dan bayar. Transaksi pun selesai.

Kesimpulan dan Penutup

QRIS hadir menjawab kebutuhan sistem pembayaran yang aman, mudah, dan cepat. Cara penggunaannya yang mudah dan terintegrasi dengan sistem pembayaran lainnya membuat QRIS banyak menjadi pilihan khususnya generasi milenial. Saya sudah menggunakannya, bagamana dengan Anda?

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *