Persiapan Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan

By | Mei 8, 2021
persiapan agar asi lancar

Menjadi seorang ibu tentu berharap yang terbaik untuk buah hatinya. Termasuk dengan memberikan ASI eksklusive sebagai makanan terbaik bagi bayi. Untuk bisa memberikan ASI eksklusive perlu persiapan terutama dari si ibu. Salah satunya yaitu mengkonsumsi makanan bergizi serta mampu memperlancar ASI.

Saya beruntung sekali, saat kelahiran anak pertama ASI lancar begitu si bayi lahir. Jadi, tanpa mengalami kesulitan berarti, langsung bisa memberikan ASI eksklusife. Bahkan sampai si Wan usia 2 tahun sama sekali tidak menggunakan susu formula. Selain ada kepuasaan tersendiri karena mampu memberikan ASI eksklusife, juga tentunya menghemat pengeluaran tanpa biaya tambahan untuk susu formula.

Di tahun ini, kami kembali mendapatkan amanah dari-Nya untuk mengandung buah hati. Di usia kehamilan 6 bulan sekarang ini saya sudah mempersiapkan agar nantinya begitu si bayi keluar, ASI bisa lancar. Memang sih punya tantangan tersendiri, karena setiap bayi memiliki bawaan tersendiri. Dan dengan pertambahnya usia saya sebagai ibu, tantangannya juga semakin besar.
Meskipun begitu, bukan berarti menyerah untuk memberikan ASI eksklusife kepada calon bayi nantinya. Mulai sekarang saya sudah mempersiapkan agar nantinya ASI keluar lancar.

Persiapan Jelang Melahirkan Agar ASI Lancar

Saat ASI langsung bisa keluar begitu melahirkan tentu sangat membahagiakan. Untuk itu lakukan langkah berikut sebagai persiapan, antara lain :

1. Menstimulasi pikiran

Pikiran erat kaitannya dengan lancar tidaknya ASI. Dari awal sebaiknya ubah pikiran bahwa si ibu akan mampu memberikan ASI secara eksklusife kepada bayinya. Serta meyakini ASI yang dihasilkan akan melimpah sehingga mampu mencukupi kebutuhan ASI buah hatinya. Jangan terpaku dengan ukuran payudara karena ukuran bukan jadi tolak ukur banyak sedikitnya ASI yang dihasilkan. Namun dengan pikiran yang positif akan mampu menghasilkan ASI yang melimpah.

2. Pijat payudara

Salah satu menstimulasi payudara agar menghasilkan ASI bahkan sebelum melahirkan yaitu dengan melakukan pijat payudara. Terutama bagi ibu yang memiliki ukuran puting yang kecil. Pijatan pada payudara mampu membuka kelenjar susu serta merangsang hormon prolakstin yang meningkatkan produksi ASI.

Pijat payudara ini bisa dilakukan ketika masa kehamilan sekitar 8 bulan. Dan bisa juga dilakukan terus hingga pasca melahirkan sehingga ASI tetap lancar. Untuk pemijatan sendiri sehari bisa dilakukan selama 2 kali yaitu pagi dan sore menjelang sang ibu akan mandi.

3. Mengkompres payudara dengan air hangat

Kompres payudara dengan air hangat mampu merangsang hormon. Selain itu juga memperlancar aliran darah ke sekitar payudara

4. Mengkonsumsi makanan bergizi

Selain melakukan berbagai perawatan seperti diatas, penting juga untuk mengkonsumsi makanan bergizi. Makanan bergizi selain sebagai sumber tenaga bagi ibu menyusui agar tetap sehat juga dapat memperlancar ASI. Salah satunya mengkonsumsi makanan buah yang bagus dikonsumsi untuk ibu menyusui salah satunya yaitu pepaya. Konsumsi sayuran hijau dan kacang-kacangan.

5. Banyak minum air putih

Air putih sebagai zat cair penting sekali sebagai pembentuk ASI. Untuk memperlancar produksi ASI, banyak mengkonsumsi air putih penting sekali. Bahkan jauh sebelum melahirkan sudah mempersiapkannya.

6. Buat pikiran bahagia

Pikiran bahagia dipercaya sangat mempengaruhi produksi ASI. Hindari stress sehingga pikiran tetap bahagia sehingga ASI dapat memproduksi secara berlimpah.

Kesimpulan dan Penutup

Kesuksesan seorang ibu untuk memberikan ASI eksklusife kepada buah hatinya perlu dukungan dari semua pihak. Terutama dari keluarga terdekat untuk menciptakan rasa nyaman dan bahagia sehingga ASI yang dihasilkan dengan berlimpah. Termasuk dengan dukungan makanan bergizi serta pola hidup yang sehat.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *