Cara Mencegah dan Menghilangkan Bau Apek Pada Baju

By | Mei 28, 2021
mencegah bau apek baju

Cara mencegah dan menghilangkan bau apek pada baju penting diketahui sehingga pakaian tetap wangi. Anda dapat mencoba beberapa cara seperti uraian informasi dibawah ini.

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Artinya, kebutuhan akan sandang harus dipenuhi tanpa ada kata tapi. Bahkan sejak jaman dahulu, manusia telah menggunakan berbagai bahan untuk baju. Mulai dari kulit pohon, kulit binatang kemudian berkembang terus hingga sekarang kita temui beraneka ragam jenis pakaian.

Dahulu, fungsi utama baju adalah pelindung diri. Namun sekarang pakaian menjadi gaya hidup serta mode. Dimana bukan fungsi baju saja yang diperhatikan namun juga faktor kenyamanan dan estetika. Tidak mengherankan berbagai bentuk dan bahan yang membuat orang memilih baju sesuai keinginannya.

Faktor kenyamanan pakaian biasanya dipengaruhi oleh bahan serta bentuknya. Selain itu bau pakaian juga mampu menambah kenyaman dan meningkatkan percaya diri. Tentu ingin pakaian yang digunakan wangi. Namun apa jadinya jika pakaian bau apek? Tentu harus menghindari dan menghilangkan sehingga pakaian kembali wangi.

Penyebab Bau Apek Pada Pakaian

Bau apek pada baju macam- macam penyebabnya. Bisa karena proses pencucian atau bisa juga penyimpanan.

Setelah mencuci baju sebaiknya langsung menjemurnya di bawah sinar matahari. Namun ada kalanya mendung membuat pakaian tidak bisa langsung kering. Bisa juga pakaian tidak langsung dijemur dan berada di tempat yang lembab yang lama sehingga menimbulkan bau apek.

Penyimpanan di lemari yang terlalu lama juga dapat menyebabkan baju menjadi apek. Lemari yang tertutup rapat dan lembab membuat jamur berkembang biak. Jamur tersebut berkontribusi membuat bau apek pada baju.

Cara menghilangkan bau apek pada pakaian

Untuk mengusir bau apek pada baju ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kalian bisa mencoba salah satunya untuk mendapatkan pakaian terbebas dari bau tidak sedap, antara lain :

Mengeringkan pakaian

Bau apek yang terjadi karena pakaian tidak kering bisa diatasi dengan mengeringkannya. Jika terdapat sinar matahari, lebih baik langsung menjemur dibawahnya. Sinar ultra violet mampu membunuh jamur penyebab bau apek.

Namun jika keadaan sedang mendung dapat menggunakan setrika untuk proses pengeringan. Agar pakaian tetap wangi bisa juga dengan menambahkan pewangi pakaian saat menyetrika. Pewangi pakaian selain menghilangkan bau apek juga melembutkan serat pakaian. Hindari menggunakan parfum atau colonge. Karena senyawa bahan tersebut malah dapat memperburuk keadaan dan membuat bau pakaian semakin tidak sedap

Menggunakan soda dan cuka

Sebagai ibu rumah tangga tentu tidak asing dengan baking soda. Bahan tambahan kue tersebut ternyata ampuh untuk mengatasi bau apek pada baju. Caranya pun mudah yaitu cukup menaburkan pada baju secara merata. Kemudian diamkan semalaman. Keesokan harinya bisa menjemurnya sehingga baju betul- betul kering.

Jika bau apek pada baju belum hilang juga bisa mencucinya kembali dengan merendamnya terlebih dahulu pada larutan cuka dan deterjen. Perendaman dilakukan kurang lebih 30 menit. Setelah itu cuci baju seperti biasa dan keringkan hingga sempurna.

Merendam dengan air lemon

Lemon selain kaya vitamin C yang baik untuk tubuh juga bisa digunakan menghilangkan bau apek baju. Caranya hampir sama dengan larutan cuka dengan merendam pakaian. Selanjutnya cuci seperti biasa dan menjemurnya hingga kering.

Kesimpulan dan Penutup

Cara mencegah dan menghilangkan bau apek pada baju bisa dibilang susah- susah gampang. Cara diatas bisa digunakan karena menggunakan bahan yang mudah ditemui di sekitar kita. Selain itu prosesnya juga mudah untuk membuat pakaian terbebas dari bau apek.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *