Sebelum Beli, Yuk Pelajari Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri

By | April 29, 2021
manfaat asuransi kecelakaan diri

Manfaat dari Asuransi Kecelakaan Diri – Personal accident insurance atau yang disebut juga dengan asuransi kecelakaan diri bukanlah hal yang baru. Berbagai produk asuransi pun bertebaran dengan premi, polis, dan manfaat yang beragam. Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi Anda harus tahu cara memilih produk asuransi. Sehingga ke depannya akan merasakan manfaat dari produk yang Anda miliki.

Namun, secara umum apa manfaat asuransi kecelakaan diri yang akan Anda dapat? Setidaknya, ada beberapa manfaat utama yang kerap ditawarkan. Berikut ulasannya.

1. Santunan Cacat

Sama halnya dengan santunan meninggal dunia, manfaat yang cenderung hadir dari suatu asuransi adalah santunan cacat.

Manfaat asuransi kecelakaan diri yang satu ini hanya akan mampu diklaim, jika tertanggung mengalami cacat karena kecelakaan. Bukan karena hal yang disengaja atau faktor lainnya. Definisi cacat yang tersedia pun cukup detail.

Detail tersebut menyangkut jenis cacat, yakni cacat tetap sebagian atau cacat tetap total. Tertanggung yang mengalami cacat permanen idealnya akan menerima 100% jumlah santunan.

2. Coverage Biaya Perawatan dan Pengobatan

Perlu digaris bawahi bahwa asuransi kecelakaan diri hanya tersedia untuk tertanggung yang mengalami musibah kecelakaan. Jadi klaim biaya pengobatan tidak akan berlaku ketika ada pemegang polis yang masuk ke rumah sakit disebabkan karena sakit atau penyakit bawaan.

3. Santunan Meninggal Dunia

Jaminan perlindungan yang paling umum dari sebuah asuransi adalah santunan untuk kasus meninggal dunia. Umumnya, santunan yang satu ini adalah dasar dari banyak asuransi jiwa, kesehatan, atau kecelakaan pada umumnya.

Tujuan utamanya adalah memberi santunan berupa uang tunai kepada ahli waris, jika pihak tertanggung meninggal karena kecelakaan.

Perlu digaris bawahi, bahwa manfaat ini memiliki persyaratan dan kriteria tertentu. Seperti klaim hanya tersedia jika tertanggung wafat karena kecelakaan, bukan karena sakit atau bunuh diri.

Begitu juga dengan yang ditawarkan pada asuransi kecelakaan diri. Biasanya pihak asuransi akan memberikan santunan meninggal dunia karena kecelakaan. Besaran santunan yang diterima sendiri bergantung dengan program manfaat yang diambil oleh pemegang polis.

Selain itu, pihak asuransi juga akan memberikan santunan untuk biaya pemakaman kepada pemegang polis yang meninggal karena kecelakaan. Hal ini tentu akan sangat membantu bagi keluarga almarhum

4. Tunjangan Kehilangan Pekerjaan

Para pemegang polis yang mengalami cacat setelah bekerja biasanya akan menyebabkan kesulitan dalam bekerja. Beberapa penyedia asuransi biasanya akan menawarkan tunjangan bagi tertanggung yang kehilangan pekerjaan karena mengalami cacat.

Agar lebih mudah memahami, Kita gunakan simulasi asuransi kecelakaan diri milik Garda Me dari Garda Oto.

Misal: Pak A merupakan seorang apoteker yang tinggal bersama dengan istri dan seorang anak. Pak A sadar akan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga dan memilih untuk mengambil asuransi kecelakaan diri secara online.

Pak A pun mengunjungi website resmi Garda Oto untuk mendaftar. Saat masuk ke dalam produk Garda Me, akan dua pilihan bagi calon pemegang polis. Pertama adalah besaran premi yang harus Pak A bayar setiap bulannya. Kedua adalah besaran nilai pertanggungan yang akan diterima nantinya.

Setelah mencoba berdiskusi dengan istrinya, Pak A memilih pilihan kedua dengan pertimbangan bila mendapat santunan bisa tetap untuk menghidupi keluarganya. Pak A memasukkan biodata diri dan besaran pertanggungan sesuai keiinginkannya

Berdasar data yang ada, Pak A harus membayar premi sebesar Rp. 211.000 dengan nilai total seluruh pertanggungan mencapai Rp. 106.250.000.

Namun perlu Anda ketahui, manfaat dan polis asuransi, tentunya setiap perusahaan memiliki tawaran berbeda. Meski demikian, setidaknya manfaat santunan meninggal dunia, cacat, penggantian biaya dan perawatan kerap tersedia di setiap asuransi kecelakaan diri.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *