Cara Uji Kecepatan Internet Dengan Mudah

By | Maret 28, 2021
uji kecepatan internet

Bagi pengguna provider Smartfren, tidak perlu ragu dengan kualitas jaringan dari pelopor jaringan 4G di Indonesia. Karena dengan menggunakan aplikasi uji kecepatan internet bisa diketahui seberapa kuat internet di daerah masing- masing.

Jaringan internet tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Selayaknya signal full dan kecepatan full internet sudah jadi kebutuhan pokok yang tidak bisa ditawarkan lagi. Apalagi bagi pekerja remote seperti saya, sangat tergantung dengan kualitas internet di tempatnya berada.

Sebagai orang yang tinggal di desa, tidak mudah mendapatkan internet dengan kecepatan yang bagus. Harus pintar- pintar memilih provider yang tepat sehingga kerja tidak tersendat. Dari sekian provider yang pernah saya gunakan, akhirnya pilihan jatuh pada Smartfren.

Mengapa Harus Memilih Operator Seluler Smartfren

Bisa dibilang perjalanan ngeblog saya tidak lepas dari Smartfren. Awalnya ngeblog saya menggunakan modem Smartfren. Pun ketika ada hape Andromax saya juga termasuk pengguna setianya.  Dulu selalu menggunakannya untuk sambungan wifi ke laptop. Ya, Smartfren telah jadi teman setia saya dalam menapaki dunia blog.

Beberapa alasan yang membuat saya jatuh hati dengan Smartfren antara lain :

1. Banyak bonus

Smartfren selalu memanjakan penggunanya dengan aneka program yang bertabur hadiah. Setelah tahun lalu sukses Smartfren WOW dengan hadiah rumah, kini ada lagi program #RejekiWOW dengan grand prize mobil.

Saya sendiri pernah merasakan mendapatkan 800.000 Smartpoin dengan main strach and win. Dari smartpoin itu saya bisa tukar dengan pulsa, paket data bahkan kirim pulsa ke teman. Asyikkan berbagai benefit yg diberikan Smartfren. Dan, masih banyak lagi benefit lain yang tersedia juga.

2. Harga terjangkau

Smartfren juga menyediakan pulsa dan paket data dengan berbagai pilihan harga. Dari yang bisa untuk harian, hingga bulanan. Sangat terjangkau untuk semua kalangan, termasuk pelajar dan mahasiswa. Termasuk dengan memakai kuota unlimited extra bisa bebas internetan malam dengan full speed.

3. Memiliki komunitas pengguna yang solid

Namanya mencari yang terbaik, pasti berganti satu provider dengan yang lainnya. Beberapa kali saya pernah mengalami ganti provider. Karena iklan atau termakan kata teman yang katanya provider tersebut murah, banyak bonus atau memberikan benefit tertentu. Namun saya baru merasa paling nyaman menggunakan Smartfren. Apalagi setelah bergabung dengan Smartfren Community yang merupakan komunitas pengguna di seluruh Indonesia. Dimana saat ini memiliki lebih dari 50 lebih regional perwakilan di seluruh Indonesia.

4. Sinyal kuat

Diantara kesekian alasan yang paling penting memilih Smartfren adalah memiliki sinyal yang kuat. Sinyal kuat juga jadi 45% orang memilih operator seluler di Indonesia menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2016. Kuatnya sinyal inilah jadi modal utama untuk bisa akses internet dengan kecepatan maksimal. Jadi jika internet full speed mau ngedrakor, download aplikasi atau youtube-an sampai bosan tetap lancar jaya.

Uji Kecepatan Internet Smartfren dengan Aplikasi Meteor

Awalnya saya tidak percaya jika Smartfren di desa bisa memiliki kecepatan full. Untuk itulah saya mencari informasi cara tes kecepatan internet. Dan salah satu aplikasi yang tersedia di Play Store yaitu Meteor.

Aplikasi ini terbilang cukup ringan. Cocok sekali bagi pemilik smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang terbatas. Dengan hanya berkapasitas 6,8 MB sudah bisa tes kecepatan operator provider.

Cara menggunakan aplikasi Meteor

Dengan berkembangnya teknologi, semuanya lebih mudah termasuk menggunakan aplikasi Meteor. Tinggal install aplikasi Meteor di hape kemudian buka dan mulai uji coba. Setelah itu langsung muncul hasilnya mulai dari kecepatan untuk unduh, unggah dan ping. Termasuk juga akses internet dari aplikasi yang terinstal.

Dari hasil uji coba yang aku lakukan, hasilnya cukup bagus. Bahkan untuk performa kecepatan pada aplikasi yang sering aku gunakan pun juga luar biasa. Kita juga bisa melakukan pengujian di tempat berbeda ketika sedang dalam perjalan. Misalkan saja, saat saya berkunjung ke rumah teman suami yang berada di pelosok desa di Tuban. Hasil uji coba juga bagus hasilnya.

Oh ya, selain menggunakan aplikasi Meteor bisa juga uji coba kecepatan internet dengan aplikasi Netvelocity juga.

Kesimpulan dan Penutup

Memilih operator seluler untuk mendukung kelancaran dalam bekerja harus cerdas. Jangan terbuai murah atau promosi lainnya. Itu semua tidak akan berguna jika tidak memiliki sinyal yang kuat memiliki kecepatan internet maksimal. Untuk itulah saya mempercayakan Smartfren sebagai provider yang menemani dalam meraih kesuksesan. Agar saya yakin memang benar Smartfren memiliki sinyal kuat, bisa dengan uji kecepatan internet dengan aplikasi Meteor atau Neovelocity.

 

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *