Teknik Penting Trademark Indonesia untuk Usaha

By | Maret 10, 2021
trademark indonesia

Jika ingin berhasil pada teknikĀ  trademark indonesia , Anda harus memahami kebutuhan serta kemauan dariĀ  konsumen setia dan potensial usaha Anda. Di artikel ini saya akan memaparkan teknik branding yang bagus.

Saat menikmati suatu makanan nikmat yang nikmat, pasti kemudian bertanya apa nama makanan tersebut. Nama tersebut sebagai bahan referensi serta pengingat saat ingin membelinya. Namun kadang, produsen makanan tersebut tidak menyertakan nama di produk. Sehingga saat menginginkan kembali, tentu tidak tahu makanan apa yang dulu dinikmati dan rasanya nikmat.

Pengalaman di atas hanya sebagai analogi saja. Sama halnya saat memiliki produk yang cukup mendapat teman di hati konsumen. Namun saat tidak memiliki nama, logo ataupun simbol akan konsumen akan kesulitan membelinya. Efeknya usaha yang Anda rintis tentu saja sulit untuk berkembang.

Pentingnya Merek yang Pas Untuk Usaha

Tentu saat melihat sulitnya usaha berkembang karena sebuah nama, pemilik usaha harus segera mengambil langkah terbaik. Bukan dengan meningkatkan kualitas produk atau layanannya. Namun menciptakan merek yang mudah dikenal, diingat dan mempunyai keunikan tersendiri. Selanjutnya adalah menyiapkan teknik branding yang pas sehingga mampu mendapat sambutan baik dari masyarakat.

Pengertian Merek dan Trademark Indonesia

Menurut salah satu ahli bernama Philip Kotler yang merupakan bapak pemasaran dunia ada perbedaan mendasar antara pengertian merek dengan trademark.

Pengertian Merek

Merek adalah nama, istilah, tanda atau rancangan serta kombinasi hal-hal tersebut, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang/jasa dari seseorang/sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari produk pesaing.

Sederhananya, saat bicara merek bisa menganalogikannya sebagai berikut :

Di dunia ini ada jutaan jenis produk yang sama dengan yang kita miliki. Ketika konsumen membutuhkan suatu produk mereka melakukan identifikasi produk mana yang sesuai dengan keinginannya. Yang membedakan satu produk dengan yang lainnya adalah mereknya. Jadi saat ingin menggunakannya konsumen akan mencari merek yang sesuai.

Pengertian trademark

Trademark indonesia adalah kegiatan membuat nama, lambang maupun identitas untuk membandingkan satu produk dengan produk yang lain.

Oleh karena itu, penting untuk pemilik usaha branding produk populer yang ingin dipasarkan. Tujuannya tentu saja agar semakin terkenal di masyarakat sehingga dapat meningkatkkan omset penjualan.

Manfaat Memberikan Merek pada Produk/ Layanan

Kebanyakan pelaku usaha pemula tidak menganggap pentingnya sebuah merek. Pelaku usaha hanya memproduksi tanpa menyertai dengan merek. Padahal banyak manfaat memberikan merek produk atau jasa antara lain :

1. Sebagai Identitas Produk atau Jasa

Fungsi dari merek yang terpenting adalah sebagai identitas produk atau jasa. Saat membutuhkan jika mengetahui mereknya akan mudah mendapatkannya.

2. Menambah nilai merek produk

Produk yang memiliki merek jauh lebih mahal dari yang tidak memiliki. Bahkan untuk barang tertentu orang rela membayar mahal demi sebuah merek. Karena dari merek tersebut mendapatkan jaminan kualitas. Selain itu merek juga sering digunakan sebagai simbol prestisius

4. Memudahkan dalam Pemasaran

Merek juga memiliki fungsi yang kuat dalam pemasaran. Artinya saat merek sudah melekat pada orang tertentu, ia tidak akan mudah berpaling. Di lapangan nilainya cukup tinggi sehingga cukup mendapat minta dari masyarakat.

5. Mengidentifikasi keunggulan suatu produk

Saat membeli suatu produk, pasti konsumen akan mengidentifikasi apa saja keunggulan produk tersebut dari produk serupa. Selanjutnya juga mengenal nama merek. Tujuannya jika memang merek tersebut sesuai dengan ekspektasinya akan menggunakan kembali. Sebaliknya, bisa saja karena kurang puas enggan membeli produk tersebut lagi.

Kesimpulan dan Penutup

Saat memiliki usaha penting sekali memberikan merek serta trademark Indonesia untuk produk atau layanannya. Setelah memilikinya jangan lupa untuk mendaftarkan merek juga. Jangan sampai mengesampingkan sehingga kemudian hari akan menyesal.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *