Mengenal Gejala Gigi Berlubang yang Harus Diwaspadai

By | Maret 20, 2021
Mengenal Gejala Gigi Berluang

Mengenal gejala gigi berlubang adalah upaya terbaik untuk melakukan pencegahan. Dengan mengetahuinya bisa sedini mungkin melakukan tindakan jika gigi sedang bermasalah. Berikut ini merupakan tulisan lengkap yang mengulas tentang gejala, penyebab serta cara mengatasi kerusakan gigi akibat adanya lubang.

Bagi yang pernah sakit gigi pasti merasakan bagaimana cenat- cenutnya yang bikin tidak nyaman. Mau tidur tidak bisa, mau aktivitas apalagi yang ada malah sakit semua. Bahkan dengar orang bicara saja rasanya gigi ikut cekot- cekot. Bahkan ada yang bilang lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi. Kalau menurut kamu sakit yang mana? Saya sih sakit semuanya. Hehe

Salah satu yang sering sebab sakit gigi salah satunya karena gigi berlubang. Terlebih lubang gigi tidak hanya pada satu gigi dan cukup besar. Jika tidak telaten membersihkan bisa mengalami sering sakit gigi.

Terutama saat makan ada sisa makanan yang masuk ke lubang gigi dan membusuk sehingga menimbulkan sakit gigi. Untuk itulah agar jangan sakit gigi tentu harus mencegah gigi supaya tidak berlubang. Karena bagaimanapun kesehatan itu mahal biayanya

Mengenal Gejala Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui

Gigi berlubang bisa terjadi pada siapa saja. Tidak peduli anak- anak, dewasa bahkan manula. Untuk gejalanya sendiri berbeda- beda setiap orangnya. Sehingga kadang sulit terdeteksi sejak awal dan baru diketahui saat gigi sudah membusuk dan tanggal.

Secara umum gejala gigi berlubang antara lain :

Gigi terasa nyeri

Saat sedang makan atau mengkonsumsi jenis makanan tertentu misalnya manis, asam dan dingin gigi kamu akan terasa nyeri. Jika merasakan demikian, kamu bisa jadi sedang mengalami proses gigi berlubang.

Sering mengalami sakit gigi.

Saat gigi terasa sakit, kamu harus waspada karena bisa jadi merupakan tanda gigi berlubang. Untuk itu penting sekali periksa rutin gigi ke dokter gigi, setidaknya 6 bulan sekali.

Ada gigi yang berubah warna

Gigi bisa berubah warna menjadi kuning, cokelat bahkan hitam. Jika kamu memiliki gigi berlubangĀ  dan berwarna hitam perlu waspada karena bisa jadi tanda gigi sedang bermasalah.

Penyebab Gigi berlubang

Gigi sampai berlubang mengalami proses yang cukup lama. Berawal dari sisa- sisa makanan maniskemudian berubah menjadi flak gigi. Flak ini lama kelamaan akan mengikis lapisan yang menyebabkan lubang pada gigi.

Selain karena flak, faktor pemicu gigi berlubang yang bisa dihindari antara lain :

  • Kurangnya perawatan gigi
    Menyikat gigi secara teratur selain sebagai cara memutihkan gigi, menjaga kebersihan gigi juga mencegah gigi berlubang. Untuk sikat gigi gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride yang mana memiliki fungsi mencegah kerusakan pada gigi
  • Pertambahan usia
    Dengan seiring pertambahnya usia kekuatan gigi juga mengalami penurunan. Terutama jika kurang dalam perawatan. Biasanya gigi mulai berlubang terutama pada gigi bagian geraham.
  • Mengkonsumsi obat tertentu
    Produk obat- obatan yang mengandung gula ternyata juga dapat memicu terjadinya kerusakan gigi yang berakibar gigi berlubang
  • Memiliki riwayat gangguan makan
    Beberapa gangguan seperti asam lambung dan anoreksia juga bisa memicu kerusakan pada gigi

Dengan mengetahui pemicu kerusakan gigi di atas tentu membuat kita lebih hati- hati sehingga dapat mencegah terjadinya gigi berlubang.

Cara mengatasi Gigi Berlubang

Jika sudah melakukan pencegahan namun nyatanya gigi masih berlubang, maka apa yang sebaiknya dilakukan? Tentu harus melakukan tindakan pengobatan jika tidak ingin mengalami sakit gigi. Ya, saya sendiri beberapa kali harus ke dokter gigi karena gigi saya banyak yang berlubang.

Untuk mengatasinya, tergantung sejauh mana kondisi gigi masing- masing orang. Tindakan medis untuk gigi berlubang antara lain :

1. Tambal gigi

Biasanya jika tingkat lubang tidak terlalu besar, dokter gigi akan menyarankan untuk menambal gigi. Untuk prosesnya juga tidak terlalu lama. Dan biayanya juga tidak terlalu mahal. Saya terakhir melakukan tambal gigi sekitar 3 tahun lalu dengan biaya Rp. 175.000,-

2. Kurung gigi

Jika tingkat lubang pada gigi sudah lumayan maka akan disisakan bagian kecil untuk tumpuan gigi palsu. Selanjutnya mahkota gigi palsu akan dipasang sehingga menyerupai gigi asli. Dengan melakukan tindakan ini kecantikan kamu tidak akan berkurang karena gigi berlubang.

3. Cabut gigi

Jika tingkat lubang sudah sangat besar mau tidak mau gigi harus dicabut. Jangan khawatir akan terlihat ompong ya karena ada cara lain yang bisa kita lakukan. Caranya adalah dengan melakukan pemasangan gigi palsu di bagian celah gigi yang kosong.

Sebelum terlanjur, lakukan pencegahan

Memang memiliki gigi yang sudah tidak dalam kondisi baik membuat tidak nyaman. Apalagi saat harus terasa nyeri atau ngilu saat mengkonsumsi makanan tertentu. Untuk itulah sedini mungkin harus mengenal gejala gigi berlubang sehingga bisa melakukan perawatan gigi lebih ekstra.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *