Cara Mengenal Kepribadian Anak

By | Februari 27, 2021
mengenal kepribadian anak

Anda ingin mengenal kepribadian anak lebih jauh? Silahkan baca ulasannya di sini untuk membantu tumbuh kembangnya dengan optimal.

Pandemi telah berimbas di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Sudah hampir satu tahun pendidikan dari jenjang pra sekolah hingga perguruan tinggi ditiadakan tatap muka di sekolah. Kondisi ini akan berlangsung terus hingga semua kembali normal.

Sebagai orang tua dengan anak usia sekolah, harus mampu memerankan peran ganda. Tidak hanya pendidikan anak di rumah yang jadi tanggungannya. Namun dengan pembelajaran sekolah secara daring otomatis orang tua harus siap menemani proses belajar sang anak.

Jika boleh memilih banyak orang tua tidak siap dengan kondisi sekarang ini. Bahkan tidak pernah ada simulasi ilmu parenting  sebelumnya. Namun mau tidak mau harus menjalankan untuk menjadi orang tua sekaligus guru demi pendidikan sang anak.

Kelas online Smartfren Community : Bagaimana Memahami Karakter Anak

Sebagai pengguna setia Smartfren, saya bersyukur juga tergabung di Smartfren Community. Berbagai info menarik sering saya dapatkan. Termasuk mendapatkan jadwal kelas online Smartfren Community serta tema pembahasannya.

Saya sangat tertarik dengan materi tentang “Bagaimana Mengenali Kepribadian Anak” di live Instagram Smartfren Community. Materi tersebut pas sekali bagi orang tua dalam memahami anaknya, terutama saat belajar daring.

Narasumber Kompeten

Untuk sharing tentang tema tersebut sendiri oleh narasumber yang sudah mumpuni di bidangnya yaitu: Bu Friska Asta, M.Psi.T. Beliau merupakan founder Biometrik Indonesia, Founder Sakala Bermain serta penulis buku anak. Jadi mengikuti talkshow ini kita jadi tahu tipe anak dan cara mendidiknya

Pembawa acara yang asyik

Sedangkan untuk pembawa acaranya dipandu oleh kak Gung Shofia yang merupakan Leader Smartfren Community Bali. Acara yang berdurasi 1 jam masih bisa kita tonton hingga sekarang lho. Tinggal menuju chanel Instagram Smartfren Community dan pilih materinya. Bagi orang tua atau calon orang tua, kudu bin wajib nonton talkshow ini. Karena materinya daging semua dan banyak manfaatnya.

macam karakter anak

Cara Memahami Karakter anak

Saat menyimak acara live parenting, saya banyak merenung sebagai orang tua. Bagaimana tidak, kadang kita terlalu banyak menuntut anak untuk bisa tanpa memahaminya. Apalagi saat menemaninya belajar daring. Orang tua kadang tak sabar dengan proses belajar anak hingga mereka bisa serta menerapkan pendidikan karakter pada anak.

Padahal setiap anak memiliki karakter yang berbeda. Meskipun dari rahim yang samapun, anak- anak tidak bisa disamakan. Untuk itu, penting sekali memahami karakter anak. Namun sebelum melakukannya, Anda terlebih dahulu harus memahami diri sendiri.

Orang Tua Harus Tahu Cara Memahami Diri Sendiri

Ketika merasa stress atau gagal saat menemani anak belajar daring, bisa jadi karena orang tua belum memahami dirinya sendiri. Cara untuk memahami diri sendiri antara lain :

  1. Menghargai diri sendiri
  2. Mengetahui kegiatan favorit diri sendiri
  3. Jangan ragu untuk bertanya jika memang tidak bisa
  4. Tidak perlu merasa takut jika berbeda.
  5. Mengetahui potensi diri yang dominan

Sedangkan ketika sudah mampu memahami diri sendiri, selanjutnya bagaimana memahami karakter anak.

Cara Memahami Kepribadian Anak

Setiap anak mempunyai karakter yang berbeda satu dengan lainnya. Termasuk juga dalam proses belajar. Untuk itu orang tua harus memahami kepribadiannya. Caranya bisa dengan mengamati keseharian anak bagaimana ia berperilaku.

Macam- Macam Karakter Anak

Setiap anak mempunyai karakter yang berbeda. Berikut ini macam karakter anak, antara lain:

Pemalu

Tidak semua anak bisa langsung akrab dengan orang lain. Ada juga anak yang pemalu sehingga perlu waktu yang lama untuk adaptasi dengan lingkungan barunya. Jika anak Anda demikian, cara terbaik jangan memaksanya berhubungan dengan orang lain. Namun juga jangan terlalu melindunginya. Ketika anak merasa aman dan nyaman, dengan sendirinya ia akan membuka diri dengan orang baru.

Pemarah

Sering kali anak- anak marah tanpa sebab. Dia akan menangis jika merasa gagal melakukan sesuatu. Ketika kondisi anak demikian, maka sebaiknya orang tua melakukan kegiatan rutin bersama. Selain itu juga ajak ia bergaul dengan teman sebayanya untuk mengatur emosinya.

Aktif

Ketika mendapati anak tipe kinestik, maka siapkan kegiatan yang menguras energi sebelum memulai kegiatan belajar. Saat belajarpun, sebaiknya beri jeda sehingga anak dapat berlarian sementara waktu sebelum melanjutkan belajar.

Sensitif

Saat berhadapan dengan anak sensitif, ekstra kesabaran harus Anda siapkan. Salah satu menyiasati dengan menciptakan lingkungan yang nyaman saat belajar. Hindari juga berkegiatan terlalu lama sehingga membuat sang anak bosan.

Dengan mengetahui karakter anak, sebagai orang tua tahu bagaimana bersikap. Terutama saat menemani mereka belajar daring. Jika anak aktif misalnya, sebelum belajar bisa mempersiapkan anak terlebih dahulu. Caranya mengajak anak beraktifitas fisik sehingga saat anak belajar bisa berkonsentrasi.

Belajar Parenting Lebih Asyik dengan Kuota Unlimited Ekstra

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus pekerja digital harus bisa membagi waktu. Selain mengatur waktu untuk pekerjaan domestik, freelance juga upgrade diri. Sehingga meskipun aktivitas yang padat tidak menghalangi untuk menambah pengetahuan.

Salah satu cara upgrade diri dengan mengikuti kelas online mengenal kepribadian anak yang penyelenggaranya adalah Smartfren Community. Namun berhubung kadang jadwal live bentrok dengan kegiatan harian, saya belum sempat lihat live langsung.

Biasanya saya baru bisa melihat pada tengah malam setelah anak tidur. Atau jika badan sudah capek dengan mensiasati tidur lebih awal dan bangun di awal hari. Cara tersebut ternyata sangat efektif. Selain saya lebih leluasa memahami isi materi kelas online juga mendapatkan full speed dari kuota unlimited

Mengapa harus pakai Unlimited Ekstra?

Smartfren kembali memanjakan pengguna setianya dengan mengeluarkan paket terbarunya yaitu Unlimited Ekstra. Pengguna bisa bebas internet dari mulai jam 01.00- 05.00 dengan full speed. Enaknya lagi dengan menggunakan kuota Unlimited dan Kuota Nonstop otomatis sudah mengaktifkan Unlimited Ekstra.

Untuk harganya sendiri sangat terjangkau untuk kantong semua kalangan. Untuk kartu perdana Cuma Rp. 22.500 dengan masa aktif 7 hari. Sedangkan untuk paket internet tergantung dengan besarnya kuota yang tersedia yaitu dari mulai 6 GB hingga 30 GB. Untuk harganya sendiri dari mulai Rp. 30.000,- hingga Rp. 100.000,-

Penutup dan Kesimpulan

Menjadi orang tua bukan sekedar memberi penghidupan yang layak juga kasih sayang. Tetapi perlu juga mengenal kepribadian anak demi mendukung tumbuh kembangnya lebih optimal. Untuk itu orang tua harus terus upgrade diri. Salah satunya dengan mengikuti kelas online persembahan dari Smartfren Community.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *