Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Apek pada Baju

By | Februari 12, 2021
cara menghilangkan bau apek pada baju

Saat musim penghujan, banyak orang cari cara mengatasi bau apek pada baju akibat saat menjemur kurang kering. Untuk selengkapnya baca ulasan lengkapnya dibawah ini.

Bagi Ibu rumah tangga seperti saya tidak bisa lepas dengan urusan pakaian keluarga. Dari mulai mencuci, menjemur, melipat dan kemudian menyetrika. Dan terakhir sampai pakaian tersimpan dengan rapi di lemari.

Kalau boleh memilih, diantara banyak pekerjaan rumah lainnya urusan baju paling malas saya lakukan. Tidak jarang jika untuk mencuci baju minimal melakukannya dua kali dalam seminggu. Jika pada musim kemarau tentu bukan masalah dengan banyaknya cucian.

Berbeda saat musim hujan seperti sekarang ini. Jika tidak segera mencuci baju dan kering, yang ada baju akan berbau apek. Meskipun sudah menggunakan pengering mesin cuci, nyatanya pakaian kotor yang beranak pinak tetap saja memiliki bau tidak sedap.

Penyebab Bau Apek Pada Pakaian

Bau tidak sedap sering terjadi pada baju meskipun sudah mencucinya. Berikut ini penyebab pakaian tidak bau wangi antara lain :

1. Mesin cuci yang kotor

Setelah menggunakan mesin cuci sebaiknya langsung menguras air di dalamnya. Selain itu, biarkan tutupnya dalam keadaan terbuka sementara waktu. Tujuannya agar kondisi mesin cuci menjadi tidak lembab.

Untuk semakin bersih bisa juga membersihkan dengan menggunakan baking soda untuk membunuh jamur pada di dalamnya. Jika mesin sudah dalam keadaan bersih bisa meminimalisir pakaian yang dicuci di dalamnya menjadi bau apek.

2. Kurang bersih saat mencucinya

Saat mencuci dengan jumlah banyak mesin cuci kurang bekerja maksimal. Untuk menyiasatinya bisa dengan membagi 2 kali pencucian. Selain pakaian lebih bersih juga bisa membuat mesin cuci awet karena tidak bekerja sekaligus dalam jumlah besar. Selain itu pisahkan pakaian dari lainnya seperti mencuci tas, topi dan lainnya.

3. Terlalu banyak menggunakan deterjen

Saat mencuci sebaiknya menggunakan deterjen secukupnya saja. Kurangnya deterjen membuat baju kurang bersih. Sebaliknya terlalu banyak juga bisa menjadi sebab baju bau apek. Terlebih jika saat melakukan pembilasan cucian kurang bersih sehingga deterjen masih banyak yang menempel.

4. Suhu air yang digunakan mencuci terlalu tinggi

Banyak yang menggunakan air hangat atau dalam suhu tertentu untuk mencuci pakaian. Tujuannya agar kuman di baju mati. Namun tidak semua pakaian tahan dengan suhu yang tinggi. Penyebabnya pakaian malah menjadi bau karena suhu air.

5. Tidak segera menjemur setelah mencucinya

Karena aktivitas yang padat atau lupa membuat tidak segera menjemur pakaian. Terlebih jika pakaian berada di ruangan tertutup, di dalam mesin cuci misalnya. Tidak adanya sirkulasi udara membuat suhu ruangan lembab sehingga menimbulkan pakaian tidak sedap.

6. Tidak menggunakan pewangi pakaian

Mencuci dengan deterjen biasa jika pakaian tidak segera kering bisa menimbulkan bau apek. Pada musim hujan seperti sekarang menggunakan pewangi pakaian seperti parfum laundry bisa jadi pilihan.

7. Menyimpan pakaian terlalu lama

Pakaian dalam lemari jika terlalu lama bisa menimbulkan bau apek. Apalagi jika lemari minim dengan sirkulasi udara. Udara dalam lemari menjadi lembab dan bisa menimbulkan jamur pada pakaian.

8. Baju tidak mendapatkan cahaya yang cukup saat proses penjemuran

Saat musim penghujan, cahaya matahari tidak sepenuhnya didapatkan sepanjang siang hari. Bahkan masih pagipun kadang sudah hujan. Akibatnya saat menjemur pakaian tidak dapat langsung kering. Hal ini bisa menyebabkan pakaian apek terutama jika saat mencuci kurang bersih.

Cara menghilangkan bau apek pada baju

Apa jadinya jika sudah mencuci baju capek- capek namun pakaian bau apek? Tentu merasa kesal bukan. Untuk itulah jika pakaian sudah bau apek, informasi serta tips berikut bisa atasi dengan mudah yaitu :

1. Cara mengatasi bau apek pada baju dengan soda kue

Soda kue selain sebagai bahan tambahan pembuatan makanan juga bermanfaat untuk urusan rumah. Termasuk juga untuk mengatasi bau apek pakaian. Untuk caranya sendiri sangat mudah yaitu :

Taburkan soda kue pada baju apek secara merata. Setelah itu biarkan selama 1 malam agar soda kue meresap. Selanjutnya jemur pakaian tersebut sampai kering. Setelah itu baru bersihkan soda kue dengan menggunakan sikap kering yang lembut secara berlahan.

2. Memasukkan pakaian apek ke dalam freezer

Pakaian bau salah satu penyebabnya yaitu kuman yang berkembang pada pakaian. Apalagi jika baju untuk olahraga sepeda yang banyak menyerap keringat dan kotor. Sifat kuman yang akan mati pada suhu dingin membuat cara memasukkan baju apek ke dalam freezer jadi pilihan. Terutama yang berbahan jeans yang belum kering dapat mencoba cara ini.

Untuk caranya sendiri cukup mudah. Dengan memasukkan baju apek ke dalam kantong kedap udara. Selanjutnya masukkan ke dalam freezer dan biarkan semalaman. Keesokan harinya baju Anda dapat menjemurnya dan bau apek sudah tidak ada.

3. Menggunakan sabun batang

Sabun batang ternyata bisa berguna untuk pakaian bau apek. Caranya pun sangat gampang, hanya dengan merendamnya selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya jemur baju hingga kering.

4. Memakai cuka makanan

Siapa sangka bumbu masak di dapur juga mempunyai fungsi lain yaitu untuk atasi baju apek. Salah satunya bisa menggunakan cuka. Untuk caranya sendiri cukup rendam pakaian selama 15-30 menit dengan larutan deterjen, cuka dan air hangat.

Kemudian cuci hingga bersih dan juga membilasnya hingga tidak ada deterjen yang menempel. Yang terakhir, jemur pakaian hingga kering.

5. Mencampur deterjen dan lemon

Lemon memiliki banyak manfaat. Selain untuk mencerahkan wajah secara alami, lemon juga bisa hilangkan bau apek baju. Caranya hanya dengan merendam pakaian dengan larutan deterjen dan lemon. Setelah kering, baju akan menjadi segar terbebas dari bau.

Kesimpulan

Cara mengatasi bau apek pada baju sebenarnya cukup mudah. Namun mencegahnya tentu lebih baik. Sehingga tidak perlu mencuci sampai dua kali. Apalagi mencuci lagi pakaian yang sudah bersih namun berbau apek.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *