Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat di Ketiak

  • Whatsapp
jerawat di ketiak

Bagi kita tentu sudah tidak asing dengan jerawat. Benjolan kecil ini yang tidak hanya tumbuh di wajah juga jerawat di ketiak. Terutama bagi wanita yang mengalami siklus haid setiap bulannya munculnya di wajah membuat kurang percaya diri. Biasanya menjelang haid akan muncul satu atau dua jerawat di wajah.

Terus apa sama penyebabnya? dan bagaimana mengatasinya? Untuk lengkapnya baca ulasan lengkapnya tentang benjolan di kulit yang membuat tidak nyaman ya.

Apakah jerawat itu?

Tentu kita sudah tidak asing dengan jerawat. Munculnya di wajah sering membuat masalah. Apalagi pada kondisi tertentu jerawat tumbuh banyak sekali. Jadi apa sih sebenarnya jerawat itu?

Jerawat adalah benjolan yang terbentuk karena pori- pori dan kelenjar keringat terinfeksi bakteri atau adanya keringat tersumbat.

Jadi, jerawat adalah benjolan yang terbentuk karena pori- pori dan kelenjar keringat terinfeksi bakteri atau adanya keringat tersumbat.

Kenapa di ketiak ada benjolan?

Kulit ketiak berbeda dengan kondisi kulit lainnya. Di kulit bawah ketiak lebih tipis dan halus sehingga lebih sensitif terhadap kondisi yang tidak normal. Kondisi tersebut menimbulkan munculnya jerawat. Sebab benjolan atau sering di sebut sebagai jerawat di ketiak ada bermacam- macam, yaitu :

Iritasi

Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif. Adanya gesekan baju atau keluarnya keringat berlebih dapat menyebabkan iritasi sehingga keluar benjolan pada ketiak.

Pisau cukur bisa menyebabkan jerawat di ketiak

Penggunaan pisau cukup yang kurang tepat dapat mengakibatkan infeksi. Infeksi inilah yang memicu timbulnya jerawat di ketiak. Untuk itulah, pastikan pisau cukur tajam dan bersih sehingga tidak menimbulkan iritasi.

Tumbuhnya rambut ke arah dalam

Untuk mencukur bulu rambut di ketiak pastikan caranya benar. Jika salah dalam pencukuran, rambut akan tumbuh ke dalam dan menghambat keringat. Kondisi seperti itu bisa menimbulkan munculnya benjolan di ketiak.

Terinfeksi Jamur

Kulit ketiak yang cenderung lembab menjadi tempat yang subur untuk pertumbuhan jamur. Jamur ini jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat menyebabkan benjolan menyerupai jerawat di ketiak.

Cara menghilangkan benjolan di ketiak

Pada dasarnya jerawat tidak berbahaya, termasuk yang ada di ketiak. Namun pada kasus tertentu menimbulkan peradangan, keluar cairan, nyeri dan tentunya rasa tidak nyaman.  Tentunya akan mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itulah, jika mengalami jerawat di ketiak harus segera mengatasinya. Untuk cara mengatasi jerawat sebagai berikut :

1. Hindari memencet jerawat

Sama halnya dengan jerawat di wajah, pada ketiak juga hindari untuk memencetnya. Selain dapat meningkatkan resiko iritasi, memencetnya juga menimbulkan bekas jerawat pada kulit.

2. Kompres dengan air hangat

Cara mengobati jerawat yang bisa di lakukan sendiri yaitu dengan rutin mengompresnya dengan air hangat. Lakukan setidaknya sehari 3 kali sekitar 15 menit. Jangan lupa gunakan handuk yang bersih dan lembut ya. Jika melakukan pengompresan dengan benar selain mengurangi peradagan juga meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman.

3. Memberikan salep jerawat

Salep jerawat banyak di jual di apotek. Anda dapat membeli dan mengoles pada benjolan sesuai anjuran. Cara ini terbilang praktis dan penggunaannya juga harus teratur hingga jerawat betul- betul sembuh.

4. Konsultasi ke dokter

Jika jerawat di ketiak menunjukkan semakin parah, cara terbaik adalah konsultasi ke dokter kulit. Dokter akan memeriksa dan memberikan saran langkah terbaik yang harus dilakukan. Biasanya selain obat luar berupa salep, dokter juga akan meresepkan obat yang dimunum guna pengobatan dari dalam.

5. Krim penghilang jamur

Konsultasi kepada dokter juga mengetahui penyebab pasti timbulnya benjolan tersebut. Jika penyebabnya jamur, dokter akan memberikan krim anti jamur untuk pengobatan.
Kesimpulan

Selain mengetahui sebab dan cara mengatasi jerawat di ketiak, penting sekali untuk melakukan pencegahan. Caranya antara lain dengan mandi teratur, ganti baju jika berkeringat dan tidak mudah menyentuk area ketiak.

0

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *