Contoh Branding Produk Populer di Indonesia

  • Whatsapp
branding produk populer

Sekarang ini banyak perusahaan yang berlomba menarik perhatian dan menjadi contoh branding produk populer di Indonesia.  Mereka melakukan bermacam cara supaya produknya masih laris. Tentu saja juga menjadi dambaan beberapa customer.

Selain itu, bermunculannya perusahaan baru menjadikan kompetisi ini semakin memanas. Untuk itu, memerlukan teknik yang bagus dan menarik perhatian konsumen. Salah satunya taktik yang bisa diaplikasikan ialah cara branding yang baik.

Pengertian Branding

Branding adalah aktivitas menamai, merek, simbol, jargon, atau hal yang lain yang memberi identitas pada produk yang di pasarkan. Sehingga membuat produk tersebut unik dan berbeda dengan kompetitor.

Branding adalah aktivitas menamai, merek, simbol, jargon, atau hal yang lain yang memberi identitas pada produk yang di pasarkan.

Banyak merek yang sampai sekarang masih exist di pasar global. Itu karena bermacam jenis tehnik pemasarannya yang baik dan stabil mereka gunakan. Itulah mengapa dengan branding sangat penting bagi perusahaan.

Tujuan Melakukan Branding untuk Merek Terkenal

Perusahaan besar maupun kecil berusaha melakukan promosi agar mereknya semakin terkenal. Hal itu merupakan salah satu tujuan branding merek antara lain :

  1. Merek semakin akrab dengan konsumen. Seseorang akan cenderung membeli atau memilih produk yang sudah dikenalnya. Itu artinya ketertarikan beli masyarakat akan semakin meningkat jika brandingnya semakin bagus
  2. Memudahkan dalam promosi merek. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan tenaga untuk mengenal produk jika merek tersebut masyarakat sudah mengenalnya
  3. Merek yang kuat dengan mudah mendapat penerimaan di pasaran

Cara Branding Produk Populer yang Paling Efektif

Untuk melakukan promosi suatu merek, memang tidak boleh sembarang. Teknik branding yang salah justru bisa memperburuk citra produk. Agar mendapatkan cara yang tepat penting memperhatikan hal berikut ini :

Memilih nama yang mudah diingat

Saat akan membeli produk tertentu dalam kehidupan sehari- hari, tentu menyebutkan namanya. Tidak semua orang memiliki daya ingat yang tinggi. Termasuk mengingat nama merek. Dengan memberikan nama merek yang unik dan mudah dalam pengingatan, juga menjadi teknik yang dalam branding.

Jangan lupa juga setelah mendapatkan nama untuk segera mendaftarkan merek. Hal itu demi perlindungan serta keamanan nama produk usaha.

Membuat logo yang menarik

Manusia termasuk makhluk visual yang artinye menyukai dan memahami simbol- simbol tertentu. Saat mengingat suatu produk selain namanya, simbol juga menarik perhatian. Tidak mengherankan dalam membuat logo produk tidak sembarang namun sesuai dengan maksud dan tujuan merek tersebut.

Meningkatkan kualitas produk

Seseorang lebih memilih produk dari perusahaan ternama dengan alasan kualitas sudah terjamin baik. Agar mendapatkan kepercayaan masyarakat yang tinggi tentu harus membuat kualitas yang bagus. Ketika seseorang sudah mengetahui kualitasnya, memilih merek akan menjadi nomer kedua setelah kualitas.

Membuat kemasan yang berbeda dengan produk lainnya

Ibarat kemasan adalah baju suatu produk. Saat melihat seseorang tentu akan menilai bagaimana bajunya. Layak atau tidak, menarik atau biasa saja bahkan bersih atau kotor bajunya. Begitupun dengan suatu produk yang ada di pasaran. Orang akan tertarik dengan merek dengan kemasan yang bagus.

Mengiklankan merek agar semakin terkenal

Saat ini untuk beriklan sangat mudah. Dengan hadirnya internet di semua lini kehidupan membuat banyak cara untuk promosi menaikkan branding. Bisa memilih berbayar dengan menggunakan Google Ads, Facebook Ads atau endorse ke influencer.

Bisa juga secara gratis dengan memanfaatkan media sosial yang ada. Selain sebagai media promosi, media sosial juga dapat menjadi sarana informasi produk ke kalayak luas. Dengan biaya murah serta luasnya jangkauan internet membuat iklan semakin mudah.

Mengikuti pameran untuk branding produk populer agar semakin terkenal

Banyak pameran sebagai penyelenggara baik pemerintah atau pihak lain untuk mendukung berkembangnya industri kecil dan menengah. Pada pameran tersebut bisa menjadi ajang promosi merek sehingga semakin terkenal.

Saat pameran, pilih lokasi yang strategis sehingga produk banyak yang melihat. Selain itu membuat stand yang unik bisa serta memberikan benefit tertentu agar pengunjung tertarik untuk datang. Syukur- syukur bisa membeli produk yang kita iklankan.

Ada nilai tambah produk

Produk mudah diingat oleh konsumen jika berbeda dengan kebanyakan yang beredar di pasaran. Bukan hanya merek saja yang berbeda namun ada nilai tambah lain. Bisa dengan rasa, warna serta kualitas yang berbeda dengan lainnya. Untuk itulah, dalam branding merek agar terkenal perlu selalu berinovasi dan menggali kreativitas. Intinya mau belajar dan mengaplikasikan serta memperbaiki jika ada kesalahan.

Contoh Merek Populer di Warga

Perusahaan dengan merek yang melekat di hati masyarakat memiliki keuntungan dan kebanggaan. Untuk mencapai keuntungan tersebut tidaklah mudah.

Usaha keras serta profesionalisme dalam bekerja serta kolaborasi yang bagus dari sangat penting. Untuk itu, jejak langkah mereka perlu kita contoh dan menerapkan pada brand kita.

Ada beberapa contoh merek yang mendapatkan antusias beberapa konsumen di pasar global. 5 merek tersebut populer di berbagai lapisan masyarakat karena brandingnya. Merek tersebut antara lain :

1. Nike

Siapakah yang tidak mengenal dengan merek ini? Nike merupakan merek dagang dari sepatu dan peralatan olahraga yang paling lengkap. Salah satu tempat promo merek ini fokus pada Twitter dengan terus aktif memberi respon bermacam pertanyaan dari pelanggannya.

Inilah yang menjadikan brand ini  populer di beberapa negara termasuk di Indonesia. Meskipun harganya termasuk untuk kalangan menengah ke atas, tidak membuat merek tersebut hilang dari hati penggemarnya

Merek Fashion Hermes Jadi Brand Terkenal di Kalangan Sosialita

Kaum kelas atas sudah tidak asing dengan merek Hermes. Tas yang populer di kalangan sosialita tetap menjadi idaman hingga sekarang. Cara brandingnya yaitu dengan memprioritaskan stabilitas harga serta kualitas produk.

Hermes yang telah berdiri semenjak 179 tahun lalu sampai sekarang masih sukses besar. Mereka juga aktif di web dan mengupload bermacam content dan video sebagai ajang promosinya.

3. Denny’s

Saat orang menyebut Dennys akan mengaitkan dengan restauran, kedai kopi, atau serta tempat asyik untuk berkumpul dengan orang tercinta. Brand ini memiliki cabang di beberapa negara di dunia seperti Amerika Serikat, Kanada dan lain-lain. Cara promosinya menggunakan media website produk ini juga menarik hati konsumennya

4. Rolex

Kata Rolex membuat orang mengaitkan dengan arloji. Produk terkenal ini mempunyai harga yang tinggi ini dan menjadi brand idaman para pecinta mode. Merek ini selalu berusaha up to date terutama menjawab kebutuhan konsumennya. Disamping itu, Rolex juga sangat menjaga kualitas produknya.

5. Coca-Cola

Merek minuman ini tidak kalah populernya dibanding beberapa merek awalnya. Bahkan semua kalangan kenal baik dengan brand minuman berkarbonasi ini. Salah satu bentuk branding yang baik merek ini yaitu menjaga hubungan baik dengan konsumennya. Cara iklannya yaitu dengan  mendukung berbagai event.

Dari sponsorship tersebut, Coca-cola memperoleh keuntungan yaitu mendapatkan tempat promosi event itu. Tidak itu saja, iklan yang bagus baik di media cetak, elektronik bahkan media sosial turut andil atas kesuksesan besar merek minuman ini.

Itulah contoh-contoh promosi berbagai di Indonesia atau juga di mancanegara yang cukup terkenal. Mereka tetap exist hingga sekarang ini dan produknya sangat mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Tidak mudah mendapatkan kesuksesan seperti branding produk populer tersebut. Usaha mereka bisa menjadi contoh yang baik bagi siapa saja yang sedang memulai usaha ataupun mengembangkanya agar lebih baik

0

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *