Tahapan Penggunaan Skincare untuk Remaja

  • Whatsapp
skincare untuk remaja

Produk skincare untuk remaja tersedia di pasaran dalam berbagai tipe dan merk. Ini untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini. Cara merawat kulit yang sehat sebaiknya dilakukan sejak dini. Tujuannya untuk menghindari masalah kulit pada masa remaja yang mengancam kepercayaan diri.

Saat Anda memasuki usia remaja, pasti banyak hal yang Anda alami untuk pertama kali, dari pacar pertama hingga jerawat pertama. Ya, kondisi kulit Anda akan berubah saat memasuki masa puber karena menjadi berminyak dan rawan berjerawat. Itulah mengapa penting untuk memperhatikan kesehatan kulit dan memperhatikan kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan.

Urutan Skincare untuk Remaja Sesuai dengan Produknya

Untuk menjaga kesehatan kulit Anda sejak usia dini, penting untuk menggunakan produk perawatan kulit atau perawatan kulit. Perawatan kulit adalah berbagai produk perawatan kulit yang terdiri dari berbagai jenis. Dari pembersih wajah, pelembab hingga tabir surya.

Tatanan perawatan kulit remaja pemula harus diperhatikan agar tidak buruk saat mengaplikasikannya. Jika cara ini gagal, hasil pengobatan tidak akan maksimal. Berikut ini urutan produk skincare untuk remaja bagi pemula yang bisa Anda ikuti untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

1. Sabun Cuci untuk Wajah

Mencuci wajah merupakan tahap awal yang tidak boleh dilewatkan. Terlepas dari jenis kulit Anda, pilih pembersih wajah ringan yang dapat menghilangkan kotoran dan minyak dari wajah Anda.
Anda bisa mencuci muka setidaknya dua kali sehari, pagi dan sore hari sebelum tidur.

Ini untuk mengendurkan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami dari wajah. Untuk remaja dengan kulit normal atau kombinasi, pilihlah pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat dapat membantu mengontrol produksi sebum serta meningkatkan hidrasi kulit.

2. Facial Tonic

Perawatan kulit pagi dan malam untuk remaja berikutnya adalah facial tonic. Fungsi dari facial tonic adalah menghilangkan sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel setelah langkah pembersihan. Toner wajah juga berguna untuk mengembalikan pH kulit yang hilang saat mencuci muka.

Untuk remaja yang memiliki kulit berjerawat, penggunaan tonik dengan bahan khusus dapat membantu meredakan peradangan jerawat, mengurangi munculnya jerawat, dan mencegah munculnya jerawat di kemudian hari. Ada banyak juga jenis toner yang beredar di pasaran. Jadi pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

3. Pelembab Wajah

Urutan merawat kulit remaja yang tidak kalah pentingnya adalah penggunaan krim pelembab. Anda bisa mengoleskan pelembab dua kali sehari. Penggunaan pelembab dirancang untuk melembabkan kulit, membuatnya kenyal dan mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, kulit terlihat kusam dan garis halus.

Dalam memilih produk pelembab usahakan untuk menyesuaikan dengan permasalahan kulit Anda. Untuk kulit berminyak, gunakan pelembab berlabel oil-free agar pori-pori tidak tersumbat. Gunakan gel pelembab untuk remaja yang rentan berjerawat.

Sedangkan pada remaja dengan kulit sensitif, hindari penggunaan pelembab yang mengandung pewangi. Alangkah baiknya jika pelembab yang digunakan ringan, mengandung SPF dan berlabel spektrum luas untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

4. Tabir Surya

Perawatan kulit remaja yang tidak kalah pentingnya adalah tabir surya atau sunscreen. Meskipun Anda melakukan sebagian besar aktivitas di dalam ruangan, paparan sinar matahari tetap dapat meresap ke dalam. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya sebagai rangkaian perawatan kulit untuk remaja pemula.

Anda bisa menggunakan tabir surya yang mengandung zinc oxide untuk membantu mencegah masalah jerawat. Selain itu, pilih tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 dan berlabel spektrum luas untuk melindungi dari paparan sinar ultraviolet A dan B.

5. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah  atau scrub ini adalah perawatan kulit rutin sangat baik untuk remaja. Untuk melakukan perawatan bisa beberapa kali dalam seminggu. Eksfoliasi atau scrub wajah secara khusus untuk menghindari penyumbatan pada pori-pori yang rawan muncul saat pubertas.

Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat dan asam alfa-hidroksi / AHA untuk menjaga pori-pori kulit tetap bersih. Penggunaan scrub wajah alami juga bisa di rumah. Untuk orang berkulit sensitif, gunakan scrub wajah alami yang berbahan dasar campuran oatmeal, madu, dan susu.

Kesimpulan

Seperti itulah urutan skincare untuk remaja bagi pemula. Selain menggunakan kelima jenis skincare tersebut, Anda juga bisa menambahkan perawatan wajah lainnya. Misalnya dengan menggunakan produk lain sebagai obat jerawat.

0

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *