Pilih Mana Kelas Blogger Gratis atau Berbayar?

  • Whatsapp
kelas blogger

Beberapa tahun terakhir geliat dunia blogging semakin ramai. Hadirnya beberapa kelas blogger, job serta komunitas menjadi tanda kegiatan blogging bukan sekedar hobi namun telah menjadi profesi.

Mengikuti Kelas Blogger ? Mengapa tidak.

Jika menggunakan bilangan tahun, saya sudah lama menggeluti dunia blog ini. Sudah hampir satu dasawarsa sudah mengenal ilmu blogging. Sayangnya, mengenal hanya sekedarnya. Untuk sampai ke tahap belajar teknik dan cara membuat blog yang benar bisa dibilang baru sekitar setahun terakhir saya lakukan.

Saya bersyukur melalui dunia blogging tidak hanya mendapakan kepuasan batin saja. Bisa berbagi tulisan serta ide merupakan imbal balik yang tidak terhingga. Saya juga mendapatkan materi yang cukup sehingga untuk menghidupkan dapur tetap mengepul tidak perlu meminta uang belanja suami.

Dengan berjalannya waktu saya tidak bisa berada di zona nyaman saja. Tidak sekedar posting tulisan blog saya . Saya harus siap dengan tantangan jaman yang menuntut blogger serba bisa. Salah satu caranya dengan meng-upgrade diri belajar ilmu blog lagi.

Cara Up-grade diri Blogger

Dengan berjalannya waktu ada seleksi alam pada blogger. Ada macam- macam blogger yang dahulu bersinar kemudian sekarang tenggelam. Ada yang konsisten dengan kegiatan bloggingnya. Tetapi ada pula blogger masa kini yang dengan semangat 45 mampu bersaing dan membuktikan eksistensinya.

Kuncinya dalam dunia blog yang sangat dinamis dan terus berkembang ini yaitu mau belajar. Ada beberapa cara blogger untuk belajar blog yaitu :

1. Belajar blog secara otodidak

Sama seperti saya dahulu lebih banyak belajar secara otodidak. Terutama ketika saya belajar cara membuat blog pribadi. Namun berjalannya waktu banyak yang tidak saya pahami. Akhirnya saya mencari informasi baik melalui situs atau video youtube.

2. Melalui gabung komunitas

Saat menemui kesulitan bagaimana membuat blog saya membutuhkan teman diskusi. Dari situ saya mulai mencari komunitas yang sesaui. Dan Alhamdulillah dari beberapa komunitas blogger yang saya ikuti bukan saja tempat berkumpulnya blogger. Namun komunitas telah berubah untuk tempat belajar antar sesama anggota. Saya sendiri sangat terbantu dan mendapatkan banyak manfaat dari mengikutinya.

3. Mengikuti pelatihan blogger

Banyaknya antusias untuk belajar blogging membuat banyak yang mulai membuka kelas blogger. Kelas blogger tersebut ada yang secara langsung bertatap muka. Namun tidak jarang banyak juga kelas blogger dengan sistem jarak jauh. Dengan kemudian teknologi apalagi dukungan aplikasi meeting yang sekarang banyak hadir membuat kelas online blogger selayaknya langsung bertatap muka.

Pilih Kursus Blog Gratis atau Berbayar?

Saat ini banyak yang menawarkan belajar blogging baik yang gratis atau berbayar. Saya sendiri pernah mengikuti keduanya. Memilih gratis atau berbayar/ premium tergantung kebutuhan dan kemampuan finansial kita. Secara garis besar kedua kelas tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing.

Kelebihan dan kekurangan kursus blog gratis

Untuk kelebihan sekolah blogger gratis ini tentu saja kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengikutinya. Yang diperlukan kesungguhan untuk belajar dan mempraktikan ilmunya blog. Sedangkan untuk kelemahan, karena belajar blog gratis biasanya materi diberikan tidak secara lengkap. Selain biasanya tidak ada support atau pendampingan setelah kursus blog ini.

Kelebihan dan kekurangan kelas blogger premium.

Yang namanya premium biasanya mendapatkan prioritas dong. Termasuk juga saat belajar blog di kelas berbayar. Karena berbayar tidak mungkin materi dibuat sekedarnya. Namun biasanya sudah ada kurikulum khusus dari A sampai Z yang diperuntukkan memudahkan peserta memahami materi blog.

Selain itu setelah kursus peserta tidak dibiarkan begitu saya terhadap blognya. Namun ada kesempatan dan grup khusus untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. Selain itu yang membuka pelatihan blogger tentu bukan orang biasa. Mereka tentunya telah memiliki kapabilitas sehingga dipercaya peserta dan rela mengeluarkan uang untuk mengikuti kursus blogger.

Untuk kelemahan kelas gratis untuk blogger ini tentu saja peserta harus mengeluarkan uang. Dan biasanya ilmu blog itu bukan ilmu murah. Jadi siap- siap menabung untuk bisa mengikuti kelas premium untuk blogger ya

Tips Memilih Kursus Online Blogger

Sebagai ibu rumah tangga dengan anak kecil sangat sulit bagi saya untuk meninggalkan rumah. Bagaimanapun keinginan untuk belajar tentang blog tetap ada. Untuk itulah saya memilih untuk mengikuti kelas blogger secara online.

Belajar blog online tentu lebih fleksibel untuk mengatur waktunya. Saya tetap bisa dirumah tanpa mengesampingkan tugas utama sebagai ibu. Dan tentu saja ilmu juga saya dapatkan.
Namun yang pastinya saya tidak boleh sembarangan memilih kursus online blog.

Ada beberapa tips memilih kelas online baik gratis maupun berbayar antara lain :

1. Lihat penyelenggara sekolah blogger

Sebelum memutuskan mengikuti pelatihan blogger, pastikan dulu penyelenggaranya memang kredibelitas dibidangnya. Misalnya sudah berhasil menjuarai suatu lomba blog, berhasil menjadi blogger profesional hingga memiliki blog yang berkualitas.

Salah satu tempat belajar ilmu blogging yang rekomended yaitu Kelas Growthing Blogger (KGB). Kelas yang digawangi oleh Mas Punto Wicaksono, Irwin Andriyanto dan Aldhi Fajar ini telah menelurkan banyak blogger berkualitas

2. Cara pembelajarannya

Setiap tempat kursus memiliki cara pembelajaran tersendiri termasuk cara membuat blog. Saya sarankan memilih cara pembelajarannya yang mudah dipahami dan bisa berinteraksi langsung dengan mentornya. Jadi saat tidak paham langsung bisa ditanyakan.

3. Materi pembelajarannya

Sebelum memasuki kelas online baik untuk blogger atau lainnya lihat dahulu ya materinya apa saja. Sesaui tidak dengan goal yang ingin dicapai setelah pelatihan. Jadi setidaknya sebelum mengikuti kursus sudah punya gambaran apa yang akandiperoleh.

4. Sistem belajar

Saya pernah mendapatkan cerita dari teman saat mengikuti pelatihan online blogger. Saat itu si teman bukannya mendapatkan materi dari sang tutor namun hanya mendapatkan beberapa video tutorial. Terus si dia menyesal dong. Kalau sistem belajar blogging demikian ngapain juga ikut pelatihan yang bayarnya cukup mahal. Mending belajar langsung dari youtube.

Dari situ saya menyimpulkan jika ingin mengikuti kelas apapun termasuk blogger harus tahu sistem pembelajarannya. Sistem belajar yang bagus akan mudah dalam memahaminya dan pengaplikasian di blog tentunya.

5. Nilai tambah

Agar menarik peminat setiap kursus blogger gratis atau berbayar memiliki nilai tambah yang ditawarkan. Misalkan saja selain dapat materi juga dapat gratis menaikkan DA dan PA blog.

6. Testimoni

Melihat suatu sekolah blogger berkualitas atau tidak sekarang mudah banget. Cukup dengan bowsing dan mencari berbagai testimoni. Dengan membaca pengalaman para peserta sebelumnya bisa memutuskan apakah pelatihan blogger tersebut berkualitas atau tidak.

7. Grup alumni

Bisa dibilang di kelas blogger kita bukan sekedar belajar blogging saja. Tapi bisa juga sebagai wadah networking dan memperluas pertemanan. Selain itu jika ada permasalahan tentang blog masih bisa konsultasi langsung dengan sang tutor

8. Biaya Kelas Blogger

Tidak dipungkiri biaya selalu jadi pertimbangan saat ingin belajar di kelas blog premium. Jika belum memiliki uang yang cukup bisa mencoba mencari kelas blogger gratis. Namun jika sudah mantap, mengeluarkan biaya sesuai budget yang ada bukan masalah lagi

Pengalaman mengikuti Kelas Growthing Blogger (KGB)

KGB memang sejak kemunculannya sebagai kelas menaikkan DA dan PA telah mencuri banyak perhatian. Termasuk saya yang sudah lama berjuang namun DA masih tidak beranjak saja. Namun di kursus online tersebut DA blog melejit meskipun baru seumuran jagung.

Seiring berjalannya waktu kelas yang di pandu langsung salah satunya Mas Punto Wicaksono ini kemudian berubah menjadi Kelas Growting Blogger yang materinya tidak hanya menaikkan DA tapi segala sesuau yang berhubungan dengan blog. Paket lengkap deh pokoknya

Materi Kelas Growthing Blogger

  • Menulis dan editing. Materi yang disampaikan langsung Teh Gilang ini membuat peserta serasa mendapatkan penyegaran tentang PEUBI. Ya iyah, sebagai editor yang super teliti kesalahan huruf saja beliau langsung tahu. Duh, PR banget bagi saya yang nulis masih sering typo.
  • Storytelling. Kalau ada yang bertanya emang penting nulis di blog pakai storytelling. Jawabannya penting pakai banget. Bagaimanapun tulisan yang kita tulis di blog bukan sekedar dibaca oleh mesin pencarian saja tetapi juga manusia. Tulisan yang menyentuk dan enak dibaca sangat disukai tentunya
  • Google Search Console. Salah satu fitur yang dimiliki google ini juga mendapat giliran di oprek di kelas blogger ini. Saya jadi tahu beberapa fitur ternyata memiliki manfaat yang penting dan baru tahu fungsinya sekarang. Anis, kemana ssaja kamu selama ini?
  • Google Analitik. Sama dengan GSC, Google analitik mendapatkan porsinya juga. Yang membahas yaitu Mas Baim yang sudah pada tahulah siapa dia
  • Seo On Page. Dimateri terakhir hingga tulisan ini dirilis paling yang membuat deg- degan di kursus blogger ini. Bagaimana tidak postingan kita mendapatkan pembedahan kekurangannya. Bahkan tugas artikel yang dibuat harus masuk minimal page 5 google. Pokoknya campur aduk. Ya senang tapi ya mules dengan tugasnya. Hehe

Selain materi diatas masih banyak materi lainnya. Doakan ya saya bisa lulus pada materi SEO On Page sehingga dapat terus mengikuti sekolah blogger yang keren ini.

Keuntungan mengikuti Kelas Growthing Blogger

  1. Pemateri mumpuni. Salah satu pemateri yang bikin saya semangat belajar blog yaitu Mas Aldhi Fajar. Mas Blogger ini telah memiliki lebih dari 80 blog dan semuanya memiliki DA yang yang tinggi semua. Hayo lho mupeng apa tidak?
  2. Belajar ilmu blogger lengkap. Seperti yang aku sampaikan di atas materinya super lengkap. Bahkan sampai mengelola media sosial hingga fotografipun akan disampaikan juga.
  3. Kelas blogger yang menguji kedisiplinan dan ketelitian. Yang asyik dari sekolah blogger ini ada sistem kick-nya. Jadi yang mengerjakan tugas tidak sesuai dengan ketentuan, mohon maaf akan lulus dahulu atau keluar dari grup. Mau tidak mau peserta harus teliti dan mengerjakan tugas untukk mengikuti materi blog selanjutnya
  4. Mendapatkan teman blogger seperjuangan. Dengan adanya sistem grup saat tugas, mau tidak mau rasa empati kepada blogger lain jadi terbentuk. Kita menjadi saling mengingatkan sehingga hubungan kita bukan sekedar sesama blogger tapi lebih dari itu. Indahkan?

Bagaiman masih tidak ingin mengikuti kelas blogger yang keren ini? Siap- siap saja pantengi blog dan medsos para coach untuk informasi pendaftaran. Sayang bangetkan jika kesempatan mendapatkan ilmu yang daging harus terlewati begitu saja.

 

0

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *