4 Manfaat Cek Kesehatan Kandungan

By | Desember 8, 2020
cek kesehatan kandungan

Cek kesehatan kandungan perlu dilakukan. Tujuannya untuk mengetahui kondisi janin secara menyeluruh dan sebagai cara deteksi dini permasalahan yang ada dalam kandungan

Ketika menjumpai orang yang sedang hamil, pasti Anda sering menemukan mereka sedang melakukan cek kandungan. Melakukan cek kandungan ini memang harus secara berkala.

Manfaat Cek Kandungan Bagi Ibu Hamil

Tentu, melakukan cek kandungan secara rutin akan mendapatkan berbagai manfaat. Berikut ini adalah 4 manfaat cek kesehatan kandungan :

1. Deteksi Dini Permasalahan Pada Tubuh dan Janin

Dalam kehamilan, biasanya seorang ibu akan merasakan beberapa gejala penyakit. Meskipun tidak parah, lebih baik bila ada gejala langsung dibawa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Beberapa masalah yang biasanya muncul adalah tekanan darah tinggi. Darah tinggi bisa menyebabkan terjadinya pre eklamsia.

Selain pemeriksaan rutin, ibu hamil harus melakukan beberapa pemeriksaan. Beberapa pemeriksaan tersebut antara lain yaitu tes tekanan darah, tes darah untuk mengetahui kesehatan ibu hamil secara umum, cek bagian kaki yang berpotensi bengkak pada pre eklamsia.

Tes urine juga penting sekali untuk mengetahui keberadaan protein dan kadar gula. Ibu hamil juga harus melakukan tes berat badan untuk memastikan janin dalam berat yang ideal.

2. Tahu Bagaimana Kondisi Janin

Sebagai orang tua, tentunya Anda ingin tahu bagaimana kondisi janin yang ada dalam kandungan saat ini. Apakah ia baik-baik saja atau mengalami sedikit masalah kesehatan? Sangat penting untuk memahami keadaan janin juga menjaga kesehatan masa kehamilan

Melalui check up rutin, orang tua bisa melihat keadaan dan pergerakan janin. Pemeriksaan janin di dalam rahim meliputi pemeriksaan detak jantung, pemeriksaan posisi janin, pemeriksaan berat badan janin, pemeriksaan cairan ketuban rahim dan pemeriksaan lain yang diperlukan untuk memastikan bayi dalam keadaan sehat dan lahir sempurna.

3. Mengetahui Hal Yang Harus dan Tidak Boleh Dilakukan

Memeriksakan kandungan secara rutin dapat membuat orang tua menambah pemahaman tentang kehamilan. Orang tua jadi mengerti apa langkah yang bisa diambil untuk mempersiapkan persalinan.

Dengan menggunakan hasil pemeriksaan bidan atau dokter kandungan, ibu hamil dapat mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan selama hamil. Dengan cara ini, ibu hamil bisa menjalani gaya hidup sehat.

4. Tahu Langkah Pencegahan Untuk Janin

Beberapa kelainan seperti down syndrome, kini bisa terdeteksi secara dini melalui teknologi yang ada. Manfaat keempat dari melakukan pemeriksaan kandungan secara rutin adalah tahu apakah bayi sehat atau tidak.

Apabila bayi sehat, tentu orang tua harus bersyukur. Tetapi bila bayi mengalami gangguan dan butuh bantuan, maka Anda mengetahui langkah yang tepat

Bahkan, beberapa kelainan bisa diatasi ketika bayi masih ada di dalam kandungan. Tentunya, Anda perlu untuk mengkonsultasikan hal ini dengan dokter kandungan Anda.

Pemeriksaan untuk ibu hamil

Dokter kandungan biasanya menyarankan agar seorang ibu hamil melakukan delapan kali pemeriksaan. Pemeriksaan tersebut secara bertahap, mengikuti tumbuh kembang anak dalam kandungan.

  • Cek kehamilan pertama sebaiknya pada trimester pertama, tepatnya sebelum janin berusia 12 minggu.
  • Untuk pemeriksaan kedua dan ketiga pada trimester kedua. Untuk waktu pastinya, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.
  • Pemeriksaan di trimester 3, Anda harus melakukannya sebanyak 5 kali. melakukan pemeriksaan sebaiknya pada minggu ke 30, 34, 36, 38 dan minggu ke 40.

Selalu konsultasi dengan dokter kandungan

Berkonsultasi kepada dokter kandungan sebelum hari kelahiran juga sangat penting, karena Anda bisa tahu kapan hari perkiraan lahirnya akan datang. Dengan itu, Anda bisa lebih bersiap-siap lagi untuk menyambut kehadiran sang buah hati.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *