Aniskhoir.com - Mom Blogger Tuban

Anis Khoir Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungu email : achmianisa@gmail.com
3 min read

Bermimpilah, karena Tuhan akan merangkul mimpi itu dan menjadikannya nyata – Andrea Hirata

Revolusi tahun 98 juga membawa sebuah perubahan besar padaku. Bukan turun ikut ke jalan menegakkan keadilan. Karena kala itu,  saya masih seorang anak yang menemani sang bapak melihat tv berita isu panas nasional.

Saat itu,  saya tidak tahu sepenuhnya pembicaraan berita tersebut. Namun dari situ saya menetapkan mimpi yang saya pegang hingga kini. Suatu hari saya ingin bisa juga menjadi narasumber, diwawancara dan berbagi ide seperti tokoh revolusi 98 yang riwa-riwi di tv  tersebut.

Awalnya saya tak tahu bagaimana mewujudkannya. Yang terpenting menjaga terus mimpi itu. Bagai gayung tersambut, saya terinspirasi seorang mahasiswa IPB yang berhasil meraih mimpinya untuk kuliah ke negeri sakura. Dia selalu menuliskan mimpinya di kertas, dan kemudian kertas itu akan menjadi coretan karena mimpi tersebut sudah terwujudkan.

Ketika melihat sang mahasiswa itu saya tidak mempunyai kemampuan yang menonjol yang bisa dibagikan. Hanya seorang mahasiswa dan pekerja yang ingin mewujudkan mimpi saja. Cuma ada sebuah keyakinan, menuliskan impian adalah sebentuk komitmen untuk mewujudkannya.

Nyatanya, mimpi itu beransur terwujud. Dengan sedikit pengetahuan blog yang saya miliki serta bergabung di komunitas membuat saya akhirnya bisa berbagi.

Manfaat berkomunitas

1. Meningkatkan interaksi sosial

Ketika berkomunitas, mau tidak mau akan berinteraksi dengan orang lain. Biasanya setiap komunitas memiliki grup WA untuk berinteraksi. Ditambah lagi interaksi ketika kopdar akan membuat interaksi antar anggota komunitas.

2. Belajar lebih seru

Masuk di sebuah komunitas itu artinya bergabung dengan orang- orang yang memiliki kesukaan yang sama. Biasanya bukan hanya membahas apa yang disukai saja, namun juga ilmu serta perkembangan terbaru. Tidak mengherankan biasanya, komunitas akan mengadakan pertemuan sekaligus belajar bareng untuk upgrade pengetahuan

3. Mengurangi dampak buruk menyendiri

Sebagai seorang introvet sejujurnya saya lebih suka menyendiri. Ada sisi bagusnya namun jika terlalu banyak menyendiri juga tidak baik. Misalnya saja akan memunculkan sifat minder dan kurang bisa bergaul. Apalagi untuk bisa tampil di depan umum. Untuk menguranginya salah satu cararanya bisa bergabung di komunitas. Bergabung dengan orang- orang yang memiliki kesukaan serta hobi sama akan membuat nyaman untuk berbicara. Sekaligus untuk mengurangi dampak menyendiri.

4. Berusaha melakukan perubahan

Tempat yang positif akan sangat berpengaruh pada diri seseorang. Vibes positif juga membuat ingin melakukan perubahan dari sharing orang- orang yang ada di dalam kominutas tersebut. Saya yakin aktif berkomunitas membuat semangat untuk melakukan perubahan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sebagai ibu rumah tangga, bagi saya berkomunitas memiliki tantangan tersendiri. Terutama ketika harus membagi waktu keluarga dengan kegiatan komunitas. Memang kadang sulit, namun bukan berarti tidak bisa.

Yang terpenting adalah bagaimana mengkomunikasikan dengan keluarga. Bagi saya, komunikasi terpenting yaitu dengan suami. Terutama saat harus berkegiatan di luar dan bergantian dalam menjaga anak yang masih balita.

Kisah itu di mulai dari sini

Menjadi pengguna sebuah provider selayahnya menjadi bagian untuk bertumbuh. Apalagi bagi pekerja online seperti saya, nyawa bekerja adalah jaringan internet yang stabil. Tidak mengherankan jika saya memilih provider yang menyediakan jaringan berkualitas serta memiliki sinyal kuat.

Sejak 3 tahun lalu, AndroAmax merupakan provider serta smartphone yang mendukung dalam aktivitas blog saya. Bersama Smartfren saya tumbuh dan membuka peluang semakin besar di dunia blogging khususnya.

Sekitar setahun lalu pak Renaldi, melalui facebook mengatakan akan mengadakan sebuah acara kopdar komunitas Smartfren di Tuban. Moment itu sekaligus sebagai titik awal berdirinya Smartfren Community Regional Tuban.

Sebelum acara dimulai, saya selaku koordinator sekaligus Mas Chusnul Huda wartawan senior di Tuban bertemu dengan Pak Re, panggilan pak Renaldy dan Pak Kadi selaku Community development Smartfren bertemu di rest area Tuban.

Disitulah pak Re, meminta saya dan Mas Chusnul untuk jadi koordinator sekaligus leader di Smartfren Community Tuban. Meskipun saya belum berpengalaman, saya dan mas chusnul menerima tantangan tersebut.

Bergabung dengan Smartfren Community

1. Kenal sesama leader dari seluruh tanah air

Menjadi leader regional Smartfren Community itu artinya kita akan berkenalan dengan leader lain dari seluruh Indonesia. Awalnya saya merasa minder dengan pengalaman mereka yang sudah kemana- mana. Namun kemudian justru menjadikan motivasi bagi saya untuk maju dan terus belajar.

2. Berkontribusi untuk sesama

Tidak hanya mendapatkan jejaring saja, namun juga turut perpartisipasi membangun bangsa. Seperti awal pandemi, seluruh leader dengan kesadaran dirinya mengadakan donasi untuk dibagikan kepada yang terdampak.

Di hari raya idhul adha, meskipun kita belum bisa satu- satu berkurban. Melalui komunitas juga membuka donasi untuk membeli hewan kurban dan dipotong di salah satu tempat leader berada.

3. Motivasi untuk maju

Dengan motivasi teman- teman leader Jawa Timur khususnya, akhirnya saya berani menantang diri untuk tampil. Ya, untuk menjadi acara host di salah satu kelas online.

Untuk pertama kali menjadi host bisa dibilang nervous sekali. Karena bisa dibilang inilah yang pertama. Meskipun event offline sudah beberapa kali saya tampil. Namun menjadi host secara online di zoom inilah pertama kali. Apalagi juga disiarkan di chanel nasional komunitas. Tapi dengan dukungan teman leader, akhirnya saya bisa membawakannya dengan lancar.

kelas online

Salah satu kelas online yang pernah saya pandu yaitu tentang literasi. Alhamdulillah acara berjalan lancar. Meskipun beberapa kali saya masih salah bicara namun acara masih berjalan lancar.

4. Dapat banyak hadiah

Menjadi leader Smartfren Community membuat saya berkesempatan untuk mendapatkan banyak hadiah. Dari mulai kaos, alat tulis, kartu perdana, kuota internet hingga modem mifi yang sangat bermanfaat.

Di rumah saya sendiri beberapa anak tetangga belajar setiap harinya. Modem serta kuota internet yang didapatkan dapat saya gunakan untuk membantu mereka melakukan proses belajar mengajar selama pjj ini.

Bersinergi dengan komunitas lain untuk menebar manfaat

Salah satu yang saya syukuri dengan bergabung dengan Smartfren Community yaitu bisa bersinergi dengan berbagai komunitas lain. Salah satunya yaitu dengan support kegiatan. Apalagi dari pihak Community Development Smatrfren juga sangat mendukung

Salah satu komunitas yang telah bekerja sama yaitu RTIK Tuban. Di event kelas online ini, saya mewakili Smartfren Community Regional Tuban sekaligus diminta untuk sharing mendapatkan penghasilan lewat internet.

Meskipun bisa dikatakan saya belum ahli, namun saya bersyukur bisa berbagi dan semoga menebar kemanfaatan dan inspirasi untuk orang lain.

Saya sangat bersyukur bisa bergabung dengan Smartfren Community yang bulan lalu tepat berusia 5 tahun. Menjadi leader Smartfren Community Tuban semakin memperlancar untuk #OpenPosibility mewujudkan impian saya. Ya, salah satunya menjadi pembicara atau narasumber baik event online maupun offline.

Anis Khoir Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagai berbagai hal di blog. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungu email : achmianisa@gmail.com
Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

26 Replies to “Bersama Smartfren Community Open Posibilities Meraih Mimpi”

  1. Dengan nge-blog jadi mengenal komunitas dan menjadi diri lebih berani berekspresi dan bersosialisasi ya, sehingga nggak lagi terkungkung menyendiri

  2. Benar banget, jaringan internet yang lola itu bisa bikin emosi jiwa. Apalagi kalau dikejar deadline, pengen ngunyah sirih rasanya. Smartfren memahami kebutuhan internet yg lancar itu ya mba, apalagi didukung oleh community yg saling berbagi informasi terbaru. Internet lancar, sosialisasi luas, kesempatan jg muncul dalam berbagai bentuk.

  3. wah lancar ya smartfren community di sana mba ? di Pekanbaru kayanya ga lagi. Btw terlepas dari itu, saya sangat setuju dengan mba, karena berkomunitas itu memiliki banyak manfaat. Bahkan terkadang bisa sampai tua 😀

  4. Bener banget. Berkomunitas dalam bidang ketertarikan yang sama, bukan hanya baik untuk memperluas network tapi juga untuk pribadi kita sendiri. Kita jadi belajar menerima perbedaan dan membentuk karakter dari sisi itu. Dari kegiatan-kegiatan yang diadakan komunitas pun kita jadi tambah pengalaman hidup ya Mbak Anis.

  5. Assalamu’alaikum mbak Anis. Wah keren ya bisa gabung di Smartfren community. Apalagi mbak Anis jadi leadernya. Good banget!

    Oya, Smartfren ini sinyalnya bagus lo. Sangat membantu ngerjain berbagai aktivitas online.

  6. Seneng banget aku bacanya mba, jadi terinspirasi deh, dimulai dgn niat awal untuk berbagi sama orang yaa mba lewat tulisan kita, jadilah sebuah perjalanan yang seru bersama komunitas yang supportif gini tuh

  7. Barakallah Mbak. Tetap semangat berbagi!

    Btw soal mahasiswa IPB itu Kak Danang bukan? Aku juga semasa SMA sempat nonton video beliau. Inspiring sekali.

  8. Berkomunitas jadi lebih bisa mengesksplor diri ya mbak, jadi nambah pengalamannya. Sukses selalu mbak Anis

  9. Aku juga inget mbak dulu pas awal kuliah ngundang anak itb dan nyuruh kita buat nulis mimpi2 di kertas gt ngaruh sih
    Semangat mbaaak, menjadi leader community nih keren bgt. Semoga mampu menjdi leader yg inovatif dan kreatif yaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *