Anis Khoir Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Tepat

2 min read

cara menghilangkan ketombe

Ketombe yang menyebabkan gatal pada kulit kepala sangat mengganggu jika dibiarkan. Berikut ini cara menghilangkan ketombe, penyebab, serta pengertiannya yang wajib diketahu agar kulit kepala kembali normal lagi.

Beberapa hari ini rambut saya terasa gatal. Biasanya sih gatal baru terasa ketika rambut kotor dan harus keramas. Namun kali ini justru sehari setelah keramas. Pas saya garuk kulit kepala, di baju ada serpihan putih. Dan saya baru sadar kalau ini yang bernama ketombe di kepala.

Ketombe memang bikin kepala tidak nyaman. Apalagi bagi wanita berhijab seperti saya. Terlebih ketika harus keluar rumah terus gatal- gatal pasti akan tidak mengganggu. Terutama di tempat umum bisa- bisa jadi pusat perhatian.

Apa itu ketombe

Banyak yang tidak tahu sebenarnya ketombe itu apa. Ada yang menganggap kotoran di rambut. Padahal sebenarnya ketombe merupakan pengelupasan kulit mati secara berlebihan. Untuk penyebabnya sendiri bermacam- macam berbeda satu dengan lainnya.

Penyebab ketombe

1. Sampo yang salah.
Ketika memilih sampo pastikan sesuai dengan kondisi kulit kepala. Karena apabila salah memilih akan membuat kulit kering atau berminyak. Kondisi tersebut dapat memicu timbulnya ketombe di rambut.

2. Jamur
Salah satu penyebab ketombe karena adanya jamur Malassezia sp di kulit kepala. Jamur ini akan berkembang lebih cepat ketika panas dan juga lembab.

3. Rambut jarang dibersihkan
Saat rambut dalam kondisi kotor terjadi penumpukan minyak juga sel kulit mati. Kotoran tersebut berpotensi menyebabkan ketombe di kepala.

4. Jarang menyisir rambut
Tidak banyak yang tahu jika menyisir rambut ternyata bisa mengurasi resiko ketombe. Sisiran akan membantu kulit kepala melepas sel kulit mati yang bisa menyebabkan ketombe. Jadi meskipun berhijab, menyisir rambut ternyata tetap penting lho.

5. Program diet
Ada hubungan yang erat antara pola makan dengan ketombe. Terutama untuk kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Untuk itulah jika ingin melakukan program diet penting sekali mendapatkan pengawasan tenaga ahli. Tujuannya asupan penting yang dibutuhkan tubuh tetap terpenuhi serta tidak mengganggu kondisi tubuh lainnya, kulit kepala misalnya sehingga menyebabkan ketombe.

6. Stress
Kondisi stress pada seseorang membuat tubuh mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon memicu tubuh meningkatkan produksi minyak. Minyak yang berlebih inilah yang menyebakan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe

Untuk menghilangkan ketombe banyak caranya. Namun cara tersebut berhasil pada seseorang belum tentu pada yang lainnya. Jadi ketika tidak berhasil menghilangkan ketombe dengan satu cara, boleh mencoba cara lainnya.
Beberapa cara menghilangkan ketombe yang bisa di coba

Rutin keramas

Membersihkan kepala secara rutin akan menghilangkan sel kulit mati yang ada pada kepala. Keramas juga menghilangkan minyak yang berlebih pada rambut. Namun yang perlu diperhatikan, keramas harus menggunakan shampo yang memiliki kandungan zink. Dimana zink ini ampuh mengatasi ketombe.

Dengan bahan alami

Ada beberapa bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi ketombe pada kulit kepala, yaitu sebagai berikut :

Lidah buaya

Tumbuhan yang memiliki duri pada daunnya ini dikenal sangat baik dalam perawatan rambut. Gel yang ada pada daunnya sangat dingin untuk kulit kepala. Kandungan vitaminnya juga sangat baik untuk menguatkan akar rambut. Selain itu lidah buaya juga ampuh mengatasi ketombe

Cara menggunakan lidah buaya cukup praktis, yaitu :

  • Bersihkan satu daun lidah buaya, kemudian cuci bersih.
  • Belah menjadi 2 bagian sehingga gel atau lendir lidah buaya mudah diambil
  • Oleskan pada rambut serta kulit kepala secara menyeluruh sembari dipijat dengan halus
  • Tunggu sekitar 30 menit agar lidah buaya meresap ke kulit kepala.
  • kemudian bilas dengan air bersih.

Selain lidah buaya masih banyak bahan alam lain yang baik untuk menghilangkan ketombe, antara lain jeruk nipis, garam, baking soda, cuka dan minyak zaitun. Silahkan mencoba mencari yang sesuai dengan kondisi kulit kelapa Anda ya, semoga berhasil.

Avatar
Anis Khoir Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *