Anis Khoir Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

Belajar SEO Bagi Pemula Secara Online

4 min read

belajar seo bagi pemula

Ilmu blogging itu dinamis, akan berkembang terus seiring dengan waktu. Untuk up grading diri salah satunya dengan mengikuti belajar SEO bagi pemula. Tidak perlu datang ke lokasi serta waktu fleksibel cocok bagi kami ibu rumah tangga.

Menulis sudah menjadi hobi saya sejak lama. Sejak SD saya sudah hobi menulis. Apalagi ketika guru SD saya  mengirimkannya ke sebuah majalah anak. Meskipun saya tak tahu kelanjutannya apakah diterbitkan atau tidak. Nyatanya, moment tersebut menjadi penyemangat menulis saya hingga kini.

Sekitar tahun 2008an Alhamdulillah saya sudah membuat blog. Dengan berbagai kondisi maka tulisan di blog hanya di posting satu tahun sekali. Iya, bukan sebuah sarkasme tapi sungguh ditahun 2008 hingga 2012an tulisan  di blog kurang dari jumlah jari kanan.

Di tahun 2013 bisa dibilang merupakan titik balik semangat menulis blog. Ditahun itu semangat menulis saya sangat tinggi. Hampir setiap hari saya posting tulisan meskipun hanya sekedar curhat belaka. Di tahun itu pula saya memiliki beberapa teman dari blogging yang masih baik hingga kini. Dan yang paling membahagiakan saya mulai mengenal dan bergabung di komunitas blog

Memiliki semangat tinggi nulis, saat itu tujuan hanya berbagi saja. Maklum masih menggunakan platform gratisan. Dengan berjalannya waktu saya mulai tertarik dari aktivitas blogging lainnya. Termasuk mereview produk bahkan mendapatkan penghasilan. Sehingga di tahun 2017 saya mulai menekuni blog. Bukan sekedar menulis untuk dinikmati pembaca saja. Namun juga paham ilmu blogging termasuk SEO.

Mengapa harus belajar SEO?

“sebaik dan sebagus apapun tulisan, tanpa SEO tidak akan ditemukan mesin pencarian”

Tidak dipungkiri belajar SEO bagi blogger adalah keharusan. Dengan SEO akan memudahkan artikel muncul di mesin pencarian.Akibatnya blog semakin banyak pengunjung.

Bagi ingin memonetisasi blog yang dimiliki, belajar SEO penting sekali. Pemain Adsense misalnya, harus memiliki pengunjung organik dari mesin pencarian. Begitupun dengan monetisasi lain baik itu review atau content placement. Blog yang memiliki traffik bagus memiliki nilai tambah tersendiri.

Untuk meningkatkan traffik jangka panjang kita tidak bisa mengandalkan blogwalking terus menerus. Apalagi dengan share ke media sosial secara besar- besaran. Caranya bisa menjadikan SEO sebagai solusi agar blog memiliki traffik yang tinggi

Memilih Tempat Belajar SEO bagi pemula secara online yang kompeten

Jika dihitung dari awal membuat blog, berarti sekitar sepuluh tahunan saya punya blog. Nyatanya, pengunjung setiap harinya sangat kecil. Sudah ada perbaikan sejak saya migrasi dari blogspot dan ke wordpress dengan bantuan teman. Namun untuk mengikuti sebuah job blog dengan syarat page view saya masih minder.

Sebagai orang tidak memiliki basic dalam dunia IT, selama ini saya belajar blog secara otodidak. Ketika mengetahui Kak Punto dan Kak Irwin membuka kelas belajar SEO bagi pemula secara online saya langsung tertarik.

Meskipun awalnya juga mikir- mikir dengan biayanya. Maklum sejak pandemi, harus benar- benar memperhatikan pengeluaran. Namun saya ingat kata seorang blogger bahwa fee yang diterima dari blogging harus disisihkan untuk pengembangan diri, salah satunya dengan mengikuti kursus. Maka dengan tekad bulan saya pun mendaftarkan diri.

Mengapa memilih kelas Mas Punto dan Kak Irwin

Teknik SEO yang diterapkan pada blog sedikit banyak membawa pengaruh. Sehingga ketika mengikuti kelas belajar SEO bagi pemula harus tahu dahulu kualitasnya.

Mas Punto dan Mas Irwin sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Apalagi setelah beliau- beliau mengadakan kelas DA yang membuat DA blog pesertanya melesat bak roket. Di salah satu grup WA pun beliau berdua juga sering bagi- bagi ilmu tentang blogging. Jadi benar- benar telah ada bukti bukan sekedar janji.

Asyiknya lagi kelas ini juga sangat terbatas. Artinya dalam satu kelas tidak lebih dari 10 orang jadi kesempatan untuk bertanya dan diskusi juga sangat luas. Sistem belajar yang digunakan yaitu sehari materi sehari diskusi. Kelas SEO ini berlangsung hingga 2 minggu

Kita juga diberi kesempatan  bertanya di luar jam kelas. Jadi, jika ada permasalahan tentang blog kapanpun akan dijawab Mas Punto atau Mas Irwin.

Apa saja yang dipelajari di kelas SEO

Selama mengikuti kelas SEO ini ada beberapa materi yang disampaikan. Berikut ini secara singkat materi yang diberikan, yaitu :

Google Analitik

Bagi saya pribadi sudah tidak asing dengan google analitik. Saya sudah memasangnya sekitar tahun 2017 lalu. Namun untuk fungsinya hanya tahu untuk melihat page view saja. Namun di kelas ini dijabarkan satu persatu fitur yang ada google analitik.

Saat materi disarankan sambil membuka google analitik. Jadi tahu fungsi serta kesalahan pada google analitik yang dimiliki. Juga bisa langsung praktik menggunakan google analitik.

Selain untuk melihat page view fungsi google analitik ini banyak sekali. Termasuk data blog tentang kecenderungan yang disukai pengunjung, jenis kelamin, waktu berkunjung hingga kata kunci yang sering dicari. Nah lho, ternyata ada tool keren dari google yang lengkap gini tapi baru tahu pemanfaatannya. Duh anis kemana saja engkau selama ini

Google Search Console (GSC)

Sama dengan google Analitik saya juga sudah mendaftarkan blog ke GSC cukup lama. Namun lagi- lagi hanya menggunakan untuk inspect url, itupun kadang- kadang jika mood, hehe. Jika analitik untuk mengetahui kegiatan yang ada di blog, GSC menilai kesehatan blog kita. Untuk GSC blog saya sudah cukup bagus, karena baru di “servis” teman saya.

Namun saya jadi tahu kegunaan GSC secara menyeluruh. Terutama tentang masalah di blog terutama loading yang cukup lambat. Penyebabnya ukuran foto yang terlalu besar. Maklum dulu belum tahu ilmunya jadi langsung upload saja sehingga berakibat blog saya menjadi lambat.

Belajar SEO bagi pemula secara online tentang SEO Onpage

SEO sendiri dibagi menjadi dua yaitu onpage dan off page. Untuk onpage ini yaitu berkaitan dengan kondisi blog itu sendiri. Baik berupa template, artikel, kategori blog hingga cara penulisan artikel yang bagus. SEO onpage ini penting sekali. Banyak sekali artikel lama yang harus saya perbaiki agar sesuai dengan kaiddah SEO onpage.

SEO Off Page

Agar performa blog semakin baik, seperti manusia setelah inner beauty-nya sudah dimiliki selanjutnya yaitu relasi. Untuk blog agar bagus dimana mesin pencarian, harus ada dukungan dari situs lain. Untuk itulah penting sekali adanya sebuah backlink, Share sosmed dan lainnya. Itulah yang dimakan dengan SEO onpage.

Research Keyword

Ada yang sama saya gak jika nulis artikel blog ya sekedar nulis? Jika ada kita tos ya. Padahal, menulis artikel agar SEO juga ada aturannya lho. Pertama yang harus dilakukan yaitu dengan research keyword. Untuk research keyword kelihatannya mudah. Namun sebenarnya perlu analisis dan pastinya sering mencoba.

Audit Blog

Setelah segala materi dari A-Z disampaikan, kini tinggal giliran audit blog. Untuk mengukur kesehatan serta performa ada beberapa tool yang bisa digunakan. Dan kemarin kak Irwin dan Kak Pewe pun mengaudit blog kami satu persatu. Dan hasilnya blog saya memiliki hampir 1800an error. Melihat list kesalahan yang panjang bak kereta api itu sudah pusing, apalagi memperbaikinya.

Tapi saya bersyukur sekali mengetahui kondisi real blog saya. Blog yang saya kira baik- baik saja ternyata butuh perawatan ekstra agar performanya bisa prima. Okey, semangat memperbaikinya ya.

Kesan Ikut Kursus SEO Online

Tidak terasa kursus SEO yang keren ini telah berakhir. Rasanya sedih dan ingin belajar lagi dan lagi. Ini nih kesan saya selama mengikuti kelas SEO pemula ini :

  1. Belajar di kelas ini tidak hanya sekedar diberi materi saja, namun bisa konsultasi kapan saja. Bagi saya yang awam ilmu perbloggingan sangat memudahkan. Terutama untuk memperbaiki blog agar semakin baik.
  2. Materi yang diberikan mudah sekali dipahami, cocok sekali untuk otak emak- emak seperti saya. Caranya diajari step by step
  3. Tidak pelit ilmu. Kak Irwin dan Kak Punto ini bisa diajak sharing tentang blog apa saja. Termasuk yang bukan materi kelas SEO ini. Jadi ilmu tentang blogging kami semakin bertambah luas.
  4. Waktu fleksibel
    Meskipun ada jam tertentu saat materi bukan berarti yang tidak datang tidak mendapatkan ilmunya. Jadi materi yang diberikan bisa diakses kemudian juga bisa bertanya menyusul.

Kesimpulan

Bagi yang ingin belajar seo bagi pemula ternyata tidak sesusah yang dibayangkan. Rasanya saya masih ingin belajar dikelas Kak Punto dan Kak Irwin lagi. Saya berharap beliau berdua akan buka kelas lagi untuk tema blogging selanjutnya. Dan, semoga saja saya bisa mengikutinya

 

Avatar
Anis Khoir Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

One Reply to “Belajar SEO Bagi Pemula Secara Online”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *