Anis Khoir Mom blogger dan content writer. Bisa dihubungi melalui achmianisa@gmail.com

Syarat dan Standar Pembuatan Data Center Indonesia

1 min read

data center

Perusahan sangat membutuhkan data center untuk keamanan penyimpanan data. Untuk lokasinya harus sesuai dengan syarat dan standar yang berlaku.

Perusahaan dalam menjalankan operasionalnya harus memperhatikan aspek teknis. Aspek teknis seperti pengelolaan data merupakan hal penting. Apalagi perusahaan berskala besar harus menyiapkan infrastruktur IT berupa sebuah pusat data.

Infrastruktur ini memiliki fungsi yang sangat beragam. Fungsinya dari mulai pusat penyimpanan data server, manajemen pengolahan data serta pusat penyebaran segala data dan informasi yang diakses melalui internet.

Pusat data Indonesia terdapat di beberapa lokasi strategis dan pastinya aman. Lokasi tempat menyimpat data harus memiliki kritera tertentu demi keamanannya.

Kriteria Lokasi yang Dapat Dibangun Data Center Indonesia

Data center sendiri merupakan sebuah infrastruktur yang dirancang atau dibuat sedemikian rupa. Infrastruktur tersebut guna menempatkan komputer server dan perangkat-perangkat jaringan komputer yang terhubung ke suatu jaringan internet.

Untuk membuat sebuah ruangan pusat data, harus memenuhi standar dan syarat tertentu. Penempatan tersebut dilakukan agar data dan server yang ditempatkan di dalamnya bisa tetap aman dan stabil dari segala bentuk gangguan. Pembuatan data center Indonesia setidaknya harus memenuhi persyaratan berikut ini.

1. Lokasinya Aman dari Bencana Alam

Syarat utama dalam membuat data center Indonesia adalah lokasinya. Lokasi pembuatan sebuah pusat data tidak hanya harus strategis namun juga aman. Aman yang dimaksud adalah aman dari ancaman bencana alam, atau setidaknya rasio terjadinya bencana alam lebih kecil. Selain resiko bencana alam, lokasi pusat data juga harus berada di wilayah yang minim resiko terjadi kerusuhan atau konflik masa.

2. Ketersediaan Tenaga Listrik yang Memadai

Pusat data atau data center merupakan sebuah infrastruktur IT yang di dalamnya terdapat komputer server yang harus terus bekerja selama 24 jam penuh. Hal ini tentu membuat pemakaian listrik yang dibutuhkan juga pastinya sangat besar. Karena itu, sebuah pusat data harus dibangun di tempat dengan ketersediaan listrik yang sangat baik. Saat listrik padam, maka pusat data pun akan ikut mati. Saat pusat data tidak beroperasi walaupun hanya sebentar, sudah pasti akan berdampak besar pada operasional perusahaan.

3. Sistem Pendingin dan Iklim yang Tepat Untuk data center

Banyaknya komputer yang bekerja dan berkumpul di dalam suatu tempat tentu akan menimbulkan peningkatan suhu yang signifikan. Karena itu dibutuhkan sistem pendingin yang memadai. Umumnya pusat data dibangun di daerah yang tidak kesulitan air sehingga bisa menjadi sistem pendingin yang lebih efektif. Bisa juga sebuah pusat data dibangun di kawasan dengan suhu dingin dengan tujuan yang sama.

4. Keamanan dan Kehandalan Akses Data

Infrastruktur data center Indonesia juga harus dibangun di tempat dengan sistem keamanan tinggi. Ini karena di dalam server yang disimpan merupakan informasi yang sifatnya rahasia bagi perusahaan.

Karena itu, sebuah pusat data harus dibekali dengan sistem keamanan fisik dan virtual tingkat tinggi untuk mendapatkan manfaat tersebut. Selain itu, infrastruktur ini juga harus memiliki kehandalan akses data yang tinggi.

Kecepatan jaringan internet hingga kehandalan pengaturan efisiensi jaringan sangat berpengaruh pada kehandalan sebuah pusat data. Semua persyaratan tersebut sebenarnya bisa Anda dapatkan dari NEX data center yang menawarkan infrastruktur ini. Anda bisa mengakses informasi lengkapnya di nextdatacenter.com.

Pusat data atau data center merupakan sebuah fasilitas infrastruktur yang berperan sangat penting dalam operasional perusahaan. Infrastruktur ini memiliki peran penting sehingga dalam pembuatannya harus memenuhi persyaratan dan standar. Persyaratan dan standar tersebut ditetapkan untuk menjamin keamanan dan kemudahan akses data yang disimpan di dalam komputer server yang ada di dalamnya.

Anis Khoir
Anis Khoir Mom blogger dan content writer. Bisa dihubungi melalui achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *