Anis Khoir Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

Persiapan Masuk di Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

2 min read

fakultas kedokteran terbaik

Masuk fakultas kedokteran terbaik Indonesia dan menjadi dokter impian banyak orang. Berikut persiapan serta universitas yang bisa dipilih untuk mewujudkan mimpi menjadi dokter

Salah satu profesi yang diimpikan banyak orang adalah dokter. Di masyarakat profesi dokter termasuk yang disegani dan mulia. Apalagi sejak ada pandemi melanda hampir seluruh wilayah dunia. Tenaga kesehatan termasuk dokter di dalamnya menjadi garda terdepan dalam melawan virus yang mematikan.

Untuk menjadi dokter, perlu proses panjang baik jalur akademik atau non akademik. Salah satunya dengan masuk fakultas kedokteran. Bisa dibilang, diantara fakultas lainnya kedokteran termasuk yang tersulit.

Kita tahu seseorang memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing terutama sisi akademiknya. Oleh sebab itu, jika berniat masuk ke fakultas kedokteran untuk anak atau saudara perlu berbagai persiapan. Mempersiapkan skill akademik, mental dan biaya harus dilakukan jauh- jauh hari.

Skill masuk ke fakultas kedokteran

Berikut ini skill yang dibutuhkan untuk masuk fakultas kedokteran.

1. Memiliki kemampuan dalam ilmu eksak
Salah satu syarat mutlak seseorang kuliah di fakultas kedokteran yaitu memiliki kemampuan pada ilmu eksak. Khususnya dalam bidang biologi dan kimia harus diatas rata- rata. Dalam perkuliahan dan penanganan pasien sangat erat hubungannya dengan anatomi tubuh serta bahan kimia. Jadi bagi kalian yang tidak punya kemampuan atau tidak suka dengan kedua pelajaran tersebut lebih baik memilih fakultas lainnya.

2. Mudah menghafal dan menganalisa
Selain kemampuan dalam ilmu eksak, skill menghafal dan menganalisa juga dibutuhkan. Menghafal berbagai istilah, tindakan hingga bahan kimia yang nantinya akan diberikan pada pasien. Juga mampu menganalisa berbagai kasus ketika berhadapan dengan pasien. Tidak mungkin kan ketika menghadapi pasien harus membuka buku untuk mencari solusi.

3. Tekun, teliti dan memiliki semangat belajar
Ketekunan dan ketelitian sangat dibutuhkan dalam profesi dokter. Kesalahan sedikit saja dalam penanganan pasien bisa berbahaya. Akibatnya bisa fatal bahkan menimbulkan kematian. Sehingga seorang yang kuliah di kedokteran juga penting memiliki semangat yang tinggi untuk terus belajar dimanapun dan kapanpun.

4. Pemberani
Bagi kalian yang memiliki phobia dengan orang meninggal, darah bahkan jarum jangan coba- coba untuk kuliah di kedokteran. Persiapan mental untuk menghadapi segala kondisi pasien jauh hari harus dipersiapkan.

5. Bertanggung jawab dan memiliki dedikasi yang tinggi
Seorang dokter harus memiliki tanggung jawab serta dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaannya. Di masa kuliah saja akan banyak tugas dan pratikum yang harus diselesaikan. Ketika terjun sebagai dokter, harus siap dengan segala kondisi karena sumpah profesi dan jabatan. Termasuk ketika harus berhadapan dengan pasien selama pandemi. Akibatnya, nyawa para dokter juga menjadi taruhannya. Sehingga pandemi ini banyak tenaga medis yang gugur sebagai wujud dedikasi pada profesinya.

Universitas Dengan Fakultas Kedokteran Terbaik

Pilihan fakultas kedokteran di Universitas terbaik bisa menjadi jalan untuk wujudkan menjadi dokter. Berikut beberapa universitas yang bisa jadi pilihan, antara lain :

Universirtas Airlangga

Terletak di Surabaya Jawa Timur, kampus negeri ini dikenal dengan keunggulan fakultas kedokterannya. Universitas yang dulunya bernama STOVIA ini menduduki peringkat 551-600 dunia di medicine QR WUR 2020.

Universitas Gajah Mada

Kampus negeri yang berada di Yogyakarta ini termasuk terfavorit di Indonesia. Untuk fakultas Kedokterannya mendapat peringkat 401-450 dunia menurut QS WUR 2020.

Universitas Indonesia

Pada QS WUR 2020, Ilmu Kedokteran UI mendapat peringkat 251-300 dunia. Selain itu, UI juga meraih penghargaan pada East Asian Medical Students’ Conference dan 27th European Students Conference. Berbagai penghargaan tersebut membuat UI layak menjadi salah satu yang terbaik

Universitas Hasanuddin

Universitas Hassanudin memiliki fakultas kedokteran tertua di Indonesia timur. Sehingga banyak sekali pendaftar di fakultas kedokteran di Universitas ini. Akibatnya, rasio diterima dengan pendaftar hanya 3% saja.
Dari 22 total program spesial, sebanyak 13 atau 60 persen sudah terakreditasi A. Hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas fakultas kedokteran di Unhas termasuk yang terbaik di Indonesia.

Semoga informasi diatas bermanfaat ya. Selain persiapan akademik atau skill seperti diatas, persiapkan biaya masuk kuliah juga sangat penting. Karena kuliah di fakultas kedokteran membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Avatar
Anis Khoir Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *